Nulis Travel Candi Prambanan: Harga Tiket dan Lokasi

Candi Prambanan: Harga Tiket dan Lokasi

Candi Prambanan

Candi Prambanan hampir semua orang pernah mendengar nama candi yang satu ini, karena merupakan destinasi wisata yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Sehingga seringkali menjadi tujuan darmawisata atau study tour berbagai instansi dan sekolah di seluruh Indonesia.

Itulah sebabnya tak lengkap rasanya kalau datang ke Jogjakarta namun tidak mengunjungi tempat wisata candi prambanan ini. Karena banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan ketika berwisata ke tempat ini. Selain mendapatkan pemandangan yang sangat menarik dan unik untuk mengambil gambar, juga sangat baik untuk wisata sejarah.

Sekilas Kisah Mengenai Candi Prambanan

Candi yang terlihat dari jalan raya menuju Jogja dari arah solo dan sebaliknya ini juga dikenal sebagai candi Loro Jonggrang. Sebagai salah satu situs sejarah peninggalan nenek moyang dengan corak Hindu yang paling besar di Indonesia. Candi Prambanan termasuk sebagai situs warisan dunia versi UNESCO.

Memiliki lokasi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, membuat candi ini menjadi tujuan wisata yang sering dikunjungi wisatawan yang berlibur ke kota Jogja. Memiliki lokasi yang cukup dekat dengan candi-candi lain seperti candi Ijo, candi Barong, candi ratu Boko, dsb.

Dibangun kira-kira pada tahun 850 Masehi, wisata Jogja ini dibuat untuk persembahan kepada para Dewa Hindu seperti Dewa Siwa, Dewa Wisnu, dan Dewa Brahma. Mempunyai candi Siwa sebagai candi yang utama. Candi Siwa ini posisinya berada di tengah kompleks dengan tinggi 47 meter. Kemudian dikelilingi oleh candi-candi lain yang lebih kecil.

Jumlah candi yang ada di kompleks Candi Prambanan ini cukup banyak, karena memiliki total 240 candi besar dan kecil. Namun sayangnya sekarang tinggal 18 candi yang berdiri utuh dan menjadi peninggalan sejarah sekaligus tempat wisata bagi masyarakat dunia.

Hal Menarik Yang Disukai di Candi Prambanan

Hal Menarik di Candi Prambanan
Foto saya di Candi Prambanan

Sudah menjadi hal yang umum bahwa Candi Prambanan merupakan tujuan wisata banyak orang saat hari libur tiba. Karena tempatnya yang sangat mudah diakses dari mana saja dan dengan kendaraan apa saja. Selain itu biayanya juga tidak menguras dompet karena sangat terjangkau.

Banyak hal seru yang dapat dilakukan di candi peninggalan dari nenek moyang ini, sebagai contoh bangunan kehidupan manusia di masa lalu. Beberapa aktivitas seru tersebut adalah sebagai berikut:

1. Melihat Kisah Cinta Yang Epic di Relief Candi

Salah satu spot yang paling menarik di destinasi wisata ini adalah keindahan relief yang terukir di dinding-dinding candinya. Relief yang menceritakan tentang kisah cinta yang sangat terkenal yaitu kisah Ramayana. Juga relief yang menceritakan tentang Krishnayana.

Dimulai dari relief kelahiran Rama, kemudian kisah populer penculikan Sinta oleh Rahwana yang kemudian diselamatkan oleh Hanoman. Kemudian pertemuan kembali Rama dan Sinta sampai ke penyerahan takhta Rama kepada putranya yang mengelilingi tempat berdirinya candi utama.

Agar tidak terbalik untuk mengetahui kisahnya secara urut, maka anda harus mulai mengelilingi candi searah jarum jam. Dimulai dari sisi timur candi Siwa yang mereliefkan 42 adegan, kemudian bisa melanjutkan ke Candi Brahma dengan 30 adegan.

2. Mengambil Gambar Dengan Latar Belakang Yang  Instagramable

Selain menikmati reliefnya yang indah, anda juga dapat mengambil gambar dengan spot yang sangat instagramable. Baik dengan latar belakang candi secara keseluruhan, maupun dengan latar belakang reliefnya yang menawan. Dijamin gambar yang dihasilkannya akan membuat anda tidak sabar untuk membagikannya di media sosial.

