PAPANBACA News Batu Kerikil di Rel Kereta Ternyata Punya Fungsi Penting loh !!

Batu Kerikil di Rel Kereta Ternyata Punya Fungsi Penting loh !!

Batu kerikil sering kita jumpai di sekitar keseharian kita, meskipun tergolong ke dalam bahan material suatu konstruksi. Tapi keberadaan dari benda ini sering banget dijumpai, bisa dijalanan, disekitar halaman rumah kita, di tempat kerja dan tentunya ya di area pembangunan.

Tapi pernah gak kalian menemui batu kerikil di Rel kereta ? loh-loh buat apa ya ?

Sebelum itu kita kenal dulu rel kereta ya. Kereta adalah salah satu transportasi yang sekarang lagi digandrungi banyak orang dan transportasi satu ini punya jalur lintas jalnnya sendiri, kalau mobil dan motor ada di jalan, kalau kereta api menggunakan rel untuk jalurnya. Yakali kan kereta ikut jalurnya mobil dan motor, tapia da kok rel yang melintas disebelahnya pas jalan raya.

Kalau diperhatikan ya, ada yang unik di rel kereta, ada bebatuan atau kerikil di sepanjang rel kereta. Sekilas sih banyak yang ngira cuman buat pelengkap doang biar rel nya tampangnya bagus dan rapi. Ternyata kerikil ini bukan sekedar hiasan atau pajangan. Tapi punya fungsi yang penting juga buat kereta api loh. 

Malahan kalau gak ada batu kerikil ini, rel bisa ambyar loh !! Apa kira-kira fungsinya ?

Nah sebelum memasuki apa fungsinya batu kerikil di rel kereta, sebetulnya penyebutan batu kerikil kurang tepat, kalau di lingkungan perkeretaapian, bebatuan ini mempunyai sebutan yaitu Ballast, atau ballast kricak, batu ini mempunyai ukuran sekitar 2 sampai 6 centimeter. Tentunya sudah disinggung tadi kan kalau punya fungsi penting. Yuk dari pada nunggu kita kepoin aja nih terkait batu kerikl di rel kereta, atau disebut Ballast. Berikut fungsi ballast di rel kereta yang selalu ada dan ditaruh di rel kereta.

1. Menghambat tanaman liar untuk tumbuh

batu kerikilCoba deh bayangakan jika tidak adanya Ballast ata batuan kerikil ini di rel. Banyak tanaman liar yang tumbuh di rel kereta api. Apalagi tumbuhan seperti rerumputan yang tumbunya cepat sekali bahkan gak sampai seminggu bisa sangat rumbun sekali. Apakah yang terjadi jika ditumbuhi rerumputan yang panjang ? pasti akan mengahmbat kan?.

Iya benar, kalau rel sampai tertimbun rumput atau tumbuhan liar yang menjulang tinggi. Hal ini sangat bisa menganggu struktur jalan, ketika kereta melintas di rel loh, bahkan hal terburuknya bisa mengakibatkan tanah di rel tidak stabil. Karena roda kereta yang seharusnya menapak di rel kerta, malah melindas tanaman di sekitarnya, alhasil bisa mengalami selip pada roda di rel kereta.

 

2. Sebagai pemberat agar rel selalu stabil

batu kerikilSelain memerangi tumbuh kembangnya tumbuhan dan rumput-rumput liar. Ballast juga membantu rel bisa stabil. Soalnya dengan adanya ballast di rel kereta. Sangat bermanfaat sekali loh. Khususnya pada bidang kesetabilan kereta ketika melewati rek, dengan kecepatan yang begitu cepat. Makanya sangat penting adanya ballast.

Hal ini memberikan pemberat di rel, agar posisi rel selalu stabil ketika kereta sedang melintas pada kondisi apapun. Kalau gak stabil bisa mengakibatkan kereta anjlok dari rel. Dan menyebabkan kejadian yang merugikan banyak orang. Jadi perlu diberi yang namanya ballast atau batuan kerikil. Agar tidak terjadi kereta anjlok, selip, atau keluar dari rel kereta parahnya. Karena apapun juga butuh yang namanya kesetabilan.

Baca juga nih Besaran gaji dari pegawai PT KAI

3. Menahan getaran dan mengurangi goncangan

Ballast diletakkan di rel, juga membantu untuk menahan getaran serta mengurangi goncangan yang terjadi, saat kereta sedang melintas di atas rel. Hal ini memang sudah terbukti kok, bahwasannya ballast atau batuan kerikil juga berperan besar di rel kereta. Maka dari itu kenapa dikasih keirkil dengan ukuran yang kecil-kecil pada umumnya.

Kita tahu kan ya, ketika kereta melintas di rel, rel tersebut juga mengalami getaran serta pemuaian juga loh ketika siang. Makanya dibantulah dengan pemberian ballast atau batu kerikil. Dengan tujuan agar bisa menahan getaran serta mengurangi goncangan tersebut ketika kereta melintasi di rel. Untuk mengantisipasi ketika terjadinya hal-hal insiden yang tidak diinginkan. 

 

4. Mencegah pengikisan tanah di bawah rel agar tidak ambles

Ballast juga memberikan fungsi untuk rel kereta, agar tanah yang di bawah rel, tidak mengalami
pengikisan, yang dapat mengakibatkan tanah menjadi ambles. Dan akhirnya mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan ketika kereta melintas dengan kecepatan tinggi. Apalagi kereta dengan kecepatan tinggi tersebut, untuk mengalami pengereman juga butuh jarak dan waktu yang agk lama untuk berhenti.

Kemudian ballast ini sebetulnya masih bagian dari badan jalan kereta, untuk jadi tempat meletakkan bantalan rel. Pada rel kereta sendiri, ballast memilliki dua lapisan. Yaitu lapisan pertama itu, batu pecah yang bentuknya kasar dan bersudut. Sedangkan pada lapisan kedua, biasanya ditambahi pasir kasar, kerikil bentuknya sedang, atau kerikil yang halus.

Jadi Batu kerikil atau ballast, yang ada di rel kereta api, bukan sekedar untuk hiasan ya. Tetapi mempunyai peran yang gak kalah penting dengan komponen lainnya. Semoga materi hari ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan baru, tentunya semoga menginspirasi. Yuk mari baca artikel menarik lainnya di situs papanbaca.

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *