Cara Membuat RSS Feed Terpisah untuk Custom Post di WordPress

Membuat RSS Feed Terpisah untuk Custom Post di WordPress

Apakah kamu ingin membuat RSS feed terpisah untuk setiap custom post di situs WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Custom post type memungkinkan para pemilik website untuk menambahkan jenis konten unik yang mereka inginkan. Custom post ini juga dapat memiliki fitur yang mirip dengan postingan atau halaman, tidak terkecuali umpan RSS.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat RSS feed terpisah untuk custom post di WordPress dengan rinci.

Membuat Umpan RSS Terpisah untuk Custom Post di WordPress

Secara default, WordPress akan menghasilkan beberapa umpan RSS untuk website kamu.

Misalnya saja, semua postingan blog terbaru akan muncul di RSS feed utama situs. Nantinya umpan ini dapat di akses siapapun hanya dengan menambahkan /feed/ ke nama domain.

https://domain.net/feed/

Masih banyak pengguna baru yang tidak tahu bahwa WordPress juga menghasilkan RSS feed terpisah untuk halaman arsip yang berbeda dari website mereka.

Misalnya, website memiliki RSS feed terpisah untuk bagian kategori, tag, penulis, dan jenis postingan khusus.

Contohnya saja kamu memiliki custom post di website WordPress yang di beri label movies. Nantinya kamu dapat melihat semua konten yang di buat dalam postingan khusus dengan mengunjungi halaman arsip post type.

https://domain.net/movies

Halaman arsip custom post

Untuk melihat umpan RSS, kamu hanya perlu menambahkan /feed/ di bagian akhir dari URL arsip custom post, sehingga menjadi seperti ini.

https://domain.net/movies/feed/

Tampilan umpan rss custom post

Atau kamu juga bisa melihat umpan dengan menambahkan parameter custom post ke RSS feed WordPress utama. Berikut adalah contohnya:

https://domain.net/feed/?post_type=movies

Nantinya URL ini hanya akan mengambil custom post yang di beri label Movies.

Tampilan umpan rss custom post dengan metode berbeda

Tambahkan Tautan ke RSS Feed Custom Post

Sekarang kamu telah mengetahui cara mengakses umpan RSS untuk custom post apa pun di website, selanjutnya kamu dapat menggunakan URL tersebut untuk membuat tautan ke umpan custom post.

Misalnya, kamu mungkin ingin menampilkan ikon atau teks biasa pada halaman arsip custom post, sehingga pengunjung dapat dengan mudah berlangganan postingan tersebut.

Cara termudah melakukannya adalah dengan membuat template terpisah untuk custom post di tema WordPress yang kamu gunakan.

Misalnya, jika custom post di beri label Movies, maka kamu dapat membuat file dengan nama archive-movies.php di tema WordPress. Silahkan ganti movies dengan custom post yang kamu miliki.

Setelah itu, kamu cukup menyalin semua isi yang berada di dalam file archive.php default tema dan mulai menyesuaikan sesuai yang di inginkan.

Sekarang kamu cukup menambahkan tautan HTML biasa ke umpan arsip jenis postingan menggunakan kode berikut:

Jangan lupa untuk mengubah URL dengan tautan umpan custom post kamu sendiri.

Perlu di ketahui, menggunakan kode di atas itu berarti kamu harus membuat file template baru untuk jenis postingan tertentu.

Dan metode berikutnya akan memungkinkan kamu untuk secara dinamis menghasilkan tautan RSS feed custom post untuk semua halaman arsip.

Kamu hanya perlu menambahkan kode berikut ke file archive.php default tema WordPress yang sedang aktif.

Kamu bisa menambahkan kode di atas pada bagian mana saja yang di inginkan. Tapi kami sarankan untuk menaruhnya di bagian bawah judul halaman arsip custom post, karena tempatnya yang mudah terlihat oleh pengguna.

Subscribe to movies

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara membuat RSS feed terpisah untuk custom post di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

22 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *