PAPANBACA Pengetahuan Alat Yang Bisa Mencegah Tukang Listrik Kestrum

Alat Yang Bisa Mencegah Tukang Listrik Kestrum

Tukang listrik, merupakan profesi yang cukup banyak dan tersebar di berbagai wilayah. Terlihat lagi bagaimana dengan prospek dari tenaga listrik yang semakin pesat, dan semakain banyak membutuhkan para tukang listrik. Meskipun begitu banyak yang menganggap profesi ini seperti profesi yang cukup mudah dan dipandang sebelah mata.

Padahal profesi satu ini dibilang resikonya juga gak kalah besar dengan profesi di bidang listrik lainnya. Bisa berbahay juga jika toidak hati-hati dalam bekerja. Oleh karena itu profesi ini selain butuh skill dan pengalaman di bidang listrik, juga membutuhkan yang namanya alat safety dalam bekerjanya.

Emang alat yang wajib dibawa tukang listrik apa aja sih ? agar terhindar dari kesetrum ?

Sarung Tangan (Gloves)

Alat ini Harus berbahan isolator alias tidak memilliki sifat menghantarkan arus listrik, misal bahan dari karet yang cukup aman digunakan.

Helm Safety

Meskipun tukang listrik jupa pakai pengaman kepala ini. Dan sering dipakai pada instalasi listrik bertingkat dan jaringan listrik (JTM, JTR dan transmisi). Untuk ngelindungi kepala dari kemungkinan yang terburuk di lapangan.

Pakaian Kerja (Wearpack)

Pakaian ini biasanya berlengan panjang. dan dilengkapi dengan reflector agar terlihat ketika lagi kerja pada waktu malam hari yang minim cahaya

.Deteksi Gas (Gas Detector)

Alat ini juga wajib dibawa sebelum memulai pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan. Dipakai deteksi adanya kebocoran gas, agar tidak asal menyalakan daya listrik di suatu tempat.

Body Harness

Wajib dipakai ketika posisi pekerjaan ada di ketinggian. Yang menghubungkan bapka tukang dengan tali pengaman. Agar meminimalisir terjadinya resiko jatuh.

Pelindung Muka (Face Shield)

Meski gak wajib, tidak ada salahnya sih dipakai untuk melindungi area wajah dari percikan konsleting misalnya.

Baca juga Wajib Tahu, Warna Helm Proyek Bukanlah Variasi, Tapi Ada Artinya

Sepatu Safety (Safety Shoes)

Sepatu dengan sol yang berbahan isolasi tinggi tentunya, melindungi dari barang jatu dan efek seangatan listrik.

Sabuk Pengaman (Safety Belt)

Wajib dipakai ketika kerja di jaringan tegangan rendah (JTR), jaringan tegangan menengah (JTM) dan jaringan transmisi.

Kotak P3K

Alat dan bahan obat-obatan pada luka luar. Harus ada di setiap tempat kerja untuk alat ini. Jangan sampai gak ada.

Obeng Tespen

Alat yang satu ini juga wajib dibawa kemana-kemana, digunakan untuk mengecek apakah adanya aliran listrik di suatu tempat yang bersifat menghantarkan listrik.

Nah itulah tadi, alat yang wajib digunakan dan dibawa bagi para tukang listrik. Agar terhindar dari bahayanya tersengat listrik yang bisa berakibat fatal bagi tubuh manusia.

Tidak hanya hal tersebut ya, masih ada juga artikel menarik lainnya yang bisa menambah wawasan kamu dalam membaca, tentunya di situs papanbaca.

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *