Cara Install Wine di Manjaro Linux Panduan Lengkap!

Cara Instal Wine di Manjaro Linux Panduan Lengkap

Jika kamu ingin menjalankan aplikasi Windows pada sistem operasi Linux, kamu bisa menggunakan program yang bernama Wine.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak perangkat lunak Windows yang tidak tersedia untuk sistem Linux. Jadi, jika seseorang ingin menjalankannya, dia bisa menggunakan bantuan dari perangkat lunak Wine ini.

Wine sendiri adalah lingkungan runtime Windows untuk Linux yang mendukung Direct3D 11 dengan AMD dan GPU intel sebagai standar.

Dengan Wine, kita dapat menjalankan berbagai program GUI Windows di sistem Linux. Wine menggunakan kernel linux dan antarmuka pengguna grafis sehingga program tampak dijalankan secara asli di Linux.

Oleh karena itu jika kamu ingin menginstall Wine pada Linux Manjaro dan sistem linux berbasis Arch lainnya, kamu bisa menyimak caranya dibawah.

Cara Instal Wine di Manjaro Linux

Langkah 1 : Jalankan Pembaruan Sistem

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menginstal wine pada linux manjaro adalah melakukan pembaruan sistem, hal ini berfungsi juga untuk menyinkronkan repositori sehingga sistem dapat mengenali jika ada perubahan pada sumbernya. Jalankan perintah berikut pada terminal.

Update sistem manjaro

Langkah 2 : Instal Wine di Manjaro Linux langsung dari repositori

Kita tidak perlu menambahkan repositori apapun karena semua paket yang kita butuhkan untuk instalasinya sudah tersedia pada repositori resmi dari Arch Linux. Jadi, cukup jalankan perintah dibawah ini untuk proses instalasi Wine pada linux Manjaro.

Proses instalasi Wine di Linux Manjaro

Jika kamu ingin antarmuka GUI untuk menginstal berbagai paket yang dibutuhkan oleh Wine saat sedang menjalankan aplikasi Windows, kamu bisa menggunakan winetricks.

Instal Winetricks
Untuk aplikasi Windows yang membutuhkan .NET dan HTML, install dua paket ini.

Install Wine MONO

Khusus untuk pengembang atau penguji – Mereka yang menginginkan pembaruan beta atau dalam tahap pengembangan, dapat menggunakan Wine versi beta. Namun terlepas dari pembaruan terbaru, versi beta ini lebih tidak stabil dan masih sangat banyak bug.

Langkah 3 : Setel Wine Prefix ke 32-Bit

Secara default Wine diatur ke 64-bit, namun ada banyak aplikasi Windows yang hanya berjalan di sistem 32-bit. Jadi untuk mengubahnya, kita bisa menggunakan Wine Tricks atau baris perintah. Jadi mari kita bahas satu per satu.

Menggunakan GUI :

  1. Buka menu aplikasi dan cari Winetricks.
  2. Setelah jendela terbuka kamu pilih “Create new wineprefix” klik OK.Winetricks GUI
  3. Akan muncul jendela baru, pilih 32bit dan beri nama jendela yang muncul.Pilih 32bit
  4. Setelah selesai, kamu dapat membuka winecfg atau program lain yang kamu inginkan.

Menggunakan Baris Perintah :

Untuk mengubah ke 64-bit cukup ubah 32 pada perintah di atas menjadi 64.

Langkah 4 : Konfigurasi Wine

Dengan menggunakan perintah winecfg, kamu dapat menjalankan jendela Konfigurasi Wine. Dimana memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai pengaturan mulai dari Drive, versi Windows, grafik, dll.

Winecfg

Langkah 5 : Memasang program Windows di Manjaro Linux Menggunakan Wine

Untuk menginstal aplikasi Windows, caranya cukup mudah. Setelah kamu berhasil mengunduh perangkat lunak, klik kanan pada file hasil unduh dan pilih “Open with Wine Windows Program Loader”.

Buka Dengan

Dan jika kamu ingin menggunakan baris perintah maka sintaksnya adalah :

Misalnya kamu ingin menginstall driver printer di folder Downloads makan perintahnya seperti berikut:

Seperti itulah cara menginstall Wine di Linux Manjaro panduan lengkap dengan gambar. Jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan dibawah.

26 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *