PAPANBACA Pengetahuan Rahasia Bangunan Belanda Kokoh Sampai Sekarang

Rahasia Bangunan Belanda Kokoh Sampai Sekarang

Bangunan Belanda bisa dibilang cukup banyak berdiri di beberapa daerah Indonesia. Bentuknya dan fungsinya pun sangat beragam, ada yang fungsinya sebagai bunker, rumah, bahkan bendungan pun ada juga yang termasuk peninggalan dari bangunan Belanda. Dan kebanyakan yang menjadi peninggalan dari Belanda di jaman perang dulu, adalah bangunan berupa tempat tinggal, sekolah, sampai dengan tempat untuk menjadi tahanan dari para pribumi di jaman dahulu sebelum Indonesia merdeka.

Dan kalau diamati dengan seksama, bangunan-bangunan tersebut bisa dilihat sampai jaman sekarang, padahal kalau dihitung sendiri bangunan-bangunan tersebut sudah berdiri berpuluh-puluh tahun sejak Indonesia dijajah oleh Belanda. Malahan bangunannya bisa dibilang sangat kokoh banget. Sangat berbeda sekali dengan bangunan di jaman sekarang, yang masih berdiri belum berpuluh-puluh tahun, bahkan masih beberapa tahun saja, sudah mengalami kerusakan entah dindingnya sudah retak atau bagian bangunan lainnya yang mengalami penurunan. Bahkan ada juga yang sampai gak bisa dibilang penurunan lagi, soalnya sudah ambruk alias roboh.

Mereka alias para orang Belanda dalam mendirikan sebuah bangunan, baik sekolah, rumah, ataupun bangunan dengan fungsi lainnya, tentunya gak asal bangun loh. Ternyata ada rahasia dibalik bangunan-bangunan tersebut yang menjadi alasan kenapa masih bisa berdiri kokoh hingga sekarang ini.

Berikut rahasia dibalik bangunan Belanda masih bisa kokoh sampai sekarang

Semen yang dipakai gak asal racik

Dalam mendirikan sebuah bangunan, orang Belanda sangat memperhatikan detail terkait bahannya juga, salah satunya semen yang dipakai untuk mendirikan bangunan tersebut, tidaklah asal racik. Tapi dalam racikan tersebut, ada resepnya sendiri, mereka memakai semen merah dan gamping yang kemudian dicampurkan menjadi satu. Selain bahan tersebut, juga ditambahkan juga bahan batu bata merah yang digiling atau dihaluskan menjadi sebuah serbuk, kemudian diolah dengan batu kapur sebagai bahan perekat.

Batu yang dipakai gak sembarangan

Selain dalam hal bahan semen, mereka juga selektif banget dalam pemilihan batu sebagai bahan yang dipakai untuk material mendirikan bangunan. Orang Belanda tidak memakai batu sembarang batu, melainkan memakai batu yang mempunyai kualitas yang tinggi dan bagus. Kalau orang lokal biasanya pakai batu bata merah, berbeda kalau orang Belanda, mereka lebih mencampurkan bahan material seperti semen yang dibikin sendiri hingga melekat sempurna. Bahkan mereka juga gak segan banget untuk mencuci batu pecah ketika batu tersebut kotor.

Baca juga Alasan Bangunan Belanda Bisa Sejuk 

Barang yang dipakai juga impor

Gak cuman asal membangun, mereka juga sudah mempersiapkan bahan yang mempunyai kualitas yang tinggi dan bagus, harapannya agar bisa tahan lama. Jadi mereka sering mendatangkan bahan material untuk bangunannya dari Belanda sendiri untuk pondasi. Dan tentunya yang diimpor bukan bahan material yang kaleng-kaleng ya, yang masih beberapa tahun udah bobrok alias rusak.

Presisi itu juga penting

bangunan belandaDalam mendirikan bangunan pun, mereka gak cuman bangun dan jadi gitu aja. Tapi para arsitek yang membuat desain dari bangunan yang akan didirikan, sangat memperhatikan tingkat dari kedetailan dan presisi dari sebuah bangunan yang akan didirikan. Jadi mereka gak cuman memperhatikan dari segi bahan material doang, tapi dari segi presisi dan struktur rancangannya sangat diperhatikan agar bangunan yang didirikan bisa awet tahan lama.

Menjunjung disipilin dan jujur

bangunan belandaDan aspek satu ini, disiplin dan jujur adalah aspek yang sangat penting, dan dijunjung tinggi oleh para orang Belanda dalam membangun sesuatu. Dalam berprosesnya mereka sangat ditekankan untuk disiplin, mulai dari rancangan, bahan material, hingga fungsi bangunannya. Tentunya soal anggaran juga tidak dilewatkan, mereka sendiri lebih memilih untuk mengeluarkan anggaran yang sangat banyak dan tinggi agar bangunan yang berdiri bisa awt dan tahan lama.

Nah pantes kan bangunan Belanda bisa awet dan tahan lama hingga jaman sekarang, meskipun ada beberapa bangunan yang sudah direnovasi. Meskipun direnovasi, hal itu tidak mengubah dari bangunan dan struktur yang dibangun ya, hanya mempercantik dari luar dan membersihkan bagian dalamnya saja. Bahkan mereka juga punya prinsip bangunan yang dibangun tidaklah asal dibangun, tapi juga berpikir akan ditempati selamanya. Jadi begitu rahasia dibalik awetnya bangunan Belanda, dan masih banyak artikel menarik lainnya yang bisa diikuti di situs papanbaca.

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *