Cara Install XAMPP di Linux Manjaro Panduan Lengkap!

Cara Menginstall XAMPP di Linux Manjaro

Sebelum memulai proses install XAMPP pada linux Manjaro, sebenarnya ada beberapa pilihan bagi pengguna linux yang bisa kamu pertimbangkan.

Yaitu kamu bisa menggunakan LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP/Perl/Python) atau dengan menginstal paket-paket yang dibutuhkan secara terpisah, mengingat LAMP dan XAMPP secara umum adalah kumpulan dari beberapa paket aplikasi yang sama.

Metode Instalasi XAMPP di Linux Manjaro

Instalasi XAMPP pada linux manjaro dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu.

  1. Melalui paket manager, pada manjaro dan distro linux berbasis Arch lainnya kamu dapat menggunakan pamac dengan mengambil paket dari AUR. Metode ini sangat muda digunakan tetapi membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  2. Instal manual, instalasi dilakukan setelah kamu mendownload file XAMPP pada website resminya, kemudian dijalankan melalui terminal.

Pada tutorial ini saya akan menggunakan cara instalasi nomor 2, untuk proses instalasi ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 : Kunjungi website resmi XAMPP ini untuk membuka halaman unduhan, gulir kebawah ke bagian XAMPP for Linux, pilih versi berapa pun yang kamu inginkan.

XAMPP For linux

Langkah 2 : Buka terminal dan masuk ke direktori dimana file hasil unduhan kamu simpan. Misal, saya menyimpannya pada direktori Downloads.

Masuk ke direktori Downloads

Langkah 3 : Masukkan perintah berikut ini untuk merubah izin file XAMPP agar instalasi dapat dijalankan.

Ubah izin file

Catatan : Sesuaikan nama file sama seperti yang kamu unduh.

Langkah 4 : Jalankan file dengan menggunakan perintah berikut (ganti nama sesuai yang kamu unduh).

Jalankan instalasi

Langkah 5 : Selanjutnya akan muncul jendela instalasi. Ikuti panduan untuk proses instalasi ini.

Proses instalasi

Proses instalasi

Proses instalasi selesai

Jika kamu memilih opsi “Launch XAMPP”, maka setelah kamu menekan tombol finish akan muncul panel menu dari XAMPP.

Panel XAMPP

Langkah 6 : Buka browser dan ketik localhost, kalau berhasil maka tampilannya akan seperti berikut.

Tampilan XAMPP

Jika pada XAMPP panel kamu melihat ke tab manage servers, maka secara default database MySQL dalam keadaan tidak diaktifkan.

Database MySQL

Sehingga untuk bisa menggunakannya maka harus dijalankan dulu dari panel atau bisa juga menggunakan terminal, agar tidak memunculkan halaman error.

Halaman Error MySQL

Setelah database MySQL dijalankan, kamu akan bisa mengakses phpmyadmin dan tampilannya seperti berikut.

Halaman phpmyadmin

Cara Menggunakan XAMPP di Linux Manjaro

Secara default XAMPP yang sudah terinstall akan berada pada direktori /opt/lampp sehingga semua aktifitas konfigurasi lebih lanjut dapat dilakukan disana.

Contohnya jika kamu ingin membuat sebuah halaman web untuk dikembangkan menjadi website, blog, aplikasi atau yang lainnya. Maka file-file tersebut dapat kamu letakkan di direktori /opt/lampp/htdocs/.

Sedangkan untuk mengaktifkan layanan XAMPP kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu:

  1. Melalui terminal,¬†menggunakan perintah lampp, misal dengan mengetikkan sudo /opt/lampp/lampp start untuk menjalankan layanan XAMPP. Ganti kata “start” dengan “stop” untuk menghentikan layanan.Jalankan layanan xamppUntuk melihat konfigurasi lainnya dapat kamu lihat dengan mengetikkan sudo /opt/lampp/lampp.Perintah xampp lainnya
  2. Melalui XAMPP Panel, sejak xampp versi 1.8.2 untuk linux dan MacOS diluncurkan, panel menu berbasis grafis telah ditambahkan sebagai fitur baru sehingga pengguna tidak harus mengunakan terminal untuk mengkonfigurasi layanan XAMPP. Untuk menjalankan XAMPP panel GUI kamu masih harus menggunakan terminal, untuk menjalankannya ketik :


    Jalankan XAMPP dengan terminal

Sekian tentang cara menginstall XAMPP di linux Manajaro, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Atau kamu kamu juga bisa mengunjungi website resmi Arch Linux.

29 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *