Cara Melihat Ranking Artikel Website

Cara Melihat Ranking Artikel Website di Google

Apakah kamu ingin melihat postingan website sudah di beri peringkat untuk keyword yang tepat atau tidak? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Kebanyakan pengguna baru secara manual mencari peringkat untuk artikel mereka dengan cara mengetikkan kata kunci di Google. Hal ini tidak akan memberi gambaran akurat tentang di mana ranking artikel untuk kata kunci yang di targetkan.

Pada artikel ini, kami akan membuat panduan cara cek ranking postingan blog WordPress apakah sudah berada di kata kunci yang tepat.

Kenapa Kamu Perlu Melihat Ranking Postingan Website

Jika kamu mengikuti panduan SEO, maka kamu akan belajar juga cara mengoptimasi artikel di website untuk kata kunci yang sudah di targetkan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke website.

Kebanyakan orang yang baru bermain di dunia blogger mencari postingan mereka di Google dengan cara mengetikkan keyword target secara manual. Tidak sampai disitu, mereka juga biasanya hanya memeriksa halaman pertama atau kedua tanpa melihat halaman berikutnya.

Masalahnya adalah terkadang artikel kamu mungkin berada jauh di halaman lainnya, atau lebih parah lagi artikel tersebut tidak ada di peringkat untuk kata kunci yang di inginkan.

Masalah lain dari melihat ranking secara manual adalah kamu bisa kehilangan informasi berguna yang dapat di gunakan untuk meningkatkan peringkat SEO dan lalu lintas.

Oleh karena itu, mari kita lihat cara mengetahui peringkat kata kunci dengan benar untuk postingan blog.

Metode 1: Cek Ranking Menggunakan SEMRush

SEMRush

SEMRush adalah salah satu alat SEO yang paling populer. Kamu dapat melihat statistik kata kunci dan rangkaian SEO lainnya menggunakan alat ini.

Ada juga tool organic research yang powerful dengan menunjukkan peringkat kata kunci untuk domain apa pun. Sehingga kamu tidak perlu mengetikkan setiap URL artikel untuk melihat hasil analisa dari domain tersebut.

SEMRush Position

Cukup masukkan nama domain yang ingin kamu cari dan SEMRush akan menampilkan banyak informasi mengenai domain tersebut. Sekarang, pada menu samping klik Organic Research untuk melihat daftar lengkap semua keyword dan peringkat artikel.

Jika berlangganan paket Pro kamu dapat mengurutkan hasil berdasarkan posisi, URL, traffic, dan lainnya. Atau mengekspor hasilnya ke file CSV yang dapat di buka menggunakan program Microsoft Office Excel untuk meneliti secara offline.

Bahkan kamu dapat melacak keyword tertentu dengan SEMRush, dan mereka akan melacak keyword tersebut di dashboard kamu, sehingga kamu bisa langsung melihat kinerjanya.

Kamu dapat menggunakan alat ini untuk melihat kata kunci pesaing yang mendapatkan ranking, melihat lalu lintas berbayar, keyword berbayar, dan informasi berguna lainnya yang dapat di gunakan untuk mengungguli mereka.

Metode 2: Cek Ranking Menggunakan Google Search Console

Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang di tawarkan oleh Google untuk membantu para pemilik website meningkatkan situs mereka di hasil pencarian.

Menggunakan alat ini kamu dapat memantau kinerja website di hasil pencarian, tayangan, rasio klik tayang, posisi, dan lainnya. Kamu juga bisa mengirimkan peta situs XML yang membantu Google untuk merayapi situs dengan lebih cepat.

Cara melihat posisi keyword, klik Performance lalu klik lagi Average position.

GSC Position

Search Console sekarang akan menampilkan laporan dengan menyertakan kolom average position. Selanjutnya, kamu perlu menggulir ke bawah untuk melihat daftar lengkap keyword organik artikel.

GSC Rata rata posisi

Di samping setiap kata kunci, kamu akan melihat berapa banyak total klik yang di dapat, tayangan, dan posisinya di hasil pencarian.

Kamu juga dapat mengurutkan hasil berdasarkan klik, tayangan, dan posisi. Dengan mengurutkannya menggunakan posisi, kamu bisa melihat kata kunci dengan peringkat teratas. Ketika di scroll ke bawah, kamu melihat kata kunci dengan posisi paling dalam.

Atau jika ingin, ekspor data ini dan buka menggunakan program office Excel.

Metode 3: Cek Ranking Menggunakan Ahrefs

Ahrefs

Ahrefs adalah alat SEO yang sangat populer di kalangan profesional. Hadir dengan antarmuka yang mudah di gunakan dan mencoba menampilkan informasi yang dapat dimengerti bahkan untuk pengguna baru.

Cukup masukkan nama domain website di kotak pencarian, dan ahrefs akan menampilkan laporan yang cukup rapih dan lengkap dengan grafik dan bagan.

Ahrefs Dashboard

Kamu bisa menemukan semua peringkat kata kunci di bagian Organic keywords pada menu kiri. Di samping setiap kata kunci, kamu akan melihat volume pencarian, keyword ranking position, keyword density, dan banyak lagi.

Ahrefts Organic Keyword

Menggunakan akun gratis kamu hanya bisa melakukan pengecekan pada domain yang terverifikasi. Jika ingin mengecek domain kompetitor dan fitur yang lebih banyak kamu harus berlangganan paket berbayar.

Kami harap artikel ini membantu kamu dalam memeriksa apakah postingan website mendapatkan peringkat untuk keyword yang di targetkan atau tidak.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

29 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *