PAPANBACA Pengetahuan Alasan Kenapa Pembalap Moto Gp Membungkuk

Alasan Kenapa Pembalap Moto Gp Membungkuk

Pembalap adalah seseorang yang turut dalam ajang perlombaan adu kecepatan. Banyak media yang digunakan dalam perlombaan adu kecepatan ini, ada yang menggunakan kendaraan seperti motor, mobil, ataupun yang menggunakan hewan sebagai kendaraanya, seperti lomba balap pacuan kuda, lomba karapan sapi.

Kalau dalam bidang kendaraan, lomba balap sendiri dibedakan menjadi dua jenis, lomba balap mobil seperti Formula 1, Rally, Drag Race. Sedangkan pada kendaraan motor, contohnya seperti Moto GP, Moto Race, Gass Track. Dan dalam ajang balap kendaraan yang sangat dikenal banget adalah formula 1, sedangkan pada ajang balap motor sendiri. Moto Gp lah yang sangat banyak dikenal dan sangat disukai oleh banyak orang.

Moto Gp merupakan ajang balap adu cepat, yang diadakan di sirkuit khusus moto gp. Segi kendaraannya pun sudah berbeda sekali dengan kendaraan umum lainnya. Moto gp sendiri juga dibedakan menjadi beberapa kelas berdasarkan cc dari kendaraan. Ada yang 125cc sampai 500cc untuk kategori dari besar cc nya kendaraan. Setiap pembalap yang menggeluti ajang moto gp ini, akan memulai dengan cc yang dibawah dulu, dan ketika menang barulah naik ke cc yang lebih tinggi.

Tapi ada yang unik, ketika menonton moto gp ketika sedang beradu kecepatan di sirkuit. Kenapa para pembalap selalu bungkuk ketika melaju di sirkuit ? dan hal tersebut bukanlah iseng, atau acting gaya-gayaan yang dilakukan mereka. Melainkan hal itu mempengaruhi dari jalannya ajang balap tersebut dan ada hukum fisikanya loh ketika membungkuk.

Ketika pembalap melaju dengan kecepatan tinggi, pembalap akan melakukan posisi membungkuk bukannya tegap, soalnya posisi tersebut sedang menerjang angin yang mengarah, ditambah dengan kecepatan motor yang melaju tinggi juga mempengaruhi.

Bahwa jika suatu permukaan benda tersebut semakin luas, maka akan menimbulkan semakin banyak gaya angin yang didapat. Dan gaya inilah yang bisa menyebabkan kecepatan semakin berat. Hal ini bisa dijelaskan dalam hokum fisika, yaitu “Hukum Bernoulli”. Di dalam hukum fisika tersebut dijelaskan. Bahwa semakin bertambahnya kecepatan aliran fluida bisa menurunkan tekanan udara pada area tersebut.

pembalapJadi bisa disimpulkan, jika kecepatan udaranya tinggi maka tekanannya kecil. Kemudian sebaliknya jika kecepatan udara rendah maka tekanannya akan besar. Kemudian kenapa pembalap membungkuk ? hal tersebut dilakukan oleh para pembalap dengan tujuan untuk mempersempit permukaan yang bakalan diterjang oleh angin. Hasilnya dengan melakukan posisi membungkuk, para pembalap akan lebih mudah melaju dengan kencang.

Baca juga Posisi Tangki Moto GP Bukan Depan Jok !!

Hal itulah yang menjadi alasan, kalau para pembalap gak cuman pembalap moto gp saja, banyak pembalap motor dan sepeda juga melakukan posisi membungkuk ketika dalam ajang balap. Karena terbukti secara ilmiah, bisa menambah kecepatan lajunya. Tentunya dalam keseharian kita banyak sekali hal-hal yang unik dan menyimpan arti yang menarik, hal menarik lainnya bisa disimak juga di situs papanbaca.

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *