Nulis Internet Cara Edit Gambar di WordPress (Crop, Rotate, Scale, Flip)

Cara Edit Gambar di WordPress (Crop, Rotate, Scale, Flip)

Cara Edit Gambar di WordPress

Sudah tahukah kamu bahwa mengedit gambar di area admin WordPress itu bisa di lakukan? Pengeditan yang kami maksud adalah crop, cut, rotasi gambar, mengubah ukuran skala dan membuatnya vertikal atau horizontal.

Fitur ini sangat berguna ketika kamu sedang tidak berada di dekat komputer dan ingin melakukan pengeditan dasar pada gambar yang sudah di upload sebelumnya.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menggunakan WordPress gambar editor yang memungkinkan kamu memotong, memutar, mengubah ukuran skala, dan membalik gambar.

Mengedit Gambar Langsung Dari Admin Area WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan gambar ke media library WordPress, jika sebelumnya gambar yang akan di edit belum pernah di unggah. Kamu bisa melakukannya saat menulis postingan atau dengan mengunjungi halaman Media > Add New.

Add New Media

Setelah mengunggah gambar, kamu harus membuka Media > Library. Sekarang cari gambar yang barusan di unggah kemudian klik gambar tersebut.

Buka Media Library

Nantinya akan muncul popup yang menampilkan pratinjau gambar di sebelah kiri dengan detail di bagian sebelah kanan.

Sekarang perhatikan dengan teliti, kamu akan melihat dua cara yang dapat di gunakan untuk membuka editor gambar WordPress.

Opsi pertama dan paling jelas berada di bawah pratinjau gambar, kamu bisa mengklik tombol Edit Image tersebut untuk langsung membuka editor. Sedangkan opsi kedua berada di bagian detail sebelah kanan, di paling bawah kamu bisa mengklik Edit more details.

Buka Editor Gambar di WordPress

Jika mengklik Edit more details, ini akan menutup popup media dan membawa kamu ke halaman Edit media.

Klik Edit Media

Pada halaman ini, kamu bisa mengklik tombol Edit Image di sebelah kiri bawah dari pratinjau gambar. Yang setelahnya akan terbuka layar pengeditan.

Halaman Edit Media

Kamu sekarang akan melihat toolbar dengan keterangan di atas pratinjau gambar. Sedangkan pada bagian sebelah kanan, kamu akan menemukan opsi untuk mengubah ukuran.

Kami akan menjelaskan secara lebih rinci fungsi dari masing-masing toolbar:

  1. Crop: Dapat kamu gunakan untuk memotong gambar, cukup dengan menggeser kotak kecil yang ada pada garis di setiap sisi. Klik tombol enter untuk mengonfirmasi.
  2. Rotate left & Rotate right: Tombol yang memungkinkan kamu untuk memutar gambar searah atau berlawanan dengan jarum jam.
  3. Flip vertical & Flip horizontal: Fungsinya adalah membalik gambar secara vertical atau horizontal.
  4. Undo & Redo: Jika kamu tidak menyukai perubahan yang sudah di buat, maka kamu bisa membatalkan atau mengulangi untuk kembali ke langkah sebelumnya.

Sekarang mari kita beralih pada bagian sebelah kanan di layar editor gambar ini.

Kolom Sebelah Kanan Editor

  1. Scale Image: Kamu dapat mengubah skala gambar secara manual dengan mempertahankan kualitas aslinya. Fitur ini hanya dapat di gunakan untuk memperkecil dari ukuran gambar sebenarnya, jadi kamu tidak dapat membuat ukuran lebih besar dengan meningkatkan dimensi.
  2. Image Crop: Jika ingin menjaga aspect ratio tetap utuh, maka opsi ini memungkinkan kamu untuk mengaturnya. Setelah itu, kamu dapat mengklik tombol Crop di bagian toolbar untuk memilih area sambil menggunakan rasio yang sudah kamu tentukan.
  3. Thumbnail Settings: Di bagian ini, kamu dapat memilih apakah ingin menerapkan perubahan ke All image sizes, Thumbnail, atau All sizes except thumbnail. Perlu di ketahui bahwa thumbnail ini adalah ukuran gambar terkecil yang di buat oleh WordPress. Ini tidak sama dengan gambar unggulan atau thumbnail postingan.

Setelah puas dengan perubahan yang sudah kamu buat, jangan lupa untuk mengklik tombol SaveScale, atau Update untuk menyimpan perubahan.

Sekarang WordPress akan menerapkan perubahan ke gambar tersebut dan membuat salinan gambar baru di server.

Cara Mengembalikan Gambar Asli Setelah di Edit

Jika berubah pikiran dengan gambar yang sebelumnya sudah di edit, maka kamu dapat dengan mudah mengembalikan ke versi aslinya. Cukup kembali ke halaman gambar editor, dan kali ini kamu akan melihat kolom meta baru yang bertuliskan “Restore Original Image”.

Restore Original Image

Klik bagian tersebut untuk memperluasnya, dan sekarang klik tombol Restore Image. WordPress akan langsung memulihkan gambar yang sebelumnya sudah di edit ke versi aslinya, sekarang kamu dapat mengeditnya dari awal lagi atau tetap membiarkannya. Jangan lupa selalu menekan tombol Update untuk menerapkan perubahan.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara mengedit gambar di area admin WordPress. Mungkin kamu juga berminat melihat panduan kami lainnya tentang cara menggunakan gambar WebP di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *