7 Alat Terbaik Untuk Memeriksa Traffic Website

Alat Terbaik Untuk Memeriksa Traffic Website

Apakah kamu sedang mencari cara untuk memeriksa traffic website yang kamu kelola?

Memeriksa lalu lintas situs web ini sangat penting untuk dilakukan, karena kamu dapat melihat seberapa baik kinerja situs tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat perbandingan situs web kamu dengan situs pesaing.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara melihat traffic website dengan menggunakan alat terbaik paling rekomendasi untuk kamu gunakan.

Alat Terbaik Untuk Memeriksa Traffic Website

Ada banyak sekali alat yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa traffic website, baik yang gratis maupun berbayar.

Pemilik website menggunakan alat ini untuk memeriksa perkiraan lalu lintas situs web dan pesaing mereka.

Kamu bisa menggunakan lebih dari satu alat untuk menganalisis situs web pesaing, dengan begitu statistik yang kamu dapatkan akan lebih akurat.

Berikut adalah alat terbaik yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa traffic situs web.

1. Ahrefs

Ahrefs

Ahrefs adalah alat SEO paling populer yang dipercaya oleh perusahaan terkenal seperti Netflix, Uber, dan Facebook. Alat dapat ini membantu kamu melihat berapa banyak lalu lintas pesaing.

Ahrefs memiliki 200 juta situs web dalam index mereka dan merayapi lebih dari 6 miliar halaman setiap harinya. Dengan menggunakan alat ini akan banyak data yang kamu temukan, dan tentunya itu bisa kamu gunakan untuk mengungguli pesaing dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Memiliki antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna. Cukup dengan memasukkan URL situs web dan ahrefs akan menampilkan informasi web yang tersedia.

Untuk memantau jumlah traffic, kamu dapat menggunakan fitur Site Explorer di Ahrefs. Berikut caranya.

  1. Pada menu bagian atas kamu pilih Site Exlorer.
  2. Ketikkan nama domain yang ingin kamu ketahui jumlah lalu lintasnya. Lalu klik tombol Search.
  3. Setelah terbuka, klik tombol Organic Search. Kamu akan melihat grafik dari jumlah lalu lintas dan dapat mengaturnya mulai dari 30 hari terakhir, Satu Tahun, dan Sepanjang Waktu.Cek Organik Traffic
  4. Kamu juga bisa melihat jumlah traffic berdasarkan negara, dengan mengklik nama negara yang berada di sebelah kanan.
  5. Scroll ke bagian bawah untuk melihat daftar halaman yang memiliki traffic paling banyak.

2. SimilarWeb

Similarweb

SimilarWeb adalah alat pemeriksa lalu lintas yang memberi kamu gambaran umum tentang lalu lintas pesaing dan channel mana yang paling berharga.

Menggunakan alat ini kamu tidak hanya dapat mengetahui jumlah lalu lintas. Namun, kamu juga dapat melihat rasio pantulan, jumlah halaman yang dibuka per kunjungan, rata-rata durasi kunjungan, dan sumber lalu lintas teratas website.

Ketika kamu scroll ke bawah, masih banyak data lain yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa website, di antarannya adalah.

  • Jumlah lalu lintas berdasarkan negara.
  • Persentase lalu lintas organic dan lalu lintas berbayar.
  • Persentase lalu lintas dari media sosial.
  • Jenis situs lain yang mereka minati.
  • Daftar situs pesaing.

Versi gratis memberi kamu data lalu lintas yang cukup lengkap. Jika kamu memerlukan laporan yang lebih detail, kamu dapat membuat akun besiness dengan harga khusus.

3. SEMRush

Semrush

SEMRush adalah alat SEO powerful yang dapat kamu gunakan untuk menganalisa dan memantau traffic website.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan alat ini untuk mencari kata kunci yang tepat.

Sama seperti alat SEO lainnya, SEMRush juga memiliki versi gratis dan berbayar. Jika kamu tertarik ingin mencoba versi berbayar, kamu dapat mencobanya selama satu minggu, namun kamu harus memasukkan kartu credit untuk bisa menggunakannya.

Disisi lain versi gratis juga memiliki alat yang cukup mampuni untuk kamu manfaatkan seperti, melihat metrik website, jumlah traffic berdasarkan negara, kata kunci dengan lalu lintas paling banyak, dan analisis backlink.

Semrush Domain Overview

Bagian Traffic Analytics akan menampilkan jumlah pengunjung unik, total kunjungan, durasi rata-rata, jumlah tampilan halaman, dan rasio pantulan.

4. Google Search Console

Google Search Console

Google Search Console (GSC) adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan kamu untuk menganalisis lalu lintas mesin pencari.

Alat ini memberi kamu gambaran lengkap tentang bagaimana website kamu dilihat oleh mesin pencari.

Analitik Google Seach Console

GSC juga menampilkan jumlah tayangan, total klik, rasio klik tayang (RKT), dan rata-rata posisi kata kunci di mesin pencari.

Dengan menggunakan alat ini, kamu dapat mengetahui ranking dari kata kunci apa yang kamu gunakan dan volume penelusuran yang dihasilkan. Informasi ini dapat kamu gunakan untuk meningkatkan lalu lintas website.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat halaman mana yang diindex, dan nantinya kamu akan diberi tahu jika ada kesalahan.

5. Ubersuggest

Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat powerful yang memiliki versi gratis dan premium dari Neil Patel, menawarkan banyak lalu lintas situs web yang berguna.

Alat ini mudah untuk digunakan dan memiliki antarmuka yang user friendly.

Fitur traffic analyzer memberi kamu data terperinci tentang lalu lintas kompetitor dari waktu ke waktu, kata kunci yang menghasilkan lalu lintas paling banyak, dan menampilkan halaman paling populer.

Jika kamu ingin melihat traffic website dengan alat ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Dari panel sebelah kiri dashboard Ubersuggest, kamu klik Competitive Analysis > Traffic Overview.
  2. Kemudian masukkan domain yang ingin kamu ketahui jumlah trafficnya.
  3. Ubah negara yang kamu inginkan. Misalnya Indonesia, lalu klik Search.
  4. Pada kolom Traffic Overview, kamu akan melihat grafik dari traffic website. Dengan menggunakan akses gratis, kamu hanya bisa melihat history traffic website 5 bulan terakhir.Analisa situs web

Tidak hanya itu, halaman Traffic Overview juga memberi kamu jumlah total kata kunci organik, traffic organik bulanan, domain authority, dan jumlah backlink.

6. Serpstat

Serpstat

Serpstat menawarkan berbagai alat SEO yang berbeda. Kamu dapat menggunakan kata kunci yang nantinya dapat berkembang menjadi alat analisis website lengkap.

Alat ini memiliki antermuka yang user friendly. Cukup masukkan URL dan serpstat akan menampilkan laporan lalu lintas website.

Beberapa fitur yang dapat kamu gunakan seperti Website analysis, Site audit, Keyword research, dan Backlink analysis.

Fitur Website analysis memberi kamu semua jenis data situs web yang berguna termasuk keyword organik dan berbayar, jumlah rata-rata pengunjung bulanan, dan halaman yang mendapatkan lalu lintas terbanyak.

Website Overview serpstat

Kamu juga akan menemukan informasi tren, sehingga kamu dapat melihat peringkat website, traffic, dan kinerja kata kunci dari waktu ke waktu.

7. SE Ranking

SERanking

SE Ranking adalah alat estimasi traffic gratis yang memiliki fitur analisis cukup lengkap. Seperti, mengawasi perubahan halaman dan memberi rekomendasi keyword.

Menggunakan alat ini kamu juga bisa melakukan analisis traffic berdasarkan negara, sumber traffic, halaman, dan konversi.

Tidak hanya itu, kamu bisa melihat data yang lebih lengkap dengan membuat koneksi ke Google Analytics dan Google Search Console.

Tampilan statistik seranking

Periksa Traffic Website Kamu Sekarang

Di atas adalah kumpulan alat paling rekomendasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa traffic website, baik yang kamu kelola sendiri dan pesaing.

Dengan mengetahui traffic website pesaing akan memberi kamu kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak traffic lagi. Disisi lain, yang kamu dapatkan ketika memantau traffic website kamu sendiri akan menampilkan apakah SEO, media sosial, strategi lainnya menghasilkan lebih banyak traffic ke website kamu.

Semoga artikel di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya

Avatar Staf Editor

Penulis: Staf Editor

Admin dan merupakan pendiri tunggal dari website nulis.net, yang memiliki keingin agar website ini dapat dikenal banyak orang senantiasa membantu dalam hal apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *