Cara Install MongoDB di Manjaro Linux

Cara Install MongoDB di Manjaro Linux

Dalam postingan ini, saya akan membuat panduan tentang cara menginstall MongoDB di Manjaro Linux secara lengkap dengan gambar.

MongoDB adalah sistem database NoSQL yang cukup populer dan merupakan program database berorientasi dokumen dengan skema mirip JSON. Dengan MongoDB data kamu di simpan sebagai dokumen dengan format BSON pada koleksi database.

Sebelum mulai menginstall MongoDB pada Linux, setidaknya kamu sudah mempunyai pengetahuan dasar tentang Linux. Seperti, cara menggunakan shell, dan yang paling penting kamu meng-host website di VPS kamu sendiri.

Proses instalasi MongoDB cukup sederhana, pada VPS yang kamu gunakan jalankan sebagai “root”, atau kamu nantinya bisa menggunakan perintah “sudo” untuk mendapatkan hak akses root.

Pada panduan instalasi Mongodb di linux manjaro, saya menggunakan sistem operasi Linux Manjaro 21 (Ornara).

Install MongoDB di Manjaro Linux

  1. Sebelum proses instalasi mongodb, jalankan perintah berikut untuk memperbarui sistem dan mensikronisasi ulang repositori.
    sudo pamac update

    Pamac Update Sistem

  2. Selanjutnya aktifkan paket Arch Linux. Buka software manager seperti Add/Remove Software > Preferences > Third Party.Repositori AUR
  3. Install MongoDB di Manjaro Linux menggunakan perintah berikut.
    sudo pamac build mongodb-bin mongodb-tools-bin

    Install MongoDB

  4. Setelah berhasil di install, mulai layanan dan aktifkan MongoDB.
    sudo systemctl start mongodb
    sudo systemctl enable mongodb

    Jalankan mongodb

  5. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan MongoDB di Manjaro Linux, untuk menjalankan program masukkan perintah berikut di terminal.
    mongo

    Perintah di atas akan memulai shell mongo. Silahkan periksa manual dari website resmi mongodb untuk informasi terperinci tentang pertanyaan dan opsi yang tersedia.

Sekarang kamu telah berhasil menginstall MongoDB di Linux Manjaro. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara install docker container di manjaro linux.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya

Avatar Staf Editor

Penulis: Staf Editor

Admin dan merupakan pendiri tunggal dari website nulis.net, yang memiliki keingin agar website ini dapat dikenal banyak orang senantiasa membantu dalam hal apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *