Cara Cek Apakah TV Kita Sudah Digital atau Belum

Cara Cek Apakah TV Kita Sudah Digital atau Belum

Sejak 10 Februari 2022, pemerintah Indonesia telah mewajibkan seluruh siaran televisi analog di Indonesia untuk beralih ke siaran televisi digital. Ini berarti setiap rumah tangga di Indonesia harus memiliki televisi digital jika ingin tetap menikmati siaran televisi di rumah. Bagi yang masih bingung, berikut adalah cara cek TV kita sudah digital atau belum.

1. Periksa Label pada Kemasan TV
Cara pertama untuk mengecek apakah TV kita sudah digital atau belum adalah dengan memeriksa label pada kemasan TV saat kita membelinya. Jika TV kita sudah digital, biasanya akan terdapat label “DTV” atau “Digital TV Ready”.

2. Periksa Stiker pada TV
Cara kedua adalah dengan memeriksa stiker yang terdapat pada TV kita. Biasanya pada stiker tersebut terdapat tulisan “Digital TV”, “DTV”, atau “Digital Tuner”. Jika terdapat tulisan-tulisan tersebut, maka TV kita sudah digital.

3. Cek Manual Pengguna TV
Cara ketiga adalah dengan memeriksa manual pengguna TV. Di dalam manual tersebut biasanya terdapat informasi tentang kemampuan TV kita dalam menangkap siaran digital atau analog.

4. Cek Channel TV
Cara keempat adalah dengan mencoba mengecek channel TV. Jika TV kita sudah digital, maka channel TV yang kita terima akan berupa channel-channel digital yang memiliki format huruf dan angka (misalnya 2.1, 5.2, 10.3, dst). Namun, jika TV kita masih analog, maka channel TV yang kita terima akan berupa channel-channel analog seperti RCTI, SCTV, dan Indosiar.

5. Cek Bantuan Teknisi
Cara kelima adalah dengan meminta bantuan dari teknisi atau ahli elektronik. Mereka akan bisa membantu kita untuk memeriksa apakah TV kita sudah digital atau belum, dan memberikan solusi jika ternyata TV kita masih analog.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengecek apakah TV kita sudah digital atau belum. Pastikan untuk segera melakukan penggantian ke TV digital jika TV kita masih analog, agar tetap bisa menikmati siaran televisi dengan kualitas gambar yang lebih baik dan jernih.

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments