Nulis Internet Cara Memperbaiki Error 404 Not Found di Post WordPress

Cara Memperbaiki Error 404 Not Found di Post WordPress

Memperbaiki Error 404 Not Found di WordPress

Apakah kamu mengalami masalah error 404 not found di WordPress ketika mengakses postingan atau halaman? Jika iya, sekarang sudah berada di halaman yang tepat.

WordPress merupakan content managemen system yang powerful, tetapi sedikit kesalahan ketika membuat perubahan bisa mengakibatkan situs kamu tidak dapat di akses. Namun, untuk hampir semua masalah dapat di temukan solusinya dengan mudah karena banyak komunitas yang mendukung.

Dan masalah umum yang paling banyak di hadapi oleh pengguna WordPress adalah kesalahan 404 not found pada postingan. Hal ini bisa terjadi ketika kamu baru saja memindahkan WordPress dari server lokal ke shared hosting atau melakukan perubahan kode.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara memperbaiki postingan error 404 not found di WordPress.

Mengatasi Error 404 Not Found WordPress

Biasanya ketika terjadi kesalahan seperti ini pengguna masih dapat mengakses dashboard admin WordPress mereka dan halaman blog utama, tetapi ketika membuka postingan akan muncul error 404 Not found.

Dalam hal ini kamu tidak perlu panik karena postingan yang sudah di buat sebelumnya tetap ada dan tidak hilang. Ini biasanya terjadi karena file .htaccess terhapus atau salah dengan aturan penulisan ulang. Yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki pengaturan permalink melalui dashboard admin.

Kamu harus mengunjungi Settings > Permalinks untuk membuka halaman pengaturan permalink website. Setelah itu tanpa melakukan perubahan apa pun klik tombol Save Changes.

Halaman Pengaturan Permalinks

Ini akan memperbarui pengaturan permalink dan menghapus aturan penulisan ulang. Dengan menggunakan cara ini sudah terbukti memperbaiki error 404 not found pada postingan WordPress. Namun, jika tidak berhasil setelah kamu terapkan, maka perlu untuk mengedit file .htaccess secara manual.

Untuk melakukannya, kamu harus terhubung ke direktori root website. Bisa melalui file manager di cPanel atau klien FTP, jika menggunakan file manager mungkin file .htaccess tidak terlihat sehingga kamu perlu membuka Settings dan mencentang opsi Show Hidden Files (dotfiles).

Show Hidden Files

Sedangkan menggunakan klien FTP, kamu harus mengunduh file terlebih dahulu kemudian membukanya dengan teks editor seperti Notepad. Selanjutnya tambahkan cuplikan kode berikut ini ke file .htaccess.

Setelah selesai simpan file tersebut dan upload kembali ke server kamu.

Memperbaiki untuk Server Lokal

Banyak para desainer dan pengembang web menginstal WordPress di komputer mereka sebagai server lokal untuk tujuan pengujian project. Jika kamu salah satunya dan ingin mengubah permalink, maka kamu perlu mengaktifkan rewrite_module di konfigurasi Apache MAMP, WAMP, atau XAMPP sesuai dengan yang di gunakan.

Kami harap artikel ini membantu kamu dalam memperbaiki error 404 not found pada postingan WordPress. Mungkin kamu juga berminat melihat panduan kami lainnya tentang cara mengoptimalkan ukuran gambar untuk website.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *