Cara Memperbaiki Thumbnail Tidak Muncul di Facebook

Cara Memperbaiki Thumbnail Tidak Muncul di Facebook

Apakah kamu pernah mengalami masalah gambar tidak muncul ketika membagikan artikel di Facebook? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Ini merupakan masalah umum yang di alami oleh pemilik website. Di mana postingan yang coba mereka bagikan tidak memunculkan gambar unggulan atau biasa di sebut thumbnail. Alih-alih menampilkan gambar, postingan tersebut hanya menampilkan judul.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara memperbaiki masalah thumbnail Facebook tidak muncul di WordPress.

Alasan Facebook Tidak Menampilkan Gambar Thumbnail Blog

Jika kamu mengalami error Facebook tidak menampilkan gambar thumbnail postingan, itu bisa di sebabkan karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling umum terjadi adalah kamu memiliki banyak gambar yang di atur dalam tag og:image apalagi jika gambar unggulan yang di gunakan lebih kecil dari gambