Nulis Internet Cara Memasang Microsoft Clarity di WordPress

Cara Memasang Microsoft Clarity di WordPress

Cara Memasang Microsoft Clarity di WordPress

Apakah anda ingin menggunakan Microsoft Clarity Analytics di situs WordPress?

Microsoft Clarity adalah alat analitik gratis yang membantu anda menganalisis bagaimana pengguna berinteraksi di website anda seperti pelacakan klik, gulir, dan peta panas (heatmaps).

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mudah menginstal Microsoft Clarity di WordPress secara terperinci.

Apa Itu Microsoft Clarity dan Mengapa Harus Menggunakannya?

Microsoft Clarity adalah alat analitik gratis untuk website namun tidak sama dengan Google Analytics. Alat ini dapat membantu anda melihat halaman paling populer yang ada pada situs dan bagaimana pengguna mengklik, menggulir, dan berinteraksi dengan halaman tersebut.

Fitur yang paling penting dari Microsoft Clarity ini adalah tentang visualisasi datanya. Ini termasuk pelacakan klik, laporan heatmaps, sesi rekaman, dan banyak lagi.

Heatmaps menunjukkan laporan visual tentang bagaimana pengguna menggerakkan mouse mereka, dimana mereka mengklik, memilih, atau menggulir.

Heatmaps menunjukkan interaksi di situs

Demikian pula, sesi rekaman membantu anda melihat bagaimana pengguna melihat konten anda, dimana mereka menghabiskan lebih banyak waktu, dan apa yang membuat mereka pergi dari situs anda.

Informasi ini membantu anda menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengguna anda, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan konversi penjualan.

Dashboard Analitycs Microsoft Clarity

Bahkan ada juga fitur Recording, dimana halaman situs anda direkam video dan menunjukkan semua aktifitas yang dilakukan pengguna di halaman tersebut.

Dari halaman Recordings ini anda dapat melihat visual preview-nya secara langsung beserta jumlah halaman yang tampil, durasi kunjungan, jumlah klik, perangkat yang digunakan, sistem operasi, dan asal negara pengunjung.

Tampilan visual halaman yang dikunjungi

Perbedaan Microsoft Clarity & Google Analytics

Google Analytics adalah solusi pelacakan terbaik saat ini karena menawarkan banyak fitur pelacakan yang lebih mendalam. Disisi lain Microsoft Clarity berfokus pada visualisasi interaksi pengguna dengan peta panas dan sesi rekaman.

Google Analytics membantu pengguna melacak hampir semua hal yang ada di website anda. Seperti halnya pelacakan untuk eCommerce, pelacakan konversi, laporan terperinci, dll.

Karena Microsoft Clarity ini adalah platform baru, jadi masih belum bisa dikatakan sebagai alternatif untuk Google Analytics yang memiliki fitur lebih unggul. Namun, anda dapat menggunakan Microsoft Clarity ini bersamaan dengan Google Analytics untuk memanfaatkan fitur peta panas dan sesi rekaman pengunjung karena Google belum menawarkan fitur tersebut.

Perlu anda ketahui, sebelum adanya Microsoft Clarity yang memiliki fitur peta panas ini, banyak pemilik website menggunakan alternatif berbayar seperti Hotjar atau CrazyEgg bersamaan Google Analytics. Tetapi untuk sekarang mereka memiliki alternatif gratis untuk alat tersebut.

Sebaiknya anda pasang Google Analytics di semua website terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa memasang Microsoft Clarity di WordPress yang akan kita bahas berikut ini.

Cara Menginstal Microsoft Clarity Analytics di WordPress

Sangat mudah untuk menambahkan Microsoft Clarity ke website mana pun termasuk situs berbasis WordPress milik anda. Tetapi sebelum itu, anda harus mendaftar ke Microsoft Clarity, lalu menambahkan kode pelacakan ke website.

Mendaftar ke Microsoft Clarity

Sekarang, anda harus mengunjungi situs resmi Microsoft Clarity dan mengklik tombol Sign up – it’s free!.

Untuk mendaftar, anda bisa menggunakan akun Microsoft, Facebook, dan Google.

Setelah berhasil mendaftar, anda akan melihat dashboard Clarity dengan popup yang meminta untuk menambahkan project baru.

Menyiapkan project baru di Microsoft Clarity

Setelah anda membuat project baru, project tersebut akan dicantumkan di dasbor anda.

Sekarang anda perlu mengkliknya untuk melihat kode pelacakan yang harus anda tambahkan ke situs WordPress.

Menyalin kode palacakan Clarity

Sebaiknya biarkan tab ini terbuka atau salin kode ke tempat yang aman. Anda akan membutuhkannya nanti dalam tutorial ini.

Menambahkan Kode Microsoft Clarity ke Situs WordPress

Kode pelacakan Microsoft Clarity harus ada di seluruh halaman yang ada pada situs WordPress. Untungnya, ada cara mudah dan aman untuk melakukannya tanpa mengedit file tema WordPress.

Pertama, anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin yang bernama Insert Headers and Footers.

Plugin ini memungkinkan anda untuk menambahkan skrip apapun ke header atau footer situs web secara langsung melalui dasbor admin situs.

Setelah plugin di aktivasi, buka Settings > Insert Headers and Footers dari menu samping area admin WordPress.

Sekarang, anda perlu menyalin dan menempelkan kode pelacakan Microsoft Clarity ke dalam kolom ‘Scripts in Header’.

Menambahkan Kode Pelacakan Clarity ke Situs

Jangan lupa mengklik tombol Save di bagian bawah untuk menyimpan pengaturan anda.

Sekarang plugin akan secara otomatis menambahkan kode analitik Microsoft Clarity ke semua halaman situs WordPress, sehingga anda dapat melacak seluruh aktivitas pengunjung situs web.

Jika anda menggunakan plugin caching WordPress, maka anda perlu mengosongkan cache-nya. Ini sangat penting di lakukan, karena jika tidak dikosongkan maka Microsoft tidak akan dapat memverifikasi situs anda selama beberapa saat.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara memasang Microsoft Clarity Analytics di WordPress. Jika anda memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

6 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.