Nulis Internet Cara Membuat Postingan Custom di WordPress

Cara Membuat Postingan Custom di WordPress

Cara Membuat Jenis Postingan Custom di WordPress

Jika ingin membuat jenis postingan custom di WordPress, sekarang kamu berada di halaman yang tepat.

Dengan adanya fitur yang membuat pengguna bisa menambahkan jenis postingan custom, membuat platform WordPress menjadi content managemen system (CMS) paling powerful.

Pada dasarnya kamu bisa membuat dua jenis postingan yaitu post dan halaman, tetapi tidak terbatas sampai di sini, kamu masih bisa menambahkan jenis postingan lain.

Ini sangat cocok jika kamu bertujuan untuk membuat platform blogging yang lebih besar, sehingga lebih mudah dalam mengelompokkan konten.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara membuat jenis postingan custom di WordPress. Nantinya panduan ini akan menggunakan dua metode, dimulai dari yang pertama dan paling mudah yaitu menggunakan plugin gratis atau yang kedua menggunakan cuplikan kode.

Penjelasan Postingan Custom di WordPress

Postingan custom adalah jenis konten yang memliki sifat seperti halaman dan postingan pada umumnya. Fitur ini ada semenjak WordPress berevolusi dari platform blogging sederhana menjadi CMS yang lebih lengkap.

Secara default, WordPress hadir dengan jenis postingan bawaan seperti.

  • Post
  • Halaman
  • Lampiran
  • Revisi
  • Menu navigasi

Tapi tidak hanya sebatas itu, kamu masih bisa membuat jenis postingan yang lain dan menyesuaikannya dengan yang kamu inginkan.

Seperti, ketika kamu membuat toko online menggunakan WordPress. Postingan produk akan dibuat terpisah dari postingan blog artikel. Dengan begitu bisa membuat kamu menjadi lebih mudah dalam mengatur konten website.

Cara Membuat Jenis Postingan Baru di WordPress

Seperti yang sudah saya katakan di atas, dalam membuat jenis postingan di WordPress dapat menggunakan dua cara, mari kita mulai dari yang paling mudah.

Metode 1: Membuat Jenis Postingan di WordPress Dengan Plugin

Cara ini sangat mudah bahkan untuk pemula yang baru pertama kali menggunakan WordPress.

Hal yang harus kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Custom Post Type UI. Untuk lebih detailnya lihat panduan kami tentang cara memasang plugin di WordPress.

Setelah plugin di aktivasi, pada panel sebelah kiri area admin akan muncul menu baru bernama CPT UI. Sekarang klik CPT UI > Add/Edit Post Types untuk membuat jenis postingan baru.

Tambah Post Type

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengisi slug atau tautan untuk jenis postingan custom yang kamu buat.

Pada kolom di bawahnya, kamu bisa memberikan nama yang sesuai dan hanya satu kata semisal “Movies”.

Selanjutnya pada bagian “Populate additional labels based on chosen labels” ketika di klik secara otomatis kolom yang berada di bagian bawah akan terisi. Ini merupakan langkah opsional bisa kamu lewati.

Kemudian kamu scroll ke bawah pada bagian “Additional labels”, disini kamu bisa mengisi deskripsi untuk jenis postingan baru dan menentukan nama dari masing-masing label.

CPT UI Movies

Nantinya label akan digunakan di seluruh antarmuka pengguna WordPress saat mengelola konten dalam jenis postingan custom.

Jika kamu scoll lagi, akan ada bagian Settings. Dari sini kamu dapat mengatur atribut yang berbeda untuk jenis postingan. Setiap atribut memiliki deskripsi sehingga sangat mudah untuk mengaturnya.

Settings Atribut Menu

Pada bagian Supports, kamu bisa memilih fitur pengeditan mana yang akan didukung oleh jenis postingan custom yang kamu buat sekarang.

Tentukan Fitur Yang Kamu Pilih

Setelah selesai membuat pengaturan, klik Add Post Type untuk menyimpan dan membuat postingan custom kamu.

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat jenis postingan custom. Sekarang kamu sudah bisa membuat konten baru dengan menu postingan yang kamu buat.

Metode 2: Membuat Jenis Postingan Baru di WordPress Tanpa Plugin

Masalah yang muncul ketika kamu membuat jenis postingan custom baru menggunakan plugin adalah ketika di nonaktifkan maka data yang kamu buat tidak akan muncul di area admin dan postingan tidak dapat diakses.

Jika kamu tidak ingin menginstal plugin lain karena dapat membebani server, maka cara ini bisa kamu gunakan. Cukup dengan menambahkan kode ke file functions.php tema dan begitu saja sudah selesai.

Pertama, saya akan menunjukkan kepada kamu contoh cepat dan berfungsi sehingga kamu dapat memahami cara kerjanya. Lihat kode berikut ini:

Yang dilakukan kode di atas adalah mendaftarkan jenis postingan “movies” dengan array argumen. Argumen ini adalah opsi dari jenis postingan baru yang di buat.

Array ini memiliki dua bagian, bagian pertama diberi label, yang merupakan array. Bagian kedua berisi argumen lain seperti visibilitas publik, memiliki arsip, slug, dan show_in_rest yang memungkinkan dukungan blok editor.

Sekarang mari kita lihat kode terperinci yang menambahkan lebih banyak opsi ke jenis postingan custom.

Seperti yang terlihat, kode di atas akan menambahkan lebih banyak opsi ke jenis postingan yang kamu buat. Ini akan menambahkan lebih banyak fitur seperti dukungan dengan revisi, gambar unggulan, bidang khusus, dan banyak lagi.

Kode di atas juga mengaitkan jenis postingan custom dengan taksonomi khusus bernama genres.

Kamu mungkin bisa menemukan bagian di mana kami telah menetapkan nilai hierarki menjadi false. Jika kamu ingin post type ini berfungsi seperti halaman, maka kamu dapat menyetel nilai ke true.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan kata twentytwenty yang berulang, ini disebut dengan Text Domain. Jika tema kamu siap diterjemahkan, dan ingin jenis postingan custom kamu diterjemahkan, maka perlu menyebutkan Text Domain yang digunakan oleh tema kamu.

Text Domain ini dapat ditemukan dalam file style.css tema WordPress. Berikut adalah contohnya.

Melihat Text Domain Tema

Menampilkan Postingan Custom di WordPress

WordPress hadir dengan dukungan bawaan untuk menampilkan jenis postingan custom. Setelah menambahkan beberapa item ke dalam jenis postingan custom baru kamu, sekarang waktunya untuk menampilkan di website.

Ada beberepa metode yang dapat kamu gunakan, masing-masing memiliki manfaatnya sendiri.

Menampilkan Postingan Custom Menggunakan Template Arsip Default

Pertama, buka menu Appearance > Menus dan menambahkan tautan khusus ke menu kamu. Tautan ini adalah tautan yang mengarah ke posting custom yang kamu buat.

Buat Tautan Khsus

Jika kamu menggunakan permalink yang SEO friendly, maka URL CPT kamu kemungkinan akan seperti berikut:

Jika kamu tidak menggunakan permalink yang SEO friendly, maka URL postingan custom kamu akan menjadi seperti ini:

Jangan lupa untuk mengganti domain.com dengan nama domain kamu sendiri dan Movies sesuai jenis postingan yang kamu buat.

Kemudian simpan menu, dan kunjungi website kamu. Sekarang kamu akan melihat menu baru yang barusan di tambahkan, ketika kamu klik akan menampilkan halaman arsip custom post yang baru di buat dengan template archive.php default.

Menggunakan Template Custom untuk Arsip CPT dan Entri Tunggal

Jika ingin membuat tampilan arsip custom post berbeda dari bawaan default. Kamu dapat menggunakan template khusus untuk menampilkan jenis postingan baru yang kamu buat.

Cara melakukannya adalah dengan membuat file baru pada direktori tema kamu dan memberi nama archive-movies.php. Ganti movies dengan postingan custom yang barusan di buat.

Untuk langkah awal kamu dapat menyalin isi archive.php tema ke dalam archive-movies.php dan kemudian kamu bisa mulai memodifikasinya.

Mulai sekarang setiap kali kamu membuka halaman arsip custom post, template ini yang akan digunakan.

Cara yang sama juga dapat kamu terapkan pada tampilan post tunggal. Untuk melakukannya kamu perlu membuat single-movies.php pada direktori tema. Jangan lupa untuk mengganti movies dengan jenis postingan yang kamu buat.

Kemudian salin isi dari file single.php ke dalam template single-movies.php dan mulai modifikasi sesuka kamu.

Cara Menampilkan Postingan Custom di Beranda

Salah satu keuntungan menggunakan jenis custom post adalah membedakan konten khusus dengan postingan reguler. Namun, jika ingin menampilkan custom post diantara pos biasa, maka kamu dapat melakukannya dengan menambahkan kode berikut ke file functions.php tema.

Jangan lupa untuk mengganti movies dengan jenis postingan yang kamu buat.

Menampilkan Postingan Custom

Jika kamu sudah familiar dengan menggunakan kode dan ingin menjalankan query loop di template yang sudah kamu buat. Maka kamu bisa menggunakan kode berikut ini.

Dengan query database, kamu dapat mengambil item dari postingan custom.

Dalam kode di atas, pertama saya telah mendefinisikan jenis postingan per halaman dalam argumen untuk class WP_Query baru.

Setelah itu, saya menjalankan query mengambil postingan dan menampilkannya di loop.

Cara Menampilkan Postingan Custom di Widget

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa ada widget default untuk menampilkan postingan terbaru, tetapi hal itu tidak akan berfungsi untuk postingan custom.

Lalu bagaimana cara agar bisa menampilkan postingan terbaru dari custom post yang kamu buat di widget? Berikut adalah caranya.

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Ultimate Posts Widget. Setelah diaktivasi, buka Appearance > Widgets dan seret widget Ultimate Posts ke sidebar.

Ultimate Posts Widget

Widget ini memungkinkan kamu untuk menampilkan postingan terbaru dari semua jenis postingan. Tidak hanya itu, bahkan kamu juga dapat menampilkan kutipan dengan tautan baca lebih lanjut dan menampilkan gambar unggulan di sebelah judul.

Konfigurasi widget dengan memilih opsi yang kamu inginkan dan dengan memilih jenis postingan custom. Setelah itu klik Save untuk menyimpan perubahan dan lihat widget di situs kamu.

Saya harap artikel ini membantu kamu dalam mempelajari cara membuat jenis postingan custom di WordPress. Lihat panduan kami lainnya tentang cara mengubah tampilan arsip kategori WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

5 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *