Nulis Internet Cara Memantau Aktivitas Anak di Internet Dengan Google Family Link

Cara Memantau Aktivitas Anak di Internet Dengan Google Family Link

Google Family Link

Salah satu teknologi yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat saat ini adalah teknologi web dan mobile. Terutama kaum milenial yang aktif dalam menggunakan jejaring sosial dan aplikasi-aplikasi lain dalam beraktivitas sehari-hari, seperti aplikasi yang dimiliki oleh Google.

Google bisa dibilang merupakan raksasa teknologi dunia yang menjadi salah satu bagian penting dari masyarakat di era sekarang. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita menggunakan produk dan layanan dari Google seperti Gmail, Google Chrome, bahkan YouTube untuk mencari dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan.

Dengan akses yang sangat mudah membuat anak-anak tidak merasa kesulitan dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan Google. Maka dari itu, sangat penting untuk memantau aktivitas dan perilaku anak-anak di internet sehingga pihak Google berinisiatif menciptakan aplikasi yang bernama Google Family Link.

Apa itu Aplikasi Family Link dari Google?

Di zaman yang serba internet ini, tidak sedikit orang dewasa atau orang tua yang mengkhawatirkan kegiatan dan perilaku anak-anak mereka di internet. Menyadari hal tersebut, Google pun mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas anak-anak mereka saat berselancar internet. Aplikasi tersebut diberi nama Family Link.

Sebenarnya aplikasi Family Link sudah dirilis oleh Google sejak tahun 2018 untuk perangkat berbasis Android. Pembuatan aplikasi ini sendiri dilakukan setelah Google menerima banyak masukan dari orang tua yang menginginkan anak-anaknya mendapatkan pengalaman terbaik dari apa yang mereka lakukan ketika sedang bermain internet.

Manfaat dari Aplikasi Family Link

Fitur Aplikasi Family Link
Foto : nerdschalk

Aplikasi Family Link dapat digunakan untuk mengontrol penggunaan smartphone oleh anak-anak. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dapat digunakan untuk mengatur batas waktu layar (screen time) dan waktu tidur untuk anak.
  • Dapat digunakan untuk mengunci perangkat smartphone Android anak-anak saat waktunya istirahat.
  • Dapat menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin di download oleh anak mereka.
  • Terdapat laporan yang menunjukkan berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh anak-anak pada saat menggunakan aplikasi tertentu.
  • Dapat digunakan orang tua untuk melacak lokasi anak saat mereka membawa smartphone Android-nya kemana pun mereka pergi.

Cara Memantau Aktivitas Anak di Internet dengan Family Link

Cara menggunakan aplikasi Family Link untuk memantau aktivitas anak di internet caranya cukup mudah. Saat orang tua memberikan perangkat Android kepada anak mereka, download aplikasi Google Family Link di Play Store.

Selanjutnya buka aplikasi kemudian Google akan meminta untuk membuat akun baru menggunakan nama dan tanggal lahir anak. Apabila usia anak masih di bawah 13 tahun, maka orang tua harus memberikan persetujuan untuk membuat akun.

Setelah selesai membuat akun, secara otomatis aplikasi Google Family Link akan menghubungkan perangkat orang tua dan anak. Selanjutnya para orang tua bisa melakukan pengaturan dan memilih aplikasi yang diizinkan di perangkat Android si anak.

Nah, setelah semua pengaturan di perangkat anak selesai dilakukan, maka selanjutnya orang tua harus mendownload aplikasi Family Link di perangkat mereka sendiri. Dengan adanya aplikasi Google Family Link, tentu orang tua tidak perlu terlalu khawatir lagi kerena mereka bisa memantau aktivitas anak di internet.

9 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.