PAPANBACA News Bukan Tempat Duduk, Ini Fungsi Bola Beton Di Trotoar

Bukan Tempat Duduk, Ini Fungsi Bola Beton Di Trotoar

Fungsi bola-bola yang ukurannya sangat besar ini apa sih ?, kamu pasti sering banget jumpai di pinggiran jalan tapatnya di trotoar jalan di kota-kota besar tertentu. Sekilas sih benda ini mirip bola yang sengaja diletakkan di trotar.

Diketahui bola-bola ini dibentuk dan dibuat dari beton Corcoran. Jadi sangat berat jika kamu pindahkan. Dan masih banyak nih bola-bola ini digunakan untuk orang-orang sebagai tempat duduk, atau tempat nongkrong dengan memandangi jalanan yang ramai.

Padahal bola beton ini punya fungsi yang sangat penting demi penunjang keselamatan manusia, khususnya orang yang berjalan di trotar sendiri loh. Jadi bukan iseng atau sekedar buat hiasan doang naruh bola-bola beton berukuran abnormal di sepanjang trotoar jalan ya.

Sudah tau belum apa nama bola-bola beton raksasa yang di trotoar ? apa fungsi bola ini ? Nih mimin kasih tau ya, kalau bola-bola beton di trotoar itu, juga punya nama loh. Benda ini disebut Bollard. Bola-bola ini masih masuk jadi salah satu jenis bollard yang biasa digunakan di trotoar jalan. Dan asal kamu tahu nih bollard gak cuman bulet doang loh. Apa sih bollard itu ?

Gak usah lama-lama yuk kita kepoin bollard si bola beton di trotoar ini, dan apa fungsi bola ini ?

Jadi nama dari bola beton yang sering kamu lihat di trotoar pinggir jalan, namanya “Bollard”. Bahkan bollard ini gak selalu harus ada di trotoar pinggir jalan. Bentuknya pun gak selalu bulat seperti bola loh. Bollard merupakan semacam pembatas antara jalan raya atau jalan besar lalu lalangnya kendaraan dengan trotoar gitu.

Bahkan bollard ini mempunyai fungsi penting loh. Bukan hiasan atau display kota biar tampak indah doang. Bollard mempunyai fungsi untuk jadi penunjang keamanan, keselamatan serta kenyamanan dari para pejalan kaki yang menggunakan trotoar sebagai aktivitas setiap harinya pejalan kaki.

fungsi bolaJadi perlu diingat terus nih ketika kamu melihat atau jumpai bola-bola ini di trotoar. Kalau benda ini bukan sebagai tempat duduk atau santai nongkrong sambal melihat jalan. Justru hal itu bisa membuat kamu bahaya sendiri loh. Karena itu, adalah pembatas jalan antara trotoar dan jalan raya. Hal yang ditakutkan ketika kamu duduk disana, ada kendaraan yang oleng atau tidak terkendali dan seharusnya terhenti karena bollard, tapi kamu ada disitu. Bisa bahayakan diri kamu kan, bisa-bisa dicium kendaraan yang oleng tadi nih.

Selain itu ya ,si bollard yang bentuknya bola besar ini. Disisi lain sebagai keamanan pejalan kaki dari kendaran yang oleng. Benda ini juga digunakan dibanyak kota-kota besar sebagai penunjang tata kota atau dekorasi untuk tempat tersebut.

Baca juga fakta batu bata jadi favorit banyak orang ?

Nah Bollard gak cuman bulet seperti bola

Ada juga nih bentuk lain dari bollard, yang bisa kamu temui di sepanjang jalan. Bahkan bollard sendiri bisa loh kamu temui di area sekitar pelabuhan. Tentunya bollard yang di pelabuhan bentuknya beda ya. nih ada beberapa jenis dari bollard atau p[embatas jalan antara jalan raya dan jalan trotoar. Coba perhatikan deh biar kamu tahu ya fungsinya.

Bollard Lampu

fungsi bolaBollard untuk jenis yang pertama ini. Kamu pasti sering menjumpai di daerah sekitar taman, entah itu taman kota, taman di sekitaran perumahan atau yang lainnya. Bollard untuk jenis yang satu ini merupakan perpaduan bollard dan lampu loh.

Bagian atas pada bollard jenis ini merupakan pencahayaan atau lampu. Jadi bollard ynag satu ini punya fungsi yang dobel loh. Selain sebagai tiang pembatas, bollard ini juga berfungsi sebagai penerangan ketika malam hari. Serta menambahkan kesan yang indah dan estetik pada tempat yang dipasang bollard satu ini.

Stand Bollard

Sering banget kamu jumpai, ketika kamu sedang berjalan di trotar pinggir jalan. Biasanya sih bollard ini diletakkan di ujung trotoar yang mengarah ke jalan besar, atau yang terputus oleh jalan masuknya suatu gedung perkantoran atau bangunan.

Untuk fungsinya sendiri juga sama sebagai tiang pembatas antara jalan dengan trotoar. Serta menghalangi kendaraan roda dua, gerobak, dan lainnya yang sukanya bandel lewat trotoar, supaya gak bisa lewat jalan trotoar. Soalnya bollard ini dipasang lebih dari satu dengan jarak yang berdempetan, hanya bisa dilewati oleh orang jalan kaki.

Bollard Bola

fungsi bolaNah ini baru yang bola-bola beton yang biasanya terlihat di pinggiran trotoar di kota. Bola ini terbuat dari cor-coran ya. Kalau sebelumnya bentuknya tiang dan ramping. Yang satu ini berbentuk bulat seperti bola dengan ukuran lumayan besar.

Diameternyapun bervariatif ya, ada yang kecil, sedengan dan juga ada yang bentuknya besar. Fungsi bola ini juga sama sebagai pembatas antara jalan dan trotoar. Serta melindungi para pengguna trotoar atau pejalan kaki dari kendaraan atau motor yang oleng. Tentunya banyak yang menggunakan bollard bola ini sebagai dekorasi wilayah juga.

Marine Bollard

Atau lebih sering kita kenal dengan bollard pelabuhan. Sesuai dengan namanya kan, jadi bollard yang jenis ini hanya bisa kamu temui di area sekitaran pelabuhan. Karena fungsinya juga masih sebagai penunjang kapal-kapal yang sedang bersandar.

Yaitu bollard ini digunakan para nelayan, ataupun para awak kapal untuk menempatkan tali sandaran agar kapal yang sedang bersandar tidak berpindah tempat, karena gelombang air ketika sedang bersandar dan ditinggal. Kan gak lucu tuh, tiba-tiba besoknya kapalnya sudah jalan-jalan sendiri tanpa nahkodanya.

Gimana sudah gak penasaran lagi kan dengan jati diri bola beton di trotoar

Memang bollard sudah lama digunakan, untuk pembatas antara jalan kendaraan dengan trotoar jalan untuk para pejalan kaki. Jadi untuk kita semua yuk marilah saling menghargai ya. Agar tercipta kenyamanan serta keamanan ketika beraktivitas.

Kira-kira hal apa lagi nih yang bikin kamu kepo banget, bisa tuh tulis di kolom komentar sebelah bawah ya. Jangan lupa juga ya yuk baca artikel menarik lainnya di papanbaca.

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *