Nulis Internet Cara Crop dan Edit Thumbnails Postingan WordPress

Cara Crop dan Edit Thumbnails Postingan WordPress

Crop dan Edit Thumbnails Postingan WordPress

Apakah kamu mengalami masalah dengan ukuran gambar thumbnail postingan WordPress yang secara otomatis memotong bagian sisi gambar dan mengambil tengahnya? Kemudian kamu mencari solusi untuk memotong dan menskalakan gambar thumbnail postingan dengan banar?

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara crop dan edit gambar thumbnail postingan WordPress yang memungkinkan kamu untuk mengatur posisi pemotongan gambar.

Crop dan Edit Gambar Thumbnail Postingan WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Post Thumbnail Editor. Setelah di aktivasi, kamu dapat membuat postingan baru atau mengedit yang sudah ada dengan mengunjungi halaman Posts > All Posts.

Selanjutnya, buka bagian Featured Image dan unggah gambar unggulan baru atau gambar thumbnail postingan. Kamu akan melihat tautan baru di bawah gambar yang bertuliskan Post Thumbnail Editor.

Featured Images

Ketika tautan itu di klik, akan membuka featured image di window post thumbnail editor tempat kamu dapat memotong ukuran gambar.

Cukup pilih ukuran gambar yang kamu inginkan dari bagian sebelah kanan dengan memberi tanda centang. Kemudian arahkan mouse ke tampilan gambar di sebelah kiri, lalu klik dan geser untuk memilih area mana yang ingin kamu potong dan klik tombol Crop.

Post Thumbnail Editor

Untuk pengaturan lebih lanjut, kamu dapat mengklik tombol Options yang akan menampilkan pengaturan tambahan.

Dari sini kamu dapat memasukkan Aspect Ratio untuk di pertahankan selama proses pemotongan. Kamu juga dapat memutar gambar dan memilih tingkat kompresi jpeg. Jangan lupa untuk memberi centang pada kolom di sebelah Crop and Save.

Options Post Thumbnail Editor

Kemudian jika sudah selesai klik tombol Crop and Save untuk mulai proses pemotongan gambar.

Mengedit Gambar Thumbnail Lama

Post Thumbnail Editor juga dapat kamu gunakan untuk mengedit gambar apa pun yang telah di unggah ke website. Kamu dapat mengujungi Media > Library dan arahkan mouse ke gambar apa pun. Kamu akan melihat tautan untuk mengedit gambar thumbnail seperti ini.

Jika menggunakan tampilan grid kamu bisa melihat tautan Post Thumbnail Editor ketika gambar di klik dan akan muncul di bagian sebelah kanan bawah. Sedangkan pada tampilan daftar, kamu bisa melihat tautan ketika mengarahkan mouse ke judul gambar.

Thumbnail Editor

Ketika di klik akan membuka gambar di post thumbnail editor tempat kamu dapat memotong dan mengedit gambar, seperti yang sudah kamu lakukan sebelumnya pada featured image di window post editor.

Media Library Post Thumbnail Editor

Dengan mengedit gambar lama, juga akan memengaruhi postingan di mana gambar ini di gunakan sebagai gambar unggulan atau thumbnail postingan. Ukuran yang baru dicrop dan disimpan sekarang akan menggantikan thumbnail lama.

Penting: Hanya ukuran gambar yang kamu pilih sebelumnya pada kolom bagian kanan yang akan terpengaruh perubahan. Gambar asli akan tetap ada, dan kamu masih dapat mengedit gambar dan membuat perubahan jika perlu.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara mengedit thumbnail postingan dan featured image di WordPress tanpa harus mengubah file tema. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara mengoptimalkan ukuran gambar untuk website.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

4 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *