Batu Flower Garden: Tiket dan Spot Foto Lengkap

Batu flower garden malang

Buat kamu  yang suka dengan taman bunga, kamu bisa mampir ke Batu Flower Garden (BFG). Sebuah taman yang dihiasi ribuan bunga dan berbagai wahana serta spot foto menarik. Meski bunga cenderung dilirik oleh kaum hawa, taman bunga ini juga sangat cocok untuk liburan kaum adam.

Taman wisata ini banyak dikunjungi selain karena tempatnya yang indah juga karena lokasinya sangat strategis. Taman bunga di Kota Batu ini juga berdekatan dengan objek wisata lain di sekitarnya. Lalu apa saja sih wahana dalam taman bunga ini? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Tentang Batu Flower Garden dan Wahana di Dalamnya

Beberapa wisatawan mungkin lebih mengenal taman bunga ini dengan nama Taman Wisata Coban Rais Malang. Nama Coban Rais sendiri diambil dari kata Coban yang artinya air terjun dan Rais yang merupakan nama salah satu orang di tempat itu.

Awalnya tempat wisata ini merupakan wisata air terjun. Namun dengan pengembangan tempat wisata berupa lahan hijau atau taman bunga, tempat ini lebih dikenal dengan nama yang sekarang. Tak hanya itu, wahana yang disediakan oleh pihak pengelola semakin melengkapi keindahan taman tersebut.

Taman wisata ini memang terkenal dengan gardu pandangnya. Tapi selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana dan spot foto yang instagramable di Batu Flower Garden berikut ini:

1. Ayunan Ekstrem di Alam Bebas

Ayunan batu floder garden
instagram.com/risa_febryana

Jika kamu melihat foto yang tersebar di sosial media, foto pada ayunan tersebut memang terlihat ekstrem seperti berayun di alam bebas. Namun ayunan ini sangat ramah kok untuk pengunjung yang takut pada ketinggian sekalipun.

Ayunan ini berada di ujung bibir jurang sedalam 50 meter, tapi tetap aman karena pada kursi ayunannya dilengkapi sabuk pengaman. Oh ya, ayunan mini juga tersedia lho untuk anak-anak.

2. Hammock Garden

Hammock batu flower garden
instagram.com/batuflowergarden.cobanrais

Bersantai di atas hammock memang sudah biasa. Tapi di taman wisata ini kamu akan diajak untuk bergelayut di atas hammock yang tersusun vertikal hingga 5 tingkat atau disebut Hammock Tower. Ujung dari hammock dikaitkan pada dua pohon yang besar dan rindang, jadi kekuatannya sudah terjamin aman.

Selain itu Batu Flower Garden juga menyediakan Hammock Garden, Spider Hammock, Flying Hammock, dan Hammock Tower Mini untuk anak-anak atau untuk pengunjung yang kurang berani dengan Hammcok Tower dewasa.

3. Wahana Sky Bike

Wahana Sky Bike batu flower garden
instagram.com/agav_photography

Wahana selanjutnya di tempat wisata ini adalah Sky Bike atau sepeda langit. Bagi yang ingin berkeliling dan merasakan sensasi menaiki sepeda di ketinggian alam bebas, wajib cobain wahana Sky Bike.

Sepeda yang mengambang di udara ini terhubung oleh sling baja dengan keamanan yang sudah terjamin oleh pengelola. Sedangkan bagi yang membawa anak-anak bisa mengajaknya untuk bermain di area gowes mini.

4. Petualangan Batu Flower Garden Coban Rais

Sesuai namanya, tempat wisata ini awalnya adalah wisata air terjun. Namun saat ini terdapat dua fokus utama di Batu Flower Garden, yakni air terjun dan kebun bunga. Buat wisatawan yang ingin menikmati kebun bunga, harus berjalan kaki sekitar 300 meter melalui jalan setapak karena kebunnya terdapat di atas Bukit Bulu.

Sementara untuk pengunjung yang ingin menikmati air terjun harus berjalan kaki menempuh jarak 3 km. Terlihat melelahkan, tapi semua sepadan dengan keindahan alam yang terbentang di sekitarnya.

5. Gardu Pandang Iconic

Gardu Pandang Iconic batu flower garden
instagram.com/filipassalmeida

Sebenarnya taman wisata ini memiliki beberapa jenis gardu pandang untuk menikmati pesona Kota Batu dari ketinggian sekitar 1000 mdpl (meter diatas permukaan laut). Namun yang paling terkenal di taman bunga ini adalah gardu pandang yang berlambangkan tulisan “I Love U” dengan lambang hati di tengahnya.

Pada spot ini kamu bisa foto bersama keluarga atau pasangan dengan latar belakang pemandangan alam Kota Batu yang indah dan sejuk.

Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden dan Jam Operasional

Bagi kamu yang ingin mengunjungi taman wisata yang luas ini, bisa datang dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Adapun untuk HTM (Harga Tiket Masuk) sangat beragam mengingat banyaknya wahana yang tersedia. Berikut list harga tiketnya:

  1. HTM utama dan perhutani sebesar Rp37.500,-
  2. Paket outbond untuk anak dimulai dari Rp110.000,-
  3. Paket outbond untuk dewasa dimulai dari Rp130.000,-
  4. Tiket Hobbiton sebesar Rp25.000,-
  5. Wahana Sky Bike dan Torii Yuki sebesar Rp20.000,-
  6. Wahana Ayunan, Pinusan, Twin Love, dan Gardu Pandang I Love U sebesar Rp10.000,-
  7. Wahana Hammock, Tree House, Flower Fall, Eskimo, dan Smurfy sebesar Rp15.000,-

Lokasi dan Rute Menuju Batu Flower Garden

Buat yang penasaran dengan taman wisata ini, kamu bisa datang langsung ke Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Kebun bunga ini juga tidak jauh dari tempat wisata populer lain di Batu, yaitu BNS (Batu Night Spectacular).

Buat kamu traveler atau backpacker, kamu bisa ke BFG dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Lokasi taman wisata ini sangat mudah di cari dan aksesnya juga mudah.

Jika kamu memilih menggunakan transportasi umum, dari stasiun Malang Kota Baru, jalan kaki ke arah Jalan Trunojoyo sekitar 120 meter. Lalu pilih angkutan kota (angkot) dengan kode AMH/AHM atau AJG/AJH untuk sampai di Jalan Tumenggung Suryo 4.

Setelah itu gunakan angkot dengan kode CKL ke Jalan Tlogosari, dan disambung lagi dengan angkot dengan kode KL ke Jalan Raya Dadaprejo. Kemudian kamu bisa lanjut berjalan kaki atau naik ojek menuju BFG.

Fasilitas Umum di Kebun Bunga Coban Rais

Taman wisata ini menyediakan berbagai fasilitas seperti mushola, tempat parkir, toilet umum, dan tempat makan dengan harga terjangkau. Jadi kegiatan wisata kamu akan tetap nyaman dengan beragam fasilitas tersebut.

Oh ya, buat kamu yang ingin berkunjung ke Batu Flower Garden, pastikan sudah divaksin dan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Ajak pasangan, teman atau keluarga untuk menikmati keseruan di taman bunga di tengah alam indah Kota Batu ini.

2 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *