Nulis Teknologi Cara Mudah Ganti Browser Bawaan Ponsel Xiaomi

Cara Mudah Ganti Browser Bawaan Ponsel Xiaomi

Cara Mudah Ganti Browser Bawaan Ponsel Xiaomi

Tidak hanya merilis smartphone, Xiaomi kini mengembangkan aplikasi bawaan mereka agar bisa bersaing dengan vendor yang menghadirkan custom UI sendiri. MIUI memiliki banyak aplikasi bawaan seperti browser. Namun untuk beberapa alasan, pengguna ingin mengganti browser bawaan Xiaomi ke yang lain.

Bukan tanpa alasan, saya sendiri merasa kurang menarik melihat browser bawaan Xiaomi. Saat ini saja browser bawaan tersebut selalu update dan ada beberapa perombakan tampilan.

Sebenarnya ada cara mudah mengganti browser bawaan, yakni saat membuka link dan ada notifikasi untuk memilih browser mana yang mau digunakan jika memiliki lebih dari satu browser. Pada notifikasi tersebut, kita tinggal centang “Remember my choice“, maka browser akan otomatis berubah.

Akan tetapi trik itu tidak selalu berhasil karena banyak aplikasi yang ketika membuka link maka akan otomatis langsung ke browser bawaan dan tidak muncul notifikasi tersebut. Bagi kamu yang bingung caranya gimana, silahkan simak tutorial mengganti browser bawaan Xiaomi di bawah ini.

Cara Mengganti Browser Bawaan Xiaomi

Ubah Pengaturan Default Browser Xiaomi

  1. Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi browser yang akan digunakan sebagai default, contoh Google Chrome atau UC Browser.
  2. Selanjutnya, masuk ke Settings > Apps > Manage Apps lalu tekan pada ikon Menu di sudut kanan atas.
  3. Setelah itu, pilih bagian Default Apps. Pada bagian tersebut akan banyak sekali aplikasi bawaan yang kamu gunakan. Ada launcher, telepon, pesan, kamera dan browser tentunya. Untuk mengganti browser bawaan Xiaomi, tekan Browser dan pilih Chrome atau UC Browser ataupun browser lainnya.

Setelah selesai silahkan coba buka link dan lihat hasilnya. Situs tersebut akan otomatis termuat di aplikasi browser pilihan kamu.

Mengapa hanya membahas browser? Yah karena sangat jarang pengguna mengganti aplikasi bawaan seperti kamera, pesan, foto, musik dan lainnya. Pengalaman saya, mengganti aplikasi bawaan biasanya untuk browser saja. Jika memang ingin mengganti aplikasi lainnya silahkan lihat pada bagian menu Default Apps.

Hapus Pengaturan Default Browser

Jika kamu ingin kembali menampilkan pilihan browser ketika mengklik suatu link, kamu bisa melakukan dengan menghapus aplikasi default. Contoh saat ini kamu mengutamakan aplikasi Chrome, untuk menghapusnya cukup buka aplikasi Chrome > tekan tombol Recent > tekan dan tahan aplikasi Chrome pada Recent Apps > tekan tombol Settings > Clear Defaults.

Jadi aplikasi Google Chrome tidak dianggap sebagai browser bawaan smartphone Xiaomi kamu. Ketika ada link, maka akan ada pilihan browser mana yang akan kamu gunakan.

Kamu juga bisa melihat panduan kami lainnya tentang cara mudah screenshot panjang di ponsel Xiaomi dan Cara Ganti Ukuran Ikon Aplikasi Ponsel Xiaomi.

76 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.