PAPANBACA Industri Alasan Batu Bata Merah Jadi Favorit Banyak Orang !!

Alasan Batu Bata Merah Jadi Favorit Banyak Orang !!

Batu bata, memang sudah jadi bahan utama dalam pmebangunan rumah, gedung dan konstruksi lainnya. Kita ketahui ya, itu terbuat dari tanah liat yang dicetak sedemikian rupa berbentuk persegi panjang, kemudian dibakar untuk finishingnya. banyak deh dan sering kita lihat bangunan di sekitaran kita, bahan bangunan untuk mendirikan rumah banyak yang menggunakan batu bata merah. meskipun sekarang sudah banyak bahan baru yang muncul. Tapi herannya masih jadi bahan favorit banyak orang untuk bahan bangunannya. Apalagi produksinya pun masih banyak dan hampir sering kita jumpahi.

Kira-kira apa sih yang membuat batu bata merah jadi bahan favorit banyak orang ?

1. Terbilang kuat dan tahan lama

batu bataMeskipun kita ketahui ini bahan dasarnya dari tanah liat dan serpihan sedimen bebatuan, yang dipanaskan lebih 1000 derajat celcius. Tapi dibalik itu tadi ada sisi kelebihannya, Dan ini terbilang bahan yang kuat dan bisa bertahan dalam jangka yang lama. Banyak kok bukti bangunan-bangunan yang maih ada mulai jaman dahulu terbuat dari batu bata, dan masih awet.

Bahkan bisa berpuluh tahun. Soalnya dalam proses pembuatannya, batu bata merah ini dipanaskan di suhu tinggi, lebih dari 1000 derajat celcius. Alhasil tanah liat dan serpihan bebatuan mengalami perubahan substansi dalam proses vitrifikasi didalam tempat pembakaran. Makanya banyak yang bilang kalau sangat kuat dan bisa tahan lama untuk jangka yang panjang.

2. Karena otentik

Selain itu, kekuatanmya sudah terbukti selama berabad-abad. Telah banyak digunakan oleh peradaban manusia di berbagai belahan dunia. Bahkan yang kita ketahui dari beberapa candi peninggalan yang pernah ditemukan, bahan konstruksinya menggunakan batu bata merah yang dibangun dengan menggunakan teknik kosod.

Sudah tau teknik kosod ? Teknik yang menggosokkan batu bata satu digosokkan lagi dengan yang lainnya. Sehingga menimbulkan efek seperti perengkat diantaranya. Dan itu menjadi bukti bahwa mempunyai kelebihan yang otentik serta tahan lama. Bisa kok kamu temui di beberapa candi oenginngalan yang menggunakan teknik kosod dari batu bata.

3. Penolak panas yang baik

Batu ini dari selain kelebihan yang sebelumnya, terdapat juga kelebihan lainnya yakni punya sifat yang mampu menolak panas. Mampu membuat di dalam rumah terasa dingin walau diluar rumah cuaca panas. Itu termasuk keunggulan dari batu bata ini. Makanya gak heran di pedesaan masih mending memilih batu bata sebagai dindingnya, meskipun sudah ada alternatif yang jadi pengganti.

Bahkan bisa melindungi dari api/kebakaran, karena sifatnya yang tidak mudah terbakar. Dan satu hal ini yang menjadikan para pembuat rumah di jaman dahulu memillih bahan batu bata merah untuk membangun rumahnya. Karena bisa menolak panas dengan baik dan bisa membuat isi rumah terasa dingin. Sebelum adanya laternatif pengganti dari batu ini.

4. Warnanya unik

Warna khasnya menjadi daya tarik sendiri. Soalnya terlihat lebih cantik, lebih lama dan tidak banyak perawatan. Bahkan tidak membusuk, tidak penyok, tidak perlu dicat dan tidak akan pernah dimakan rayap. Jadi gak usah takut dengan material yang satu ini. Bisa awet bertahun-tahun kok.

Warna ini merupakan warna dari bahan baku batu merah itu sendiri. Yaitu tanah liat, kemudian ditambah dengan dipanaskan dengan suhu tinggi. Dan warna ini memberikan nilai estetika tersendiri, serta juga nilai estetik sendiri untuk rumah. Dan kalau kamu ingin memperindah lagi bisa dilapisi dengan cat rumah yang bisa kamu dapatkan di toko bangunan.

5. Mudah didapat

batu bata

Gak cuman kelebihan saja yang banyak terkandung ya. Faktanya juga, akan kebutuhan bahan ini sangat mudah didapat, dan juga mudah dibuat hanya dengan alat-alat sederhana dan modal yang kecil sudah bisa membuat batu bata. Jadi gak heran banyak masyarakat yang dapat membuatnya dan banyak yang memilih bahan ini untuk keperluan konstruksi rumahnya.

Apalagi di era zaman modern ini masih gak kalah bersaing dan masih banyak peminatnya untuk jadi bahan konstruksi bangunan. Tentunya juga dari segi kelebihan juga gak kalah dengan bahan pengganti atau alternatif dari material yang satu ini.

Jadi begitu ya alasan banyak orang yang masih pakai batu bata  dan menjadi favorit sekali sampai saat ini.

Terlebih lagi memang harga nya pun jauh bisa dijangkau daripada bahan bangunan lainnya yang bisa menggantikan. Seperti paket komplit dah batu bata merah, sudah ekonomis, kelebihannya sangat tidak bisa diragukan untuk bangunan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu dalam membaca, kunjungi artikel menarik kami di nulis.net

8 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment