PAPANBACA Pengetahuan Bukan Cuman NASA Badan Antariksa di Dunia

Bukan Cuman NASA Badan Antariksa di Dunia

Jika bicara terkait luar angkasa, pasti yang ada di pikiran kita adalah NASA. Hal ini memang tidak bisa di bantah lagi. NASA merupakan badan antariksa yang menjadi garda terdepan dalam bidang eksplorasi dan penelitian luar angkasa.
Tetapi dalam dunia ini, badan antariksa tidaklah cuman NASA. Beberapa badan antariksa lainnya juga tidak kalah bergengsi. Bahkan Indonesia pun, juga mempunyai loh.

Berikut adalah beberapa badan antariksa yang ada di dunia.

1. NASA

Siapa sih yang belum tahu NASA. Merupakan badan antariksa dari negara Amerika Serikat, yang memulai misinya sejak tahun 1958. Misi yang paling dikenal adalah, pernah mengantarkan manusia pertama kali mendarat di bulan, pada tahun 1060. Untuk saat ini, NASA lebih fokus ke misi lebih jauh. Yaitu misi untuk eksplorasi planet mars.

2. ISRO

Kepanjangan dari Indian Space Research Organisation. Merupakan badan anatariksa dari Pemerintahan India. Diketahui, pada tahun 2008 yang lalu. India sukses meluncurkan pesawat luar angkasa, yang bisa terbang sangat dekat dengan bulan. Misi tersebut dinamakan CHandrayaan-1. Mempunyai tugas untuk mengambil gambar dan peta permukaan bulan.

3. ROSCOSMOS

Merupakan badan antariksa dari negara Rusia. Lembaga ini sudah banyak menerbikat kosmonaut. Untuk melakukan perbaikan di stasiun luar angkasa. Serta menjadi garda terdepan Rusia.

4. CSNA

Kemudian China National Space Administration, lembaga milik pemerintahan Tingkok. Mempunyai tanggung jawab dalam penelitian, pembuatan pesawat luar angkasa. CSNA berdiri sejak tahun 1993 silam.

5. JAXA

Selanjutnya ada Japan Aerospace Exploration Agency. Merupakan sebuah lembaga ruang angkasa Jepang yang terbentuk pada Oktober tahun 2003. JAXA sukses meluncurkan roket H-2A dari pusat angkasa Tanegashima. Dengan membawa misi untuk menempatkan satelit ke orbit, pada Februari tahun 2005.

6. LAPAN

Indonesia tidak kalah keren loh. Di Indonesia dikenal dengan nama LAPAN. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Badan ini didirikan pada 27 November tahun 1963. Dengan fokusan dalam penginderaan jauh, teknologi dirgantara, sains antariksa, dan kebijakan dirgantara.

Gimana, itu tadi adalah beberapa badan antariksa yang ada di dunia ini loh. Jadi tidak cuman NASA saja yang terkenal ya. Bahkan negara Indonesia pun juga punya sendiri. papanbaca

25 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *