Cara Memasang Plugin WordPress Panduan Lengkap

Cara Memasang Plugin WordPress Panduan Lengkap

Setelah kamu berhasil menginstal WordPress untuk pertama kali, hal selanjutnya yang harus kamu pelajari sebagai pemula adalah cara menginstal plugin WordPress.

Plugin ini adalah alat atau fitur portable yang dapat kamu pasang atau lepas sesukamu seperti kontak form, slide, table, dan banyak lagi.

Ada banyak sekali plugin yang dapat kamu gunakan ketika menggunakan WordPress, mulai dari yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Tetapi, kamu sebagai pengguna baru WordPress. Pasti belum tahu cara memasang plugin karena belum pernah sama sekali. Oleh sabab itu saya membuat panduan tentang cara memasang plugin WordPress secara rinci ini.

Hal Yang Perlu Kamu Tahu Ketika Menggunakan WordPress

Jika kamu menggunakan subdomain dari WordPress.com. Kamu tidak akan bisa untuk menginstal plugin.

Ada beberapa pengguna yang mengatakan mereka tidak dapat memasang plugin dan harus upgrade dulu ke paket bisnis. Itu terjadi jika kamu menggunkan WordPress.com gratis yang memiliki keterbatasan.

Tapi tidak dengan WordPress.org yang di hosting sendiri, kamu dapat menginstal plugin apapun yang kamu inginkan.

Pada panduan ini saya akan menggunakan situs pribadi yang di hosting sendiri.

Cara Memasang Plugin WordPress

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memasang plugin pada WordPress. Yaitu :

  1. Dengan mencarinya dari menu plugin yang terdapat di area admin.
  2. Mengunggah plugin ke WordPress.
  3. Menginstal plugin WordPress secara manual melalui cpanel hosting.

Mari kita bahas satu per satu metode di atas.

Metode 1 : Instal Plugin Menggunakan Pencarian Dari Area Admin

Cara termudah untuk menginstal plugin WordPress adalah dengan mencarinya dari menu Plugin yang tersedia di area admin. Akan tetapi yang dapat kamu temukan disini adalah plugin yang gratis dan memiliki fitur terbatas.

Untuk memasang plugin dengan cara ini, kamu bisa klik Plugins > Add New pada menu samping WordPress.

Buka halaman plugin

Cari plugin dengan mengetikkan nama plugin pada kolom pencarian. Setelah itu akan muncul banyak daftar seperti berikut:

Cari plugin dengan mengetikkan nama

Kamu dapat memasang plugin mana yang terbaik, atau berdasarkan rating dari masing-masing plugin. Di sini saya mencari plugin WPForm dan saya memilih berdasarkan rating paling banyak, kemudian klik Install Now.

WordPress akan mengunduh dan menginstal plugin secara otomatis. Setelah selesai, kamu akan melihat tombol Install Now berubah menjadi tombol Activate.

Klik activate untuk mengaktifkan plugin

Plugin WordPress memang sudah terinstal pada situs kamu, tetapi plugin tidak berfungsi kecuali kamu mengaktifkannya. Jadi silahkan tekan tombol Activate untuk mulai menggunakan plugin.

Metode 2 : Instal Plugin Dengan Mengunggahnya ke WordPress

Plugin WordPress yang berbayar memang tidak tersedia dalam direktori plugin WordPress. Jadi sudah dipastikan metode pertama tidak akan bisa digunakan.

Itu sebabnya WordPress hadir dengan fitur Upload Plugin untuk memasang plugin tersebut.

Pada metode ke dua ini saya akan menunjukkan cara upload plugin di area admin WordPress.

Pastikan kamu sudah memiliki plugin yang akan kamu unggah dan plugin harus dalam bentuk file ZIP. Selanjutnya, kamu buka Plugins > Add New.

Upload plugin

Setelah itu akan muncul kotak unggahan plugin. Di sini kamu klik tombol Choose File dan arahkan ke tempat di mana kamu menyimpan plugin yang akan di unggah.

Pilih plugin yang akan diunggah

Setelah ketemu, pasang plugin dengan klik tombol Install Now.

WordPress akan mengunggah file plugin dan menginstalnya pada website kamu. Setelah proses selesai dan melihat pesan sukses, klik tombol Activate Plugin untuk mulai menggunakan.

Aktifkan plugin

Metode 3 : Instal Plugin Secara Manual Melalui Cpanel

Mungkin ini adalah hal yang jarang terjadi, seperti penyedia hosting yang memiliki batasan file yang dapat membatasi kemampuan untuk memasang plugin dari area admin WordPress.

Dalam situasi ini, cara terbaik yang harus kamu lakukan adalah memasang plugin secara manual melalui Cpanel hosting.

Silahkan masuk ke akun Cpanel kamu, kemudian buka Pengelola File.Buka Pengelola File

Secara default penginstalan WordPress yang kamu lakukan sebelumnya berada pada folder public_html. Jadi arahkan ke public_html > wp-content > plugins. Kemudian klik Unggah pada menu bagian atas.

Info : Karena pada panduan ini saya menggunakan subdomain, maka file instalasi WordPress berada pada folder demo.nulis.net.

Unggah plugin

Akan terbuka tab baru, klik Select File untuk mencari plugin berekstensi zip yang sudah kamu siapkan. Kamu juga bisa menyeret dan melepaskan plugin ke halaman ini.

Proses upload akan berjalan otomatis setelah kamu memilih plugin, jika instalasi berhasil akan muncul warna hijau seperti berikut.

Pilih file plugin

Kamu bisa menutup halaman unggahan dan membuka halaman sebelumnya dengan menekan Go Back to di bagian bawah.

Muncul file plugin zip yang barusan kamu unggah. Di sini kamu masih harus mengekstrak file zip agar plugin dapat digunakan.

Klik kanan pada file zip atau kamu bisa menggunakan Ekstrak pada menu bagian atas Pengelola File. Jika muncul pop up klik Ekstrak File untuk mengkonfirmasi.

Ekstrak plugin

Setelah pengunggahan dan proses ektrak file, kamu perlu pergi ke area admin WordPress dan cek pada Plugins dari menu samping. Kamu akan melihat plugin yang sebelumnya di unggah telah berhasil di pasang.

Klik Activate di bagian bawah nama plugin untuk dapat menggunakannya.

Plugin Berhasil Terpasang

Seperti itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memasang plugin pada WordPress. Jika masih tidak paham dengan cara di atas, kamu bisa meninggalkan komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya

Avatar Staf Editor

Penulis: Staf Editor

Admin dan merupakan pendiri tunggal dari website nulis.net, yang memiliki keingin agar website ini dapat dikenal banyak orang senantiasa membantu dalam hal apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *