Nulis Teknologi Cara Install Docker Container di Manjaro Linux

Cara Install Docker Container di Manjaro Linux

Cara Install Docker Container di Manjaro Linux

Pada panduan ini saya akan menujukkan langkah-langkah menginstal, membuat, dan menjalankan Docker Container di Manjaro Linux melalui Docker Hub. Dengan menggunakan Docker kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi di lingkungan virtual.

Menggunakan mesin virtual memang memiliki kelebihan sendiri, dapat memberikan konsumsi sumber daya perangkat keras yang lebih baik, menghemat biaya dan ruang.

Namun, menjalankan setiap aplikasi pada mesin virtual biasa tidak hanya memakan waktu, tetapi juga membutuhkan banyak sumber daya.

Untuk dapat mengatasi masalah ini kamu dapat menggunakan Docker sebagai jalan keluar. Docker dapat kamu manfaatkan untuk menjankan aplikasi secara instan di lingkungan virtual yang disebut Container.

Container ini dapat membangun satu sama lain dan berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Contoh aplikasi seperti Apache server atau database MySQL.

Docker dapat menjadi alternatif untuk platform virtual yang menggunakan virtualisasi tingkat sistem di Linux.

Di sini saya akan membuat panduan cara install Docker Container di Manjaro Linux.

Install Docker Container di Manjaro Linux

Langkah 1 : Jalankan Pembaruan sistem

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menjalankan perintah berikut untuk memperbarui sistem dan mensinkronkan ulang repositori.

Update sistem

Langkah 2 : Install Docker Container di Linux Manjaro

Karena Docker sudah tersedia di repositori resmi Manjaro, kamu tidak perlu menambahkan apapun, cukup gunakan perintah berikut untuk menginstall Docker.

Install Docker

Langkah 3 : Mulai dan Aktifkan Layanan Docker

Setelah instalasi selesai, selanjutnya adalah memulai layanan dan juga mengaktifkannya sehingga setiap kali reboot, sistem dapat secara otomatis memulai layanan Docker.

Aktikan layanan docker

Cek status Docker dengan menjalankan perintah berikut :

Cek status docker

Untuk melihat versi Docker dan informasi lainnya gunakan perintah berikut :

Lihat info docker

Langkah 4 : Jalankan Docker tanpa sudo

Secara default, kita perlu menggunakan sudo dalam menjalankan perintah Docker, seperti membuat container, menghapus, info, dll. Untuk mengatasi ini kita perlu menambahkan pengguna lokal ke dalam grup Docker. Jalankan perintah berikut di terminal :

Jalankan Docker tanpa sudo

Langkah 5 : Buat Docker Container di Manjaro Linux

Sejauh ini kamu telah berhasil menginstal dan menjalankan Docker di Manjaro Linux. Sekarang, saatnya untuk mengambil image dari lokasi docker hub memerlukan koneksi internet. Pada panduan ini saya akan mencoba menggunakan image centos terbaru.

Install centos terbaru

Kemudian kita cek apakah sudah terdapat Docker images dengan perintah :

Cek docker images

Untuk menjalankan Docker container :

Jalankan Docker Container

Gunakan perintah exit untuk keluar dari Docker container.

Install Docker Menggunakan Snap

Jika karena alasan tertentu metode diatas tidak berfungsi, maka kamu dapat menggunakan Snap untuk menginstall Docker. Gunakan printah berikut di terminal.

Seperti itulah cara install Docker di Manjaro linux. jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, atau kamu bisa mengunjungi website resmi Docker.

79 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.