Cara Membuat Halaman Arsip Type Custom Post di WordPress

Membuat Halaman Arsip Type Custom Post di WordPress

Apakah kamu sedang mencari cara membuat halaman arsip untuk custom post yang sudah kamu buat di WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Type custom post adalah salah satu fitur luar biasa yang disertakan dalam bundle cms WordPress. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai cara membuat jenis custom post dan custom taksonomi di WordPress, tetapi tidak di jelaskan secara menyeluruh.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan ke kamu panduan tentang cara membuat halaman arsip custom post type di WordPress.

Cara Membuat Halaman Arsip Untuk Custom Post WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa custom post type kamu mengaktifkan arsip dalam kode.

Untuk melakukan ini, kamu harus melihat kode custom post yang sudah di buat sebelumnya (dapat di temukan dalam file functions.php atau plugin jika menggunakannya). Setelah itu, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki argumen has_archive yang di atur ke true.

Maka contoh kodenya adalah seperti ini:

Perhatikan pada kode di atas bagian has_archive di setel ke true dalam array. Kamu harus memiliki perintah ini dalam kode kamu. Setelah melakukannya, custom post kamu akan diberi halaman arsip yang dapat di akses dengan membuka tautan seperti ini:

Catatan: Ubah movies sesuai dengan jenis custom post yang sudah kamu buat.

WordPress secara default akan menggunakan template arsip bawaan tema untuk menampilkan halaman arsip custom post. Jika kamu tidak masalah dengan ini, maka sudah selesai kamu tidak perlu melakukan apa pun lagi. Dan sekarang kamu sudah berhasil membuat halaman arsip untuk custom post di website berbasis WordPress.

Namun, jika kamu ingin membuat halaman arsip khusus untuk custom post type, maka kamu perlu membuat file baru bernama archive-[custom post].php. Maka nama file akan menjadi archive-movies.php.

Cara awal yang perlu kamu lakukan ketika membuat halaman arsip custom adalah menyalin kode dari file archive.php default tema dan menempelkannya di file archive-movies.php.

Kemudian mulailah membuat perubahan pada file archive yang barusan kamu buat. Terserah kamu mau merubah tampilan bagaimana pun sesuai keinginan.

Tetapi jika tidak ingin menyalin kode dari file archive.php default, gunakan kode berikut ini.

Cuplikan kode di atas adalah langkah dasar untuk membuat halaman arsip tanpa customisasi sama sekali.

Setelah selesai unggah file archive-movies.php ke direktori tema yang kamu gunakan. Sekarang kamu akan melihat halaman arsip custom untuk jenis custom post yang sudah di buat.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara membuat halaman arsip khusus untuk custom post di WordPress. 

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

20 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *