PAPANBACA Pengetahuan Alasan Knalpot Truk Tangki Ada di Bawah Bumper

Alasan Knalpot Truk Tangki Ada di Bawah Bumper

Truk tangki sering banget kita llihat, ketika sedang berkendara di jalan besar. Baik itu sedang mengantarkan Bahan Bakar Minyak ataupun Truk tangka yang berisi Gas. Apalagi di Indonesia sendiri truk tangka yang sering banget terlihat adalah truk tangka milih perusahaan PT Pertamina. Meskipun begitu ada juga yang dari perusahaan swasta.

Dari kendaraan satu ini, ada sesuatu yang unik dan berbeda dengan kendaraan truk muatan lain pada umumnya. Ada yang tahu gak nih apa ? pernah mengamati kendaraan truk tangki gak ? ada satu hal yang berbeda yaitu dimana letak knalpotnya, kenapa kok gak ada dibelakang ? apakah tidak mempunyai Knalpot ?

Eits, bukan tidak punya ya, tetapi hanya berbeda posisi atau letak saja di truk tangki

Jadi truk tangki untuk letak atau posisi knalpotnya berbeda dengan truk muatan pada umumnya. Kita tahu knalpot adalah bagian dari kendaraan yang mempunya fungsi sebagai jalan atau tempat untuk mengantarkan pembuangan pembakaran mesin ke arah keluar mesin.

Kemudian untuk letaknya sendiri pada umumnya jika di truk muatan ada di posisi belakang kendaraan. Tetapi pada truk tangki sendiri, untuk letak knalpotnya ada di sebelah depan kendaraan jadi kebalikannya.

Hal ini tentulah bukan kesengajaan atau salah pasang, atau modifikasi buat keren semata. Tetapi memang sudah bawaan dari produksi tempatnya atau dari pabriknya. Mengingat pada bagian belakang kendaraannya. Kendaraan ini mengangkut atau membawa tangki yang fungsinya untuk menampung bahan bakar minyak, maupun gas.

Tau kan, knalpot sendiri digunakan untuk membuang sisa gas panas dari pembakaran bahan bakar sehingga merupakan sumber panas yang berpotensi menimbulkan panas atau api. Sedangkan tangki yang berisi bahan bakar minyak ini rentan dengan panas atau api.

Baca juga tentang Rahasi dibalik truk tangki BBM

Maka dari itu, knalpot diletakkan di bawah bumper depan agar tidak memicu kebakaran. Karena riskan banget jika tangki yang isinya adalah bahan mudah terbakar bertemu dengan panas api dari pembuangan mesin.

Hal ini jika di Indonesia sendiri hampir kebanyakan truk tangki yang bisa ditemukan, untuk posisi knalpotnya ada di bagian depan, dibawah bumper truk. Tapi hal ini bisa saja berbeda-beda di setiap negara untuk aturannya. Tergantung dengan posisi yang efisien dan regulasi di tiap-tiap negara.

truk tangki

Jadi itulah kenapa, kalau ketika melihat truk tangki, baik itu pertamina maupun perusahaan lainnya. Letak knalpotnya tidak ada di belakang melainkan di depan dibawah bumper. Sesuatu yang diletakkan berbeda dengan umunya tidak semuanya modifikasi ya, ataupun cuman untuk bergaya, terkadang ada artinya sendiri, alasannya sendiri kenapa diletakkan berbeda dengan umumnya. Banyak hal menarik tentunya di sekeliling kita seperti artikel menarik lainnya yang sangat menarik untuk dibaca di situs papanbaca.

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *