Cara Install Tor Browser di Manjaro Linux

Cara Install Tor Browser di Manjaro Linux Panduan Lengkap

Jika kamu sangat ketat dalam hal menjaga privasi di internet, menggunakan Tor Browser adalah cara yang harus kamu lakukan.

Dengan menggunakan Tor Browser, kamu dapat membagi lalu lintas melalui beberapa node, sebelum akhirnya dapat mencapai server tujuan. Ini artinya tidak mungkin bagi otoritas pemantau untuk melacak aktivitas online kamu.

Tor adalah program sumber terbuka dan tersedia untuk semua platform utama termasuk Linux.

Meskipun menginstal Tor Browser pada komputer Windows adalah hal yang mudah, tetapi menginstal pada komputer Linux akan sedikit membingungkan bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan OS Linux.

Tor Browser tidak tersedia di repositori resmi Linux apapun, yang berarti kamu harus melakukan sideload installer dari situs resmi, dan kemudian melanjutkan dengan menginstalnya pada komputer linux kamu.

Proses instalasi Tor Browser hampir sama untuk semua distribusi Linux, tetapi pada panduan ini saya akan membahas cara memasang Tor Browser pada Manjaro Linux.

Download dan Install Tor Browser di Manjaro Linux

  1. Langkah pertama adalah kamu harus mengunduh Tor Browser dari situs resminya. Pilih untuk linux disini yang ber-logo pinguin.Pilih Untuk Linux
  2. Setelah proses unduhan selesai, kamu harus membuka terminal. Kemudian navigasikan ke direktori tempat kamu menyimpan file hasil unduhan Tor Browser.Navigasi ke direktori unduhan
  3. Ketik perintah berikut untuk mengekstrak file Tor Browser hasil unduh. Ingat untuk mengganti nama file sesuai dengan yang kamu unduh barusan.
    tar xf tor-browser-linux64-10.5.4_en-US.tar.xz

    Ekstrak file

  4. Proses ekstrak tidak akan memakan waktu lama, dan setelah selesai coba buka folder tempat kamu menyimpan file hasil unduhan Tor Browser, dengan menggunakan pengelola file.Buka folder hasil ekstrak
  5. Sekarang kamu akan melihat direktori bernama “tor-browser_en-US”. Buka direktori tersebut dan kamu akan menukan file yang bernama “start-tor-browser.desktop”.Buka Direktori
  6. Klik file dua kali untuk menjalankan Tor Browser di komputer Linux kamu. Ikon akan berubah setelah kamu klik pada file.
  7. Setelah Tor Browser terbuka, kamu harus membuat koneksi dengan mengklik “Connect”. Pada bagian “Always Connect Automaticaly” terserah kamu mau dicentang atau tidak, kalau saya sarankan di centang saja.Koneksikan Tor Browser
  8. Ini akan memakan waktu beberapa saat untuk membuat koneksi, dan setelah koneksi berhasil. Kamu sudah bisa menggunakan Tor Browser untuk menggunakan internet secara anonim sepenuhnya.Tampilan Tor Browser

Seperti itulah cara menginstal Tor Browser di Manjaro Linux. Kamu dapat memasang Tor Browser ini di linux lainnya seperti CentOS, Ubuntu, Fedora, Debian dan caranya tetap sama seperti di atas.

Jadi itu saja panduan tentang cara memasang Tor Browser di komputer Linux Manjaro. Jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan dibawah.

Artikel Menarik Lainnya

Avatar Staf Editor

Penulis: Staf Editor

Admin dan merupakan pendiri tunggal dari website nulis.net, yang memiliki keingin agar website ini dapat dikenal banyak orang senantiasa membantu dalam hal apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *