Cara Membuat Line Break di WordPress

Membuat Line Break di WordPress

Apakah kamu ingin menambahkan jeda baris di WordPress, atau menyesuaikan spasi antar blok?Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Ketika sedang bekerja menggunakan program seperti office Word, kamu dapat dengan mudah menambahkan beberapa baris kosong hanya dengan menekan tombol enter beberapa kali. Kamu bahkan dapat membuat baris spasi ganda setelah paragraf dari opsi formatting. Namun, blok editor di WordPress tidak memiliki fitur tersebut.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada kamu cara menambahkan jeda baris dengan mudah di WordPress.

Tetapi perlu kamu ketahui sebelumnya, bahwa baris spasi ini di atur oleh tema WordPress yang kamu gunakan. Kami akan menunjukkan cara membuat spasi antar blok di editor blok dan cara mengubah baris spasi di tema jika kamu tidak puas dengan hasilnya.

Menambahkan Double Line Space di Blok Editor WordPress

Ketika kamu menekan tombol “Enter” pada keyboard untuk menambahkan jeda baris, visual editor WordPress menganggapnya sebagai paragraf baru.

Ini berarti akan secara otomatis menambahkan ruang kosong ganda, asalkan tema kamu memiliki style untuk itu (semua tema WordPress yang baik mendukung ini).

Jadi cukup taruh cursor dan tekan Enter setelah baris, kemudian ketik sesuatu yang lain di baris berikutnya.

Create Line Spacing

Dengan hanya melakukan itu, berdasarkan style tema kamu akan melihat perbedaan yang jelas antara masing-masing paragraf.

Preview Post Line Spacing

Menambahkan Ruang Baris Tunggal

Sekarang jika ingin menulis sesuatu hal misalnya alamat, mungkin kamu ingin menggunakan spasi tunggal, dan bukannya spasi ganda.

Buat Satu Spasi

Untuk membuat yang seperti ini, kamu perlu menekan tombol SHIFT + ENTER di keyboard.

Ini akan memberi tahu WordPress bahwa kamu ingin memulai baris baru di paragraf yang sama.

Memodifikasi Tinggi Baris Spasi

Terkadang ketika kamu menambahkan baris spasi yang tepat di editor, tetapi itu tidak menampilkan seperti yang kamu inginkan di tema.

Dan untuk memperbaikinya kamu dapat menggunakan dua cara berikut ini:

  1. Menggunakan bantuan plugin.
  2. Secara manual dengan kode CSS.

Pada panduan ini kami akan membahas dari yang paling mudah yaitu menggunakan plugin.

Menambahkan Baris Spasi Menggunakan Plugin

Jika ingin membuat perubahan pada style tema, maka kamu harus setidaknya mengetahui sedikit tentang kode CSS. Namun, ada cara yang dapat kamu gunakan jika tidak ingin melibatkan kode sama sekali. Yaitu menggunakan plugin seperti CSS Hero.

CSS Hero ini dapat memudahkan kamu mengubah desain website WordPress tanpa harus mengetahui kode apa pun.

Line Spacing Dengan CSS Hero

Atau jika kamu tidak ingin menggunakan plugin karena dapat memberatkan loading website. Maka opsi menggunakan kode CSS secara manual mungkin bisa kamu coba.

Mengubah Spasi Paragraf Secara Manual Dengan Kode CSS

Untuk membuat jeda baris secara manual tanpa menggunakan plugin, kamu perlu menambahkan beberapa kode CSS ke tema WordPress.

CSS pada dasarnya sama seperti fitur pemformatan di Microsoft Word. Alih-alih mengklik tombol, kamu akan menggunakan beberapa kode CSS dasar dan tentunya sangat mudah di lakukan bahkan untuk pemula.

Agar bisa menambahkan custom CSS ke tema, kamu perlu membuka Appearance > Customize. Setelah itu akan terbuka halaman penyesuaian tema WordPress, disini kamu perlu mengklik Additional CSS dari menu samping.

Pilih Additional CSS

Pada kolom custom CSS kamu bisa menambahkan kode berikut:

Masukkan kode css

Aturan CSS di atas akan mengubah baris spasi paragraf menjadi 1.5em. Em adalah satuan lebar untuk typography. Dan terlihat juga bahwa kami menggunakan class .post yang secara otomatis di tambahkan WordPress ke area konten postingan untuk memastikan itu hanya memengaruhi postingan dan bukan paragraf yang di gunakan di tempat lain.

Kode di atas hanya akan mengubah jarak spasi tunggal. Jika ingin mengubah spasi paragraf di WordPress, maka kamu perlu menambahkan padding.

Sekarang jika ingin merubah angka sesuai dengan keinginan kamu, jangan ragu untuk melakukannya.

Kami harap artikel ini membantu kamu menambahkan line break di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara menambahkan custom CSS di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

27 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *