Nulis Internet Cara Membuat Menu Dropdown di WordPress

Cara Membuat Menu Dropdown di WordPress

Membuat Menu Dropdown di WordPress

Jika kamu ingin membuat menu dropdown dan menambahkannya ke situs WordPress, sekarang kamu berada di halaman yang tepat. Karena pada artikel ini saya akan membuat panduan tentang cara mudah membuat menu dropdown di WordPress secara terperinci.

Siapa yang belum tahu mengenai menu dropdown ini? Menu dropdown adalah menu utama yang memiliki sub menu sehingga ketika kamu arahkan mouse akan muncul popup yang menampilkan daftar.

Dengan begitu daftar menu yang akan tampil pada halaman frontend situs tidak akan terlalu panjang, dan menambahkan kesan yang lebih elegant dan lebih clean ketika pengunjung melihat menu navigasi.

Alasan Untuk Membuat Menu Dropdown?

WordPress merupakan manajemen sistem yang sangat komplit, dengan fitur bawaan untuk membuat menu navigasi dengan mudah.

Menu navigasi adalah tautan yang tampil di bagian header situs, dengan tampilan memanjang kesamping, biasanya berdampingan dengan logo.

Berikut adalah contoh menu yang ada di situs ini.

Tampilan Menu Situs WordPress

Tampilan ini sangat bergantung dengan besar kecilnya situs yang kamu kelola. Jika situs yang kamu kelola adalah blog pribadi dan memiliki sedikit kategori atau halaman, mungkin tampilan horizontal ini sudah cukup.

Tetapi jika kamu mengelola situs besar seperti toko online atau portal berita dengan banyak kategori, sub kategori dan halaman, maka kamu perlu membuat sub menu di menu navigasi situs karena tampilan horizontal saja kadang tidak mencukupi.

Selain itu, membuat menu dropdown akan mempermudah dalam menavigasi dan mengelompokkan konten berdasarkan topik postingan.

Cara Membuat Menu Dropdown di WordPress

Ketika kamu memutuskan untuk membuat menu dropdown di WordPress, pastikan tema yang kamu gunakan telah mendukungnya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena sebagian besar tema WordPress mendukung untuk melakukan ini. Jadi mari kita langsung saja cara membuat menu dropdown di situs WordPress.

Langkah 1: Membuat Menu Navigasi Baru di WordPress

Jika baru pertama kali menggunakan WordPress, maka sebelum bisa membuat menu dropdown kamu harus memiliki menu navigasi utama terlebih dahulu.

Mari saya contohkan cara membuatnya.

Pada halaman admin area WordPress, buka Appearance > Menus dan klik Create a new menu.

Buat Menu Baru

Selanjutnya, kamu perlu memberi nama menu yang di buat. Kamu bisa memberi nama apapun karena ini tidak bersifat publik. Pada kasus ini, saya akan memberi nama “Menu Navigasi”.

Buat Menu Navigasi

Jika sudah, kamu bisa mengklik tombol Create Menu.

Sekarang kamu bisa menambahkan tautan ke menu navigasi, ini nantinya akan tampil di frontend situs.

Caranya, pada menu samping kiri kamu bisa memilih pada Pages atau Categories, kemudian beri centang dan klik tombol Add to Menu.

Tambahkan Kategori ke Menu

Kemudian kategori yang di pilih akan muncul di bagian sebelah kanan. Klik Save Menu jika sudah selesai.

Langkah 2: Menambahkan Sub-Item ke Menu

Sub-item adalah item yang akan muncul di dalam menu dropdown ketika kamu mengarahkan mouse. Kamu bisa menambahkannya di bawah salah satu item yang ada.

Pada menu samping kiri kamu bisa memilih apapun yang akan kamu tambahkan, disini saya akan menambahkan sub kategori travel.

Cukup pilih item yang akan di tambahkan, klik Add to Menu dan item akan tampil di bagian sebelah kanan.

Tambahkan Item ke Menu

Namun, item tersebut akan muncul seperti item biasa. Jadi kamu perlu menjadikannya sub item dari menu di atasnya.

Caranya, cukup klik dan seret item ke bagian yang kamu inginkan dan geser sedikit ke kanan dengan begitu akan menjadi sub-item.

Geser Ke Kanan Rubah Sub Item

Ulangi cara yang sama untuk semua tautan yang ingin kamu jadikan sub item. Seteleh selesai klik tombol Save Menu untuk menyimpan perubahan.

Langkah 3: Menampilkan Menu Dropdown ke Frontend Situs

Jika pada paduan ini kamu mengedit menu yang sudah ada, maka menu itu akan langsung muncul di website kamu.

Namun, jika kamu mengikuti panduan ini dan membuat menu baru, maka kamu sekarang harus memilih lokasi sesuai dengan tema yang kamu gunakan untuk menampilkan menu.

Untuk melakukannya bisa lihat di bagian bawah, kamu akan menemukan opsi “Display location” dan klik Save Menu jika sudah selesai.

Pilih Lokasi Yang Kamu Iginkan

Sekarang kamu bisa membuka tampilan frontend website untuk melihat menu dropdown yang barusan di buat.

Tampilan Dropdown

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat menu dropdown di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara lelihat ID post, kategori, tag, dan pengguna di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *