PAPANBACA Pengetahuan 6 Wanita Yang Hidupnya Membuat Kemajuan Teknologi

6 Wanita Yang Hidupnya Membuat Kemajuan Teknologi

Wanita sendiri dianggap sebagai kaum yang seharusnya hanya berkutik dalam hal rumah tangga, seperti dapur, mengurus keluarga dan sebagainya. Hasilnya dengan adanya permasalahan tersebut, menjadikan kurangnya kesempatan pada wanita. Alhasil muncullah masalah, yakni gender gap yang menahun.

Berdasarkan hasil Research BCG pada tahun 2020. Jumlah wanita yang berkontribusi dalam perusahaan teknologi di Asia Tenggara, cuman 32% dari total kryawan di industri. Apalagi di Indonesia sendiri hanya mencapai 22% saja.

Lalu apakah memang wanita ditakdirkan hanya mengurusi rumah tangga saja ? dan tidak bisa berkontribusi di bidang teknologi ?

Semakin berkembangnya teknologi, hal tersebut mulai menjadi stigma yang tidak benar. Sobat papanbaca bisa menemukan sendiri, di zaman sekarang sudah banyak organisasi, komunitas yang isinya memberdayakan para wanita di dalam dunia teknologi. Bahkan sudah tidak ada bedanya lagi antara wanita dan laki-laki dalam hal pendidikan teknologi.

Meskipun wanita masih di pandang cuman mengurusi rumah tangga saja. Ada beberapa ilmuwan wanita yang justru jika mereka tidak hidup, bisa membuat dunia ini suram dalam hal teknologi. Berikut 7 wanita tersebut.

1. Ada Lovelace (Programmer Pertama di Dunia)

wanita

Dia adalah seorang wanita programmer pertama di dunia. Ada Lovelace berhasil merumuskan program Analytical Engine untuk komputer pertama di dunia dari Charles Babbage. Bahkan Ada Lovelace dijuluki sebagai The Enchantress of Number, atau Angka yang Mempesona. 

Karena jasanya sukses dalam merumuskan artikel Luigi Menabrea, matematikawan asal Italia, serta juga catatan penting terkait komputer dan perangkat lunak beserta dengan metode kalkulasi Bernoulli,

Coba, bayangkan sobat papanbaca kalau Ada Lovelace cuman mengurus rumah tangga saja. Kita tidak akan bisa mengenal apa itu coding, bahasa pemrograman sekalipun.

2. Heddy Lamarr (Penemu Sistem WiFi)

Merupakan wanita yang berhasil menemukan spektrum sebar pindah frekuensi, yang bisa membantu Amerika dalam memenangkan perang dunia melawan pasukan NAZI Jerman. Dengan penemuannya ini, sepektrum sebar pindah frekuensi dimanfaatkan sebagai petunjuk jalannya torpedo bawah laut.

Yang bertujuan untuk menyerang kapal musuh tanpa terdeteksi radio sama sekali. Kemudian ide inilah yang menjadi inspirasi dalam perkembangan teknologi sekarang seperti bluetooth, WiFi dan jaringan CDMA. 

3. Grace Hopper (Penemu Kompilator Pertama di Dunia)

Grace Hopper merupakan ilmuwan yang punya jasa hebat dalam mengembangkan komputer Harvard Mark 1, komputer yang dipakai sebagai perhitungan elektro mekanis persenjataan selama berlangsungnya perang dunia kedua.

Selain itu, Grace hopper merupakan orang pertama kali di dunia yang berhasil mengembangkan kompiler pertama di dunia. Kompiler ini digunakan untuk menerjemahkan bahasa bersifat high level, kedalam bahasa mesin. Bayangkan tanpa ada dia, sobat papanbaca akan belajar bahasa program komputer dari angka yakni 0 dan 1 selamanya.

4. Adele Goldberg (Penemu Konsep GUI)

Adele Goldberg, adalah seorang ilmuwan yang berjasa dalam pengembangan bahasa pemrograman Smalltalk-80 serta konsep pemrograman berbasis objek atau dikenal dengan OOP di Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Konsep Adele Goldberg banyak yang menjadi cikal bakal awal mulanya GUI untuk komputer. Salah satunya yang tertuang dalam artikel Personal Dynamic Media. Yang mana semua orang dengan mudah untuk berbagi media personal melalui komputer.

5. Radia Joy Perlman (Penemu Protocol STP)

Radia Joy Perlman adlah wanita yang berhasil menemukan protocol STP (Spanning Tree Protocol) pada tahun 1985. STP ini mempunyai fungsi untuk menemukan jalur interkoneksi terbaik ketika komputer sedang mengakses internet.

Penemuannya ini merupakan pelopor untuk jaringan LAN, dan dia berhasil menetapkan 48 bit address MAC, dan juga membuat rancangan protocolnya di dalam jaringan LAN. Selain itu, penemuannya ini juga berlanjut ke penemuan selanjutnya yakni RSTP (Rapid Spanning Tree Protocol).

6. Marie Van Brittan Brown (Pencipta Konsep Sistem CCTV)

Didorong oleh kondisi lingkungannya yang penuh dengan kriminal. Marie secara inisiatif membuat sistem seolah itu CCTV keamanan rumah, dengan menggunakan peralatan sederhananya. Konsep sistem ini terdiri dari empat lubang untuk mengintip, kamera geser, monitor TV, dan mikrofon.

Kamera geser terhubung ke dalam monitor TV di dalamnya dengan melewati 4 lubang pengintip. Jadi Marie tidak perlu memeindahkan kamera tersebut secara manual. Kemudian mikrofon juga memudahkan untuk berbicara dengan orang tanpa meninggalkan rumah.

Itulah tadi 6 wanita yang mempunyai peran penting dalam kemajuan teknologi yang sobat papanbaca rasakan sekarang. Gak bisa bayangin deh, seandainya wanita-wanita tersebut tidak ada, pasti dunia saat ini suram banget. Baca terus artikel menarik dari Papanbaca di papanbaca.net

14 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *