Aplikasi Crop dan Resize Gambar di Ubuntu

Aplikasi Crop dan Resize Gambar di Ubuntu

Apakah kamu sedang mencari beberapa aplikasi ringan yang dapat di gunakan untuk memotong dan mengubah ukuran gambar di Linux Ubuntu? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Ketika bekerja dengan gambar, kami sering melakukan perubahan ukuran dan memotong file gambar yang kami miliki. Maka dari itu, menggunakan program yang ringan dan cepat adalah sebuah hal yang kami butuhkan.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa perangkat lunak yang dapat kamu gunakan untuk memotong dan mengubah ukuran gambar dengan mudah di Ubuntu.

Perbedaan Mengubah dan Memotong Ukuran

Mengubah ukuran gambar bisa di artikan seperti memperkecil atau memperbesar ukurannya. Contoh ukuran sebenarnya dari sebuah gambar adalah 1 MB, maka kamu dapat secara efektif menurunkan ukuran menjadi beberapa KB.

Dengan cara ini, gambar akan menggunakan lebih sedikit ruang penyimpanan. Dan ketika kamu bertujuan untuk menggunakannya pada website ini bisa membuat proses pemuatan menjadi lebih cepat.

Memotong berarti membuang bagian yang tidak di perlukan dengan dimensi yang sudah di tentukan. Dengan memotong gambar kamu dapat menghilangkan ruang ekstra, membuang area yang tidak di inginkan, meningkatkan fokus pada objek tertentu atau yang lainnya.

Sebenarnya ada banyak alat yang tersedia di Ubuntu linux untuk kamu gunakan. Tetapi karena kamu hanya memerlukan untuk tujuan mengubah dan memotong, jadi kami akan memberikan beberapa alat rekomendasi pengeditan dasar.

Aplikasi Edit Gambar di Ubuntu Linux

Sebelumnya, kami telah menjalankan perintah dan prosedur yang di bahas pada artikel ini pada sistem Ubuntu 21.10.

Sebelum mulai menginstal apa pun sebaiknya kamu menjalankan perintah update di terminal. Ini bertujuan untuk menyegarkan repository jika ada versi terbaru dari aplikasi yang akan atau sudah di install sebelumnya. Caranya buka terminal dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T, kemudian tempelkan perintah berikut.

Menggunakan ImageMagick

ImageMagick adalah alat open source dan gratis untuk melihat, mengedit, dan mengonversi file gambar. Kamu dapat dengan mudah menginstal ImageMagick melalui repository resmi Ubuntu menggunakan perintah berikut di terminal.

Install ImageMagick

Kemudian sistem akan meminta kamu memilih antara opsi Y/n. Untuk melanjutkan pemasangan silahkan masukkan Y dan tekan Enter, setelah itu perangkat lunak akan di install.

Untuk mengedit gambar menggunakan ImageMagick, silahkan jalankan perintah berikut di terminal.

Jalankan ImageMagick

Ingat untuk mengganti gambarcontoh.png dengan nama gambar milik kamu.

Dalam contoh ini, kami membuka gambar hasil screenshot dari daftar aplikasi Ubuntu.

Tampilan gambar di ImageMagick

Jika panel ImageMagick tidak muncul, kamu perlu mengklik gambar untuk memunculkannya. Nantinya menu grafis ini akan membantu kamu dalam memotong dan mengubah ukuran gambar. Untuk cropping, gunakan opsi Crop dari menu Transform. Jika ingin mengubah ukuran gambar pilih opsi Resize dari menu View.

Resize gambar ImageMagick

Atau, kamu juga dapat menggunakan baris perintah untuk mengubah ukuran gambar di ImageMagick ini.

Perintah di atas akan mengubah ukuran file gambarcontoh.png yang tadinya berukuran 1920×1080 piksel menjadi 650×450 piksel dan menyimpannya dengan nama new.png.

Jika kamu ingin menghapus instalasi ImageMagick, gunakan perintah berikut:

Menggunakan gThumb

Program gThumb adalah alat penampil gambar, editor, browser, dan organizer. Ini di rancang untuk terintegrasi dengan baik pada desktop GNOME 3.

Kami menggunakan alat ini untuk mengubah ukuran gambar yang akan di upload pada website. Alasan kami memilih gThumb adalah gambar yang di hasilkan dari proses resize tidak terlalu banyak mengurangi dimensi dari ukuran sebenarnya.

Kamu dapat menginstal gThumb melalui Ubuntu Software manager, karena secara default alat ini tersedia di repository Ubuntu.

Install gthumb dari ubuntu software

Jika melalui terminal kamu bisa menggunakan perintah berikut:

Nantinya sistem akan meminta kamu untuk memilih opsi Y/n, ini bertujuan untuk mengonfirmasi pemasangan. Silahkan masukkan Y dan tekan Enter, setelah itu perangkat lunak akan di install.

Setelah selesai, kamu dapat menjalankan gThumb melalui terminal dengan menggunakan perintah berikut:

Atau mencarinya melalui menu aplikasi Ubuntu:

Buka gthumb melalui menu aplikasi

Sekarang kamu dapat mengimpor gambar ke dalam aplikasi dan menggunakan menu grafis di sebelah kanan untuk memotong atau mengubah ukuran gambar.

Tampilan gthumb

Jika tampilan menu grafis tidak muncul, kamu bisa mengklik icon yang kami beri tanda panah seperti pada gambar di atas.

Dan untuk menghapus perangkat lunak gThumb ini, bisa melalui Ubuntu Software manager atau menggunakan perintah termintal berikut:

Menggunakan Converseen

Converseen adalah alat pemroses gambar batch lintas platform gratis yang memungkinkan pengguna untuk mengonversi, mengubah ukuran, memutar, dan membalikkan gambar dalam jumlah tak terbatas hanya dengan satu klik.

Secara default Converseen ini sudah tersedia di repository resmi Ubuntu. Sehingga kamu dapat mencari dan menginstalnya melalui Ubuntu Software manager.

Converseen di ubuntu software

Atau, kamu juga bisa menginstalnya menggunakan baris perintah di terminal. Berikut adalah perintah yang perlu kamu gunakan.

Install Converseen

Setelah itu sistem akan meminta dengan opsi Y/n untuk mengonfirmasi pemasangan. Kamu harus memasukkan Y dan menekan tombol Enter jika menyetujuinya.

Sekarang, kamu bisa menjalankan Converseen dengan memasukkan perintah berikut ini di terminal.

Atau dengan mencarinya melalui start menu aplikasi Ubuntu.

Buka converseen melalui start menu aplikasi

Kamu dapat membuka dan menambahkan gambar ke aplikasi untuk mengedit dan mengonversinya.

Tampilan grafik converseen

Ketika kamu mengklik gambar yang di tambahkan dari panel kanan, tampilan preview gambar akan muncul di bagian sebelah kiri. Untuk mengubah skala gambar kamu perlu menscroll ke bawah dan memberi centang pada Scale image dan Resolution.

Jika ingin menghapus perangkat lunak Converseen ini, kamu dapat melakukannya melalui Ubuntu Software manager atau menggunakan perintah berikut di terminal.

Menggunakan Shotwell

Shotwell adalah pengatur foto yang mudah di gunakan dan dirancang untuk desktop GNOME. Menggunakan program ini memungkinkan kamu untuk mengimpor foto dari kamera atau disk, nantinya kamu dapat mengaturnya berdasarkan tanggal dan subjek, bahkan peringkat.

Tidak terbatas itu saja, alat ini juga menawarkan pengeditan foto dasar seperti crop, red-eye correction,  penyesuaian warna, dan lainnya.

Meskipun Shotwell hadir secara default di semua versi terbaru Ubuntu, namun jika sistem tidak memilikinya kamu dapat dengan mudah menginstalnya.

Karena Shotwell tersedia di repository resmi Ubuntu jadi kamu dapat menginstall melalui Ubuntu Software manager.

Install Shotwell di ubuntu software manager

Kamu juga dapat menjalankan perintah berikut untuk mulai menginstal Shotwell menggunakan terminal.

Install shotwell melalui terminal

Untuk dapat mengedit gambar menggunakan Shotwell, kamu hanya perlu mengklik kanan pada gambar yang ingin di edit dan pilih opsi Open With Other Application, setelah itu pilih Shotwell Viewer.

Jika ingin mengubah ukuran gambar, maka kamu dapat memilih File > Save As dan mengubah Scaling constraint yang awalnya “Original Size” menjadi “Width” dan tentukan juga lebar gambar pada bagian Pixels.

Ubah ukuran gambar dengan shotwell

Cara untuk menghapus perangkat lunak Shotwell dapat kamu lakukan melalui Ubuntu Software manager atau menggunakan perintah terminal berikut.

Menggunakan GIMP

GIMP adalah gambar editor tingkat lanjut. Kamu dapat menggunakannya untuk mengedit, menyempurnakan, memperbaiki foto, dan membuat gambar kamu sendiri. Program ini memiliki banyak koleksi alat dan filter pengeditan tingkat profesional, dan merupakan alternatif Photoshop di Linux.

Kamu dapat menginstal GIMP melalui Ubuntu Software manager atau menggunakan Snap store.

Install gimp melalui ubuntu software

Untuk menginstal GIMP melalui terminal kamu bisa menggunakan perintah di bawah ini.

Sistem mungkin akan meminta dengan opsi Y/n untuk mengonfirmasi pemasangan. Silahkan ketik Y dan tekan Enter, setelah itu proses instalasi akan berjalan.

Kemudian, untuk menjalankan GIMP kamu bisa menggunakan perintah berikut di terminal.

Atau mencarinya melalui menu aplikasi Ubuntu.

Buka gimp melalui menu aplikasi di ubuntu

GIMP akan memiliki tampilan Toolbox di sebelah kiri, kamu bisa menggunakan alat tersebut untuk mulai mengedit gambar.

Tetapi untuk mengubah skala gambar kamu bisa membuka Image > Scale image dari menu bagian atas dan menentukan nilai tinggi / lebar gambar yang akan di gunakan.

Scale gambar menggunakan gimp

Jika ingin menghapus GIMP, kamu dapat melakukannya melalui Ubuntu Software manager atau menggunakan perintah berikut di terminal.

Kami harap artikel ini membantu kamu menemukan beberapa alat pengeditan gambar yang ringan dan mudah di gunakan pada Linux Ubuntu.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

23 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *