Nulis Internet Cara Membuat Galeri Gambar WordPress dengan Envira

Cara Membuat Galeri Gambar WordPress dengan Envira

Cara Membuat Galeri Gambar WordPress dengan Envira

Apakah kamu berpikir bahwa image library pada WordPress memiliki kekurangan yang cukup penting? Seperti halnya memberikan fitur galery untuk mengelompokkan gambar agar lebih mudah di temukan.

Untuk melakukan hal ini, ada beberapa plugin galeri WordPress yang bisa di gunakan dan cukup menjanjikan. Tetapi kebanyakan plugin yang tidak cukup terkenal bisa mengakibatkan situs web kamu di muat dengan lambat.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mudah membuat galeri gambar responsif di WordPress dengan Envira Gallery.

Alasan Perlu Membuat Galeri Gambar di WordPress

Jika situs yang kamu kelola memiliki topik fotografi atau portofolio dan menggunakan banyak foto, maka kamu akan menemukan beberapa masalah seperti loading situs, kurangnya pengaturan, kompatibilitas browser, kompatibilitas perangkat, dan pengaturan yang membingungkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan plugin Envira Gellery. Karena plugin ini sangat mudah di gunakan dan memiliki kecepatan yang tidak di miliki oleh plugin lain.

Tidak hanya itu, Envira juga hadir dengan beberapa fitur seperti desain responsif, lightbox, slideshow, custom CSS, dan lainya. Belum lagi ia memiliki add-on lain seperti perlindungan yang membantu kamu melindungi gambar, tag yang membantu dalam mengatur gambar, deeplinking, layar penuh, ukuran super, dan banyak lagi.

Sekarang mari kita lihat cara membuat galeri di WordPress menggunakan Envira Gallery.

Menambahkan Geleri Gambar dengan Envira Gallery

Plugin Envira Galeri tersedia dalam dua versi gratis dan berbayar. Jika ingin menggunakan fitur yang lebih banyak kamu bisa berlangganan melalui website resmi Envira, dan memilih sesuai kebutuhan.

Tetapi pada panduan ini, kami akan menggunakan Envira Gallery lite yang dapat di unduh gratis pada direktori plugin WordPress. Untuk dapat menggunakan kamu harus menginstal dan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Setelah di aktivasi, plugin akan menambahkan item menu Envira Gallery di dashboard area. Agar bisa membuat galeri gambar baru, kamu harus membuka Envira Gallery > Add New.

Envira gallery

Di sini, kamu dapat memilih apakah ingin mengunggah foto dari komputer atau memilihnya dari media library WordPress.

Setelah selesai memilih, kamu bisa melihat thumbnail gambar seperti ini.

Pengaturan Envira Gallery

Kamu dapat mengatur ulang gambar dengan menyeret dan melepaskannya sesuai urutan yang ingin kamu tampilkan.

Bahkan kamu juga dapat menyisipkan meta data seperti judul dan tag alt dengan mengklik ikon pensil yang ada di setiap gambar.

Meta Data Envira Gallery

Setelah selesai mengatur meta data, sekarang kamu dapat mengklik tab Config untuk mengonfigurasi pengaturan galeri gambar.

Kamu dapat memilih bagaimana ingin menampilkan custom galeri ini. Kamu bisa memilih kolom, galeri tema, dan ukuran gambar.

Pada bagian Gallery Theme kamu hanya dapat menggunakan satu tema. Namun, jika berlangganan paket premium kamu dapat menginstal tema tambahan yang tersedia di addons dari situs plugin.

Config Envira Gallery

Selanjutnya tab Lightbox, kamu dapat mengonfigurasi pengaturan lightbox yang di gunakan untuk menampilkan gambar penuh ketika di klik.

Pada bagian pertama kamu bisa memilih untuk mengaktifkan lightbox atau tidak, kemudian memilih tema lightbox dan ukuran gambar yang akan di tampilkan. Pada bagian Caption Position kamu bisa membiarkannya default sebagai Float.

Lightbox Envira Gallery

Dan untuk bisa menggunakan pengaturan lainnya kamu harus berlangganan paket premium.

Setelah puas dengan pangaturan galeri, sekarang klik tombol Publish untuk mulai menampilkan galeri yang sudah di buat.

Kemudian akan muncul kode pendek yang dapat kamu masukkan ke dalam postingan, halaman, atau widget untuk menampilkan galeri tersebut.

Shortcode Envira Gallery

Cara Menambahkan Galeri di Postingan, Halaman, atau Custom Post

Jika menggunakan paket premium, plugin Envira memungkinkan untuk menambahkan galeri yang sudah dibuat langsung dari layar edit postingan. Cukup buat postingan baru atau mengedit yang sudah ada dan kamu akan melihat tombol Add Gallery di bagian atas pos editor.

Karena kami menggunakan versi gratis, jadi harus menambahkan shortcode secara manual ke dalam postingan. Caranya salin shortcode yang kamu lihat setelah mempublish galeri dan tempelkan ke dalam postingan yang kamu inginkan.

Tambahkan Shortcode

Sekarang kamu bisa menyimpan atau mempublikasikan postingan, dan mengunjungi website untuk melihat tampilan dari galari WordPress yang sudah di buat.

Kami harap artikel ini mambantu kamu membuat galeri gambar responsif di WordPress dengan envira gallery. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami lainnya tentang cara mengoptimalkan ukuran gambar untuk website.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

4 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *