Nulis Internet Cara Membatasi Nama Pengguna dan Email di WordPress

Cara Membatasi Nama Pengguna dan Email di WordPress

Cara Membatasi Nama Pengguna dan Email di WordPress

Apakah anda sedang mencari cara untuk mencegah pengguna menggunakan username tertentu di WordPress?

Jika anda mengizinkan orang untuk mendaftar ke website, maka selalu ada resiko bahwa orang lain mungkin mendaftarkan nama pengguna yang mengandung bahasa kotor, atau tidak pantas lainnya.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara membatasi nama pengguna di WordPress.

Mengapa Perlu Membatasi Nama Pengguna di WordPress

Saat menjalankan website keanggotaan atau website komunitas berbasis WordPress, anda harus mengizinkan orang lain mendaftar. Saat anda melakukan hal tersebut, pengguna baru dapat menggunakan username dan email apa pun saat mereka mendaftar.

Tentu itu bukanlah masalah, namun jika mereka membuat nama pengguna atau alamat email yang dapat mengarah ke resiko keamanan website itu sangat dilarang.

Itulah mengapa anda perlu mengambil tindakan untuk membatasi pelanggan menggunakan kata-kata tertentu dalam nama pengguna dan alamat email mereka. Ini dapat mencegah penggunaan bahasa kotor dan membantu menjaga standar di forum dan komunitas yang anda bangun.

Sekarang mari kita lihat bagaimana anda dapat membatasi nama pengguna di WordPress.

Memabatasi Nama Pengguna di WordPress

Cara terbaik untuk mencegah penggunaan kata dan frasa tertentu dalam nama pengguna adalah dengan menggunakan plugin Restrict Usernames Emails Characters.

Ini adalah plugin WordPress gratis yang memungkinkan anda untuk membatasi nama pengguna tertentu, alamat email, simbol, nama domain, dan banyak lagi. Plugin ini bahkan memiliki opsi untuk mengizinkan penggunaan bahasa tertentu, seperti Latin, Arab, atau bahasa lainnya.

Sekarang yang harus anda lakukan pertama kali adalah, menginstal dan mengaktifkan plugin Restrict Usernames Emails Characters.

Setelah di aktivasi, anda dapat membuka menu Settings > Restrict Usernames Emails Characters dari dasbor admin WordPress. Di bagian tab ‘General Settings’ pastikan plugin sudah diaktikan.

Pastikan plugin diaktifkan

Setelah itu, anda dapat menggulir ke bawah pada bagian ‘Not allow these names’ dan masukkan kata atau frasa untuk membatasi penggunaannya dalam nama pengguna

Ada juga opsi untuk ‘make lowercase equal uppercase’. Secara default, ini akan diaktifkan, tetapi anda dapat menonaktifkannya dari menu drop-down.

Masukkan kata untuk membatasi username

Anda juga dapat mencegah pengguna untuk menggunakan alamat email tertentu dari sini.

Di bagian ‘Not allow these mails’, cukup masukkan alamat email yang dikecualikan sehingga pengguna tidak dapat mendaftar menggunakan email tersebut. Fitur ini sangat membantu untuk menyaring email spam, sehingga memaksa mereka untuk menggunakan alamat email yang sebenarnya.

Tidak mengizinkan email tertentu

Selain itu, plugin ini juga memiliki banyak pengaturan opsional yang dapat anda gunakan untuk menyesuaikan batasan pada nama pengguna dan alamat email.

Misalnya saja, anda dapat mencegah penggunaan domain email tertentu, membatasi nama pengguna yang mengandung kata-kata tertentu, menghindari penggunaan karakter dan simbol yang diizinkan WordPress, dan mengizinkan karakter khusus.

Bahkan ada opsi untuk membatasi penggunaan spasi di username, tidak mengizinkan pengguna hanya menggunakan angka di username, tidak memperbolehkan huruf besar pada username, dan banyak lagi.

Mencegah spasi di username dan lainnya

Jika sudah, jangan lupa mengklik tombol Save Changes.

Selanjutnya, anda dapat beralih ke tab ‘Error Messages’.

Plugin sudah memiliki kolom sendiri untuk menampilkan pesan kesalahan pada situasi yang berbeda secara default. Pada halaman ini anda dapat menyesuaikan pesan kesalahan tersebut.

Edit pesan kesalahan

Sekarang, jika seseorang mencoba memasukkan nama pengguna dan alamat email yang dikecualikan saat mendaftar ke website, maka mereka akan melihat pesan kesalahan yang sudah anda tentukan dan harus memilih nama pengguna dan email yang lain.

Berikut ini adalah tampilan dari website demo kami ketika mencoba mendaftar menggunakan nama pengguna dan alamat email yang dikecualikan.

Pesan kesalahan ketika menggunakan kata yang dilarang

Kami harap artikel ini membantu anda mempalajari cara membatasi nama pengguna di WordPress. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

7 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.