Spot foto yang sangat menarik di lokasi ini, selain candi utama adalah diantara reruntuhan candi Perwara dan Syiwa Mandala yang tak kalah cantik. Atau dapat juga mengadopsi spot foto yang diambil oleh ibu Ani Yudhoyono yang mengambil gambar keseluruhan candi dengan bingkai pohon mahoni yang sangat indah.

Kalau ingin mencari spot ini, maka anda dapat berjalan ke arah selatan dari jalur utama saat hampir memasuki pelataran candi yang sangat luas. Apalagi saat berkeliling di sore hari, pemandangan dari lapangan Siwa Mandala yang berada di dekat pintu keluar candi utama sangatlah memikat.

Menikmati malam di Candi Prambanan juga sangatlah menyenangkan. Karena biasanya saat pementasan sendratari Ramayana digelar, lampu-lampu akan menyinari candi utama dengan sangat epic. Sehingga sangat sayang untuk melewatkan pemandangan indah ini.

3. Menikmati Pagelaran Sendratari Ramayana

Pagelaran sendratari Ramayana merupakan salah satu pertunjukan tari yang menjadi icon dari Candi Prambanan ini. Pertunjukan tari yang diiringi musik jawa dan dimainkan oleh 200 penari profesional dan musisi lokal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tariannya mengisahkan tentang kisah Ramayana yang ingin mendapatkan kembali wanita yang dicintainya, yaitu dewi Sinta. Kisah cinta yang ditulis berdasarkan epos Hindu yang sudah beradaptasi dari budaya Jawa.

Pertunjukan tari ini tidak menggunakan dialog diantara pemainnya, namun gerakan yang indah yang mereka lakukan dapat membuat penonton mengikuti ceritanya dengan mudah. Memadukan banyak unsur seni yang indah seperti tata panggung yang ditata secara kolosal, kemudian seni pertunjukan dan juga tarian.

Untuk dapat menyaksikan Sendratari Ramayana anda dapat datang pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pertunjukannya sendiri biasanya dimulai pada Pukul 19.30 sampai dengan 21.30 WIB. Sedangkan harga tiketnya memiliki tiga variasi.

  • Tiket VIP seharga Rp. 400.000,-
  • Tiket khusus seharga Rp. 300.000,-
  • Tiket kelas 1 seharga Rp.200.000,-
  • Tiket kelas 2 seharga Rp. 125.000,-

Tiket tersebut dapat dibeli langsung di tempat pertunjukan sesuai jumlah yang tersedia dan bisa juga dipesan melalui online. Sehingga pastikan membeli lebih awal agar tidak kehabisan tiket pertunjukan yang ikonik ini.

4. Menikmati Kuliner dan Belanja Oleh-Oleh

Salah satu hal yang tak patut dilewatkan di tempat ini tentu saja adalah membeli oleh-oleh dan menikmati kuliner yang khas. Jangan khawatir, karena di sekitar candi maupun di dalam candi terdapat banyak tempat penjualan oleh-oleh yang sangat bervariasi.

Bukan hanya oleh-oleh makanan saja, namun anda dapat juga membeli souvenir berupa gantungan kunci, baju, topi, kaos dan berbagai benda unik lainnya yang dijajakan pedagang. Selain makanan yang dapat dibawa pulang, anda juga dapat menikmati lezatnya kuliner yang ada.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket Masuk Candi Prambanan
instagram.com/nadyapolii

Sebelum memutuskan berkunjung, tentu saja anda harus tahu jam buka dan harga tiket yang berlaku agar dapat disesuaikan dengan budget. Candi Prambanan dibuka mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00, rentang waktu yang cukup panjang untuk menikmati dengan lebih nyaman.

Sementara itu harga tiketnya tidak terlalu mahal, masih cukup terjangkau untuk kantong pelajar dan keluarga. Agar dapat menikmati indahnya peninggalan sejarah ini anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000,- untuk pengunjung dewasa. Kemudian untuk anak-anak seharga Rp. 12.000,- yang dapat dibeli secara online maupun offline.

Sementara itu harga tiket untuk wisatawan asing yang datang cukup berbeda tarifnya. Karena khusus untuk wisatawan asing akan dibanderol seharga USD 18 atau setara dengan Rp 250.000. Candi Prambanan selalu dibuka untuk umum meskipun di hari libur, kecuali hari Nyepi.

Rute dan Akses Menuju Candi Prambanan

Lokasi wisata candi ini persisnya berada di Jalan raya Solo – Jogja, bahkan terlihat jelas dari jalan raya yang menghubungkan kedua kota tersebut. Meskipun masuk dalam wilayah Jogja, namun sebenarnya lebih dekat ke kabupaten Klaten karena jaraknya hanya 3 KM sementara dari kota Jogja kira-kira 17 KM.

Alamatnya sendiri adalah di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Sementara pintu masuk menuju lokasi candi ini sendiri merupakan wilayah Desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Nah untuk menuju ke Candi Prambanan ada beberapa rute yang dapat diikuti:

1. Rute Terbaik Saat Membawa Kendaraan Sendiri

Ketika anda memutuskan datang dengan membawa kendaraan sendiri, rute yang ditempuh juga tidaklah sulit. Bahkan anda dapat menyesuaikan dari arah mana kedatangan anda.

  • Kalau berkunjung dari pusat kota Jogja, dari arah jalanan Malioboro anda dapat menuju ke arah kota Solo. Kemudian setelah sampai di gapura perbatasan wilayah Jogja dengan Jawa Tengah anda dapat memelankan laju kendaraan. Karena sekitar 300 meter dari gapura setelah melewati lampu merah pertama, anda akan dapat melihat langsung Candi Prambanan yang terletak di sebelah kiri.
  • Ketika datang dari kota Surakarta, anda bisa mengambil jalur jalan Raya Solo menuju ke arah Klaten. Setelah melewati kota Klaten, anda bisa memelankan laju kendaraan dan akan melihat kompleks candi yang terletak di sebelah kanan jalan.
  • Kemudian dari kota Semarang anda dapat melewati Ungaran, kemudian ke Ambarawa, dan dilanjutkan dengan melewati Pringsurat untuk ke Magelang. Setelah dari Magelang anda dapat menuju ke Jogja dan mengikuti rute Jogja tersebut.

Itulah beberapa rute yang dapat anda ambil saat membawa kendaraan sendiri, baik membawa kendaraan roda dua maupun roda empat.

2. Rute Terbaik Saat Naik Kendaraan Umum

Nah kalau anda tidak ingin membawa kendaraan sendiri, dan datang berkunjung dengan naik kendaraan umum maka anda dapat mengikutinya dengan cara seperti dibawah ini.

  • Melalui Kota Jogja, anda dapat naik bus TransJogja koridor 1A, kemudian dapat langsung turun di depan kompleks Candi Prambanan. Jangan takut kalau harga untuk menebusnya mahal, karena anda hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.500 untuk menebus harga tiketnya.
  • Ketika anda datang dari kota Semarang, maka dapat naik bus AKAP Semarang dengan tujuan pemberhentian Yogyakarta dengan tiket Rp. 50.000,-. Kemudian anda dapat turun di Terminal Jombor untuk naik bus TransJogja koridor 1A dan dapat turun langsung di depan kompleks candi.

Sama-sama mudah bukan cara mengakses Candi Prambanan ini, anda dapat mengaksesnya dengan mudah baik dengan naik kendaraan umum maupun membawa kendaraan sendiri.

Beberapa Candi Utama Yang Ada di Prambanan

Candi Utama di Prambanan
instagram.com/krnia_sr96

Serunya lagi kalau datang ke Candi Prambanan ini, anda tidak hanya menikmati satu area candi saja. Karena dikelilingi oleh banyak candi lainnya. Beberapa candi utama yang ada di kompleks prambanan juga sangat menarik untuk dikunjungi dan dicermati keindahanannya. Candi utama itu adalah sebagai berikut:

1. Candi Syiwa

Candi Syiwa merupakan candi yang paling diperhatikan dan menarik diantara candi lainnya di kompleks Prambanan ini. Karena didalam Candi Syiwa ini memiliki patung Roro Jonggrang yang merupakan icon Candi Prambanan.

Dengan tinggi kira-kira 25 meter, candi ini merupakan candi yang paling besar di Prambanan. Dimana terletak relief Ramayana yang diukir searah jarum jam. Sebelum masuk ke area ini anda harus naik tangga dulu, tangga yang memiliki pahatan yang sangat indah.

Kemudian di bagian dalam ruangan candi Syiwa ini memiliki sebuah ruangan yang bernama ruangan Syiwa. Pada bagian ini anda akan menemukan patung Dewa Syiwa yang memegang bunga teratai. Pahatannya sangat halus, menunjukkan keahlian masa lalu yang sangat menakjubkan.

2. Candi Wahana

Kemudian candi utama selanjutnya yang ada di kawasan wisata Prambanan ini adalah candi Wahana. Kali ini serupa dengan candi Syiwa, Candi Wahana juga memiliki sebuah patung. Namun bedanya kali ini patungnya bernama Nandi, yakni seekor sapi yang suci.

Ketinggian dari candi Wahana ini memiliki tinggi 2 meter, dan saat masuk ke dalam akan sampai di ruangan utama yang terdapat arca Nandi. Kemudian pada dinding-dinding candi ini, terdapat pahatan gambar singa dan juga pahatan dua pohon kalpataru.

3. Candi Apit

Candi Apit merupakan salah satu candi utama yang ada di area wisata Candi Prambanan ini. Disebut sebagai candi Apit karena kedua candi ini berdiri berhadapan satu dengan yang lainnya. Yang satu berdiri di bagian utara sementara yang satunya berdiri di bagian selatan.

Kedua candi ini memiliki ukuran yang paling tinggi yakni 16 meter, dengan bentuk yang paling unik dan berbeda dengan candi lainnya. Karena candi ini tidak mempunyai selasar pada daerah permukaannya. Pada mulanya candi ini ditemukan dalam keadaan rusak, namun setelah direstorasi kemudian menjadi lebih indah.

Itulah beberapa candi utama yang ada di lokasi wisata prambanan, di tempat ini seperti berada di taman masa lalu. Hamparan rumput hijau yang terawat dan tertata rapi, dengan banyak candi yang tersebar indah. Membuat bayangan kehidupan jaman kerajaan terasa nyata.

Destinasi Wisata Disekitar Candi Prambanan

Kalau anda memutuskan untuk menghabiskan masa liburan ke Candi Prambanan, ini adalah keputusan yang tepat. Karena anda bisa menginap di beberapa homestay yang disediakan oleh para warga secara mandiri dengan harga yang terjangkau. Selain itu anda juga dapat berkunjung ke berbagai destinasi wisata terdekat yang tak kalah keren dan instragamable.

1. Berkunjung ke Tebing Breksi

Tebing Breksi yang menawarkan pemandangan alam eksotis ini terletak di Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tidak jauh dari lokasi wisata Candi Prambanan. Sebagai peraih gelar tujuan wisata terpopuler tahun 2017 dari Anugrah Pesona Indonesia, anda bisa mendapatkan latar yang instagramable untuk dibagikan di media sosial.

2. Berkunjung ke Spot Riyadi

Spot Riyadi yang menawarkan pemandangan perbukitan ini terletak di Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda dapat menikmati malam yang dikelilingi oleh lautan kunang-kunang, dan kalau siang bisa melihat gunung Merapi dari kejauhan.

3. Berkunjung ke Candi Ijo

Candi Ijo yang merupakan candi tertinggi di Jogja ini terletak di Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset di kota Jogja.

4. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan salah satu candi yang letaknya paling dekat dengan Candi Prambanan. Masih satu kompleks dengan area wisata Prambanan, persisnya terletak di Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Sangat keren untuk mendapatkan spot foto sunset dan sunrise yang sangat indah.

Itulah beberapa destinasi wisata di sekitar kawasan wisata Prambanan yang sangat instagramable. Kalau anda adalah pecinta kopi, dapat menikmati kopi dengan citarasa dan suasana yang klasik di Wedang Kopi Prambanan. Yang lokasinya hanya 1,5 kilometer saja dari kawasan wisata. Sehingga anda dapat menjangkaunya hanya dengan berjalan kaki saja.

Semoga beberapa hal tentang Candi Prambanan tersebut dapat membuat anda tertarik untuk berkunjung ke sana. Menikmati wisata sejarah sekaligus pemandangan alam yang tak dapat ditemukan di daerah perkotaan. Apalagi sekalian mengunjungi destinasi wisata terdekat yang dijamin tidak akan mengecewakan ekspektasi anda.

38 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.