PAPANBACA Pengetahuan 5 Website Foto Gratis Tanpa Watermark

5 Website Foto Gratis Tanpa Watermark

Website pasti terdapat foto atau gambar, dan sebetulnya tidak boleh asal didownload dan comot. Kenapa? Soalnya beberapa gambar dan foto yang tersebar luas di internet atau di google. Banyak yang mempunya hak cipta atau orang yang membuat atau mengambil gambar tersebut secara langsung dengan kerja keras dan usaha mereka. Nah hal itu biasanya kamu bisa mendapatkannya dengan membayar atau membeli foto, gambar, video dari orang tersebut.

Makanya kenapa ada tulisan gambar ini kemungkinan ada hak cipta di google. Tapi itu gak semuanya ya, ada beberapa foto atau gamabar yang emang sudah menjadi bahan publik digunakan banyak orang. Yang sudah banyak dilihat orang dan jadi konsumsi orang di internet. Tapi kembali lagi ya. Semua itu jika kalian mencari di google atau mesin pencrian lainnya. Kebanyakan memeiliki hak cipta. Jadi kalian tinggal cantumin sumber dari gambar tersebut. Kalau memang ingin gambarnya bersifat jelas-jelas nocopyright gimana ? Kamu bisa hindari untuk mencari gambar langsung di mesin pencarian. Bisa memanfaatkan situs-situs yang menyediakan gambar, foto, ataupun video yang sifatnya memang ditujukan untuk free use, baik komersial ataupun pribadi.

Langsung saja nih, beberapa situs website yang menyediakan gambar, foto, ataupun video nocopyright alias free use

1. Pexels

website foto

Pexels merupakan salah satu dari deretan situs website, yang menyediakan banyak sekali gambar yang bisa kamu gunakan. Tersedia sebanyak kurang lebih 15.000 stok foto gratis dan bebas digunakan baik untuk komersial maupun pribadi. Gak cuman  berhenti di stock foto. Kamu bisa menemukan juga banyak sekali dtock video yang sifatnya juga sama gratis dan bisa kamu gunakan untuk keperluan pribadi maupun komersial.

Di pexels untuk masalah resolusi sendiri, tenang saja. Resolsui stock di pexels baik foto maupun video resolusinya HD dan jernih. Sehingga pas banget untuk kamu gunakan sebagai bahan untuk membuat desain ataupun editing video. Meskipun stok yang ada di website ini semuanya gratis. Sebagai menghargai karya dari orang lain, lebih baiknya kamu bisa menambahkan sumber dari orang yang diambil. Sebagai bentuk apresiasi saja ya untuk orang pembuat atau pengambilnya.

2. Unsplash

website foto

Di daftar selanjutnya ada Unsplash.com. Kalau kamu sudah mengunjungi website pexels. Maka kamu sudah gak asing dengan website yang satu ini. Stok foto disini juga sama, banyak stok foto yang bisa kamu gunakan dan tentunya bersifat gratis untuk kebutuhan komersial maupun pribadi. Apakah cuman stok foto ? tentu tidak, di unsplash jika kamu membutuhkan stok video juga tersedia.

Banyak stok foto dan video di website ini mulai dari pemandangan, olahraga dan bidang-bidang lainnya juga ada. Untuk resolusi sendiri gak jauh beda dengan resolusi di website sebelumnya. Sudah cukup HD dan bisa kamu gunakan untuk bahan keperluan kamu. Hal yang menjadi perbedaan dengan website sebelumnya, hanya pada object yang diambil saja. Object di pexels terkadang belum tentu ada di websote unsplash. Jadi lebih ke diri kamu sendiri ya dalam mengeksplor.

3. Freepik

Selanjutnya adalah salah satu website yang biasa digunakan oleh papanbaca dalam mencari foto yang bisa digunakan. Freepik, bisa dibilang berbeda dengan 2 website sebelum-sebelumnya loh. Disini kamu bisa menemukan gak cuman stok foto, tapi kamu bisa menemukan stok vector yang bisa kamu remake dan menjadi sebuah desain vector baru sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Tentunya stok foto dan vector ini ada yang bersifat gratis dan juga bersifat berbayar atau premium. Selain foto dan vector juga ada beberapa format eps, png, jpg, dan psd yang bisa kamu dapatkan disini. Cuman stok video di freepik masih belum tersedia. Untuk mendapatkan stok gratis alangkah baiknya kamu mempunyai akun freepik terlebih dahulu ya.

4. Flickr

Flickr meruapakan salah satu website yang menyediakan stok gambar dengan lisesnsi Creative Commons. Yakni sistem yang mengakomodasi fotografer pada pemberian perijinan kepada orang lain yang menggunakan gambar atau foto yang dia punya, dengan tidak menghilangkan sumber foto atau gambar tersebut berasal.

Jadi bisa dibilang kamu bisa leluasa menggunakan lisesnsi Creative Commons, dengan syarat kamu telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya yang dicantmkan oleh pemilik media. Tapi di website satu ini berbeda dengan website sebelumnya, karena tidak semua gambar atau foto berlabel CC.

5. Lifeofpix

Pada website yang satu ini,semua stok foto sifatnya gratis dan tidak ada yang berbayar baik untuk personal maupun komersial. Soalnya situs ini memang sengaja untuk mendonasikan foto-foto untuk diberikan ke publik, untuk digunakan oleh orang banyak atau publik. Disini ribuan gambar maupun foto bisa kamu temukan loh.

Jadi gak kalah seru dengan website sebelumnya ya. Tinggal kamu ingin mencari stok foto yang seperti apa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan mencari di satu website ya kalau bisa. Lebih baik cari di berbagai website untuk referensimu juga. Karena di setiap website gambar, foto, video yang ada disitu bisa berbeda-beda loh. Terkadang yang kamu cari pun tidak sesuai yang kamu inginkan, tapi di website lainnya kamu baru menemukan.

Nah itu ya beberapa situs untuk download foto yang sifatnya free use alias gratis untuk keperluan apapun

Tentunya hal ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari bahan atau scene yang nantinya digunakan editing konten kamu, bahan desain kamu dan sebagainya. Tentunya kamu sendiri tidak usah khawatir dengan lisensi atau copyright di beberapa situs diatas tadi loh. Karena sifatnya sudah banyak yang free ya. Untuk sebagai apresiasi kamu bisa juga cantumin sumber yang tertera di webnya yang telah disediakan ketika kamu mau download. Yuk baca artikel menarik lainnya di situs kami papanbaca.

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *