PAPANBACA News Perguruan Tinggi Terluas di Indonesia

Perguruan Tinggi Terluas di Indonesia

Perguruan tinggi yang ada di Negara Indonesia ini. Bisa dibilang jumlahnya banyak sekali loh dari Universitas dan juga Politeknik. dan masing-masing perguruan tinggi saling memilik prestasi dan ekunggulan-keunggulan yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai keunggulan di bidang akademik, non akademik bahkan ada yan menduduki nomer satu di Indonesia loh.

Tapi tidak cuman dalam bidang prestasi akademik ataupun non akademik ya. Bahkan perguruan tinggi di Indonesia ada yang unggul dalam bidang selain akademik, seperti bangunan yang unik, icon perguruan tinggi yang unik, bahkan tempat perguruan tinggi yang luas loh.

Tentunya kita ketahui dalam perihal tempat, emang sangat dibutuhkan banget dalam sebuah perguruan tinggi untuk menunjang para mahasiswa melakukan proses perkuliahan. Tapi hal itu gak bisa dijadikan sebuah acuan ya dalam mendirikan sebuah perguruan tinggi. Ada juga kok perguruan tinggi yang lasnya gak seluas banget, tapi memiliki prestasi yang sangat unggul dan dikenal oleh banyak orang bahkan bisa goes to internasional loh.

Nah kalau berdasarkan luasnya, berikut perguruan tinggi yang punya luas berhektar-hektar loh.

1. Universitas Sriwijaya

perguruan tinggi

Di urutan pertama ada Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya letaknya ada di daerah Sumatera Selatan. Dan universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1950an. Wow ada yang tau belum tentang luasnya dari universitas yang satu ini gak ? denger-denger sih universitas ini mempunyai lahan yang sangat luas loh. Gak kebayang nih kalau keliling di area universitas ya.

Pertama kamu perlu tahu dulu nih, universitas ini sejak awal berdiri. Universitas ini mempunyai fakultas pertamanya yaitu Fakultas Ekonomi. Bahkan Universitas Sriwijaya ini sendiri bisa dibilang, mempunyai lahan yang luas banget, iya betul bahkan sangat luas nih diantara yang lain, yaitu memiliki lusa lahan sekitaran 712 Ha(Hektare). Gak kebayang nih seberapa luasnya ya. Yang pastinya sangat luas nih.

2. Universitas Riau

Selanjutnya ada Universitas Riau nih. Pertama kali universitas ini berdiri, universitas ini hanya ada dua fakultas loh, yaitu Fakultas Komersial dan Konstitusional. Dan universitas ini beridir tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1962. Ada yang lagi duduk di bangku perkulliahan universitas ini gak ? mungkin kamu sudah tau nih. Kalau universitas ini juga mempunyai lahan yang sangat luas, bahkan luasnya dibawah Universitas Sriwijaya.

Dan universitas ini sekarang, sudah ada 10 fakultas loh. bahkan selain itu Universitas Riau ini menempati urutan kedua yang sudah dibilang tadi kan. Nih mimin kasih tau, kalau Universitas Riau ini mempunyai lahan dengan  seluas 700 Ha (Hektare). Gimana luas bukan untuk wilayah dari universitas ini ? kebayang kan ya kalau kamu keliling di universitas ini juga kan.

3. Universitas Andalas

Masih dari daerah Sumatera. Universitas Andalas ini letaknya juga sama, masih dari daerah Sumatera. Lebih tepatnya ada di Kota Padang, Sumatera Barat. Universitas ini diresmikan oleh Moehammad Hatta di Kota Padang. Universitas ini cukup banyak dikenal orang loh. Gak cuman di daerah tersebut tapi juga dari orang-orang luar wilayah tersebut kok.

Kalau bicara terkait luas dari lahan universitas ini. Bisa dibilang juga mempunyai lahan yang sangat luas loh. Bahkan untuk luas lahannya sendiri, Universitas Andalas mempunyai luas sekitar 500 Ha (Hektare). Dan bangunan universitas ini berada di ketinggian kurang lebih 200 m diatas laut. Hayoo nih siapa yang lagi duduk di bangku kuliah Universitas Andalas?

Baca juga ya Prospek dari jurusan teknik perminyakan

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

Di Urutan keempat sendiri, ditempati oleh Universitas yang masih dari Pulau Sumatera loh. Kalau dari sejarahnya, Universitas ini didirikan pada 04 Juni 1952 loh, siapa nih yang sudah tahu ?. Kemudian baru diresmikan pada tahun 1957 oleh presiden RI pertama Dr.Ir.Soekarno.

Kalau bicara tentang lahannya sendiri. Universitas Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan USU, juga mempunyai lahan yang cukup luas loh, meskipun tidak seluas universitas pada sebelum-sebelumnya ya. Tapi luas dari lahan universitas ini cukup dibilang luas juga. Universitas ini sendiri mempunyai lahan dengan luas sekitar 416 Ha (Hektare).

5. Universitas Indonesia

perguruan tinggiNah kalau yang satu ini, Siapa sih yang gak tahu dengan universitas ini. Universitas Indonesia yang terkenal dengan prestasinya, bahkan terkenal dengan banyak lulusannya yang menjadi artis di Indonesia loh. Banyak beberapa artis yang terbukti lulusan dari universitas satu ini. univ ini sudah gak jadi hal asing lagi didengar orang kok.

Bahkan dari data Webometrics, UI menjadi Universitas no.1 di Indonesia dengan peringkat 729 di Dunia. Universitas ini terletak di daerah Depok, Jawa Barat. Sedangkan kalau perihal luasnya sendiri, universitas ini memiliki luas sekitar 320 Ha (Hektare). Jadi gak mau kalah juga ya Universitas Indonesia ini. Bahkan di UI terdapat danau di wilayah kampusnya loh.

Wow, bisa seluas itu ya perguruan – perguruan tinggi tersebut.

Tentunya hal tersebut juga menunjang kegiatan mahasiswa dalam proses perkuliahan ya. Eits tapi jangan melihat dari aspek luasnya saja ya ketika inign memilih perguruan tinggi, tapi lihat jurusan apa yang kamu minati, dan tentunya lokasi dari kampus tersebut ada dimana, apakah terjangkau apakah enggak. Dari artikel ini semoga kalian bisa menambah wawasan baru ya, tentunya bisa menginspirasi juga. Yuk baca artikel menarik lainnya di nulis.net

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *