Cara Install VirtualBox di Manjaro Linux

Cara Install VirtualBox di Manjaro Linux

VirtualBox adalah alat virtualisasi lintas platform gratis dan open source yang di kembangkan oleh Oracle.

Dengan menggunakan alat ini, memungkinkan pengguna untuk membuat mesih virtual dan mencoba sistem operasi yang berbeda dalam suatu host.

Sangat mudah untuk di install dan di gunakan, dengan VirtualBox kamu dapat membuat mesin virtual sendiri, menetapkan sumber daya seperti CPU dan RAM.

Dalam postingan kali ini saya akan menunjukkan cara install VirtualBox di Manjaro Linux dan ekstensinya panduan lengkap dengan gambar. Kamu juga bisa melihat postingan kami sebelumnya tentang cara install VMware Workstation di Manjaro Linux.

Untuk menginstall VirtualBox dapat menggunakan 2 cara. Yaitu, dengan paket manager Add/Remove Software atau Perintah Terminal.

Install VirtualBox di Manjaro Linux Terbaru

Untuk menginstall virtualbox kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 : Install Melalui Perintah Terminal

Ingat VirtualBox adalah alat gratis dan sumber terbuka, jadi kamu bisa langsung menginstallnya dari repositori resmi Arch Linux tanpa harus menambahkan repositori baru lagi.

Cukup jalankan perintah berikut ini diterminal untuk menginstall VirtualBox:

Install VirtualBox

Pada titik ini, virtualbox sudah berhasil di install pada sistem Manjaro Linux kamu. Namun, kita perlu menginstal paket ekstensi VirtualBox untuk mengaktifkan fitur VirtualBox USB 2.0 dan 3.0.

Dengan mengaktifkan fitur ini, memungkinkan mesin virtual untuk dapat mendeteksi dan bekerja dengan USB flash drive yang di masukkan ke dalam sistem host.

Langkah 2 : Install Paket Ekstensi VirtualBox

Untuk menginstall paket ekstensi VirtualBox, kamu perlu memperbarui sistem terlebih dahulu menggunakan manajer paket Yay seperti berikut. Kamu juga bisa melihat postingan kami sebelumnya tentang Cara Memasang Yay AUR Helper di Arch Linux dan Manjaro

Update paket manjaro

Selanjutnya, instal paket ekstensi VirtualBox menggunakan perintah:

Install Ekstensi VirtualBox

Jika muncul seperti di atas pilih saja N (None).

Kamu juga perlu untuk mengaktifkan vboxweb untuk menjalankan virtualbox saat booting dan memulai layanan.

Aktifkan Servis VirtualBox

Langkah 3 : Jalankan VirtualBox di Manjaro Linux

Untuk menjalankan VirtualBox, kamu bisa menggunakan menu aplikasi. Pada bilah pencarian ketik virtualbox.

VirtualBox

Untuk mengkonfirmasi bahwa paket ekstensi telah berhasil di install. Klik pada Preference. Kamu juga bisa menggunakan pintasan keyboard CTRL + G.

Pada jendela yang muncul kamu klik Extensions. Di panel kanan, nama dan versi dari paket ekstensi akan ditampilkan.

Preference Window

Seperti itulah cara memasang VirtualBox di Manjaro Linux panduan lengkap dengan gambar. Jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

23 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *