Cara Membuat Notifikasi Penjualan untuk WooCommerce

Cara Membuat Notifikasi Penjualan untuk WooCommerce

Apakah kamu ingin membuat notifikasi penjualan langsung untuk WooCommerce di WordPress?

Dengan mengggunakan notifikasi penjualan akan memberi tahu pengunjung tentang semua penjualan secara real time yang sedang terjadi di toko online kamu. Dan hal ini bisa menjadi bukti yang cukup meyakinkan bagi calon pelanggan lainnya, sehingga dapat meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat notifikasi penjualan langsung untuk WooCommerce di WordPress.

Mengapa Kamu Perlu Menampilkan Notifikasi Penjualan di WooCommerce?

Saat ini orang akan merasa lebih nyaman dan aman melakukan pembelian, ketika mereka tahu bahwa orang lain juga membeli produk atau layanan yang sama dan memiliki pengalaman yang cukup baik dengannya.

Itu sebabnya mengapa pemilik toko online menggunakan bukti sosial dalam metode pemasaran yang mereka lakukan. Beberapa contohnya adalah dengan menambahkan ulasan dan testimonial atau menampilkan jumlah pengikut Facebook yang di miliki toko tersebut.

Strategi yang cukup meyakinkan calon pengguna lainnya adalah dengan menampilkan notifikasi penjualan secara langsung. Hal ini bisa menciptakan rasa FOMO atau takut ketinggalan, di antara pengunjung toko online dan memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan.

Nantinya dengan menampilkan interaksi pelanggan terbaru di WooCommerce, kamu dapat menggunakan bukti sosial tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Maka dari itu, sekarang mari kita lihat cara membuat notifikasi penjualan langsung di WooCommerce WordPress.

Cara Membuat Notifikasi Penjualan untuk WooCommerce

Sekarang hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin FOMO & Social Proof Notifications by TrustPulse. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Menggunakan TrustPulse kamu dapat menampilkan interaksi pelanggan terbaru di website untuk menumbuhkan kepercaan sehingga dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Plugin ini juga tersedia versi premium dengan fitur yang lebih canggih seperti notifikasi analitik, dukungan prioritas, dan sub-akun. Namun pada tutorial ini kami hanya menggunakan plugin versi gratisnya, karena itu saja sudah tersedia fitur yang di perlukan untuk membuat notifikasi penjualan real time.

Setelah di aktivasi, kamu akan di arahkan ke halaman TrustPulse. Pada halaman ini kamu dapat mengklik tombol untuk membuat akun gratis, atau menghubungkan akun TrustPulse jika kamu sudah memilikinya.

Halaman trustpulse

Nantinya kamu harus memasukkan nomor kartu kredit atau kartu debit meskipun kamu memilih akun gratis. Akun kamu tidak akan di kenakan biaya untuk saat ini, tetapi detail tersebut akan di gunakan jika kamu memutuskan untuk mengupgrade ke versi premium di masa mendatang.

Setelah kamu selesai mendaftar TrustPulse, kamu akan di minta untuk menambahkan detail website. Kamu harus memasukkan nama situs dan juga URLnya. Jika sudah selesai, kamu harus mengklik tombol Save Site.

Tambahkan detail situs ke trustpulse

Membuat Campaign Notifikasi Penjualan Langsung

Sekarang setelah kamu menambahkan situs WooCommerce ke TrustPulse, langkah berikutnya adalah membuat kampanye baru. Cukup klik tombol Create Campaign di sudut kanan atas.

Buat campaign notifikasi penjualan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memberi nama kampanye. Pada panduan ini kami akan memberi nama kampanye “Notifikasi Penjualan”.

Setelah itu, jika kamu memiliki lebih dari satu website yang terhubung ke TrustPulse, maka kamu harus memilih situs toko online yang benar dari daftar dropdown.

Beri nama campaign yang kamu buat

Selanjutnya, kamu perlu menggulir ke bawah ke bagian “Select Your Campaign Type” dan kemudian pilih opsi Recent Activity.

Nantinya TrustPulse hanya akan menampilkan pemberitahuan pembelian, registrasi, dan pendaftaran di toko online kamu.

Pilih jenis campaign

Kemudian, kamu bisa mengklik tombol Next Step di sudut kanan bawah layar.

Pada halaman berikutnya, kamu dapat menyesuaikan desain dan tampilan notifikasi penjualan. Untuk melanjutkan panduan ini, kami akan menggunakan pengaturan default, tetapi kamu bisa melakukan perubahan agar terlihat sesuai dengan toko online kamu.

Buat desain notifikasi langsung

Pengaturan pada halaman ini mencakup bahasa yang di gunakan, cara kamu merujuk pengunjung, tautan tujuan saat pengunjung mengklik notifikasi, ukuran dan posisi notifikasi, animasi, dan banyak lagi.

Jika dirasa sudah selesai melakukan penyesuaian, kamu bisa mengklik tombol Next Step.

Sekarang kamu akan di minta untuk memutuskan di mana TrustPulse akan menemukan informasi untuk di sertakan dalam pemberitahuan penjualan langsung. Pada panduan ini, kami akan memilih “AutoMagic”. Opsi ini merupakan yang paling sederhana dan berfungsi dengan baik.

Capture activity trustpulse

Selanjutnya gulir ke bawah ke bagian “Where should we watch for activity on this site?” untuk tutorial ini, kami akan memilih “Activity on any page” default untuk memudahkan dan memaksimalkan jumlah notifikasi yang di tampilkan.

watch for activity trustpulse

Namun, jika kamu ingin notifikasi lebih tertarget lagi, kamu dapat memilih “Activity on exact URLs”. Kemudian kamu dapat memasukkan misalnya URL dari halaman checkout, sehingga notifikasi hanya akan menampilkan pembelian.

Pada bagian “Select an Automagic Activity Type” dan “Activity Verification?” kami juga akan menggunakan opsi default, tetapi kamu dapat mengatur sesukanya. Jika sudah selesai, kamu harus mengklik tombol Next Step di bagian kanan bawah layar.

Halaman berikutnya, memungkinkan kamu untuk memutuskan bagaimana notifikasi akan di tampilkan. Karena kami ingin pemberitahuan penjualan di tampilkan di mana saja pada situs, jadi pada bagian “Where should we display your notifications?” kami akan menggunakan pengaturan default “Display on any page”.

Tentukan dimana notifikasi akan ditampilkan

Jika kamu hanya ingin menampilkan notifikasi pada halaman tertentu, maka kamu dapat memilih untuk menampilkannya di URL tertentu, atau URL yang berisi teks tertentu atau yang lainnnya.

Setelah itu, kamu harus menggulir ke bawah pada bagian “Notification Settings”. Di sini kamu dapat memutuskan berapa lama waktu penundaan pemberitahuan dan berapa lama untuk menampilkannya.

Tentukan waktu notifikasi

Bahkan kamu juga dapat memutuskan untuk menampilkannya di ponsel dan apakah ingin mengulanginya atau tidak.

Pada tutorial ini, kami tetap akan menggunakan pengaturan default, tetapi kamu dapat membuat pengaturan yang berbeda sesuai dengan yang kamu sukai. Setelah itu, kamu harus mengklik tombol Next Step untuk menuju langkah terakhir.

Mempublikasikan Kampanye Pemberitahuan Notifikasi Langsung

Langkah terakhir adalah mempublikasikan pemberitahuan penjualan ke toko online. Di halaman ini kamu akan melihat tampilan konfirmasi bahwa website sudah terhubung, dan pratinjau kampanye yang akan di tampilkan.

Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah mengklik tombol Launch your TrustPulse campaign untuk mengaktifkannya.

Klik Launch your TrustPulse campaign

Catatan: Terkadang perlu waktu beberapa menit untuk menyelesaikan koneksi ke situs.

Sampai disini sudah selesai, mulai sekarang pelanggan kamu dapat melihat notifikasi ketika pelanggan lain membeli barang dari toko kamu. Jika ingin melakukan perubahan apa pun pada kampanye, kamu dapat kembali dan mengubah pengaturan kapan saja.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara membuat notifikasi penjualan real time untuk WooCommerce di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

19 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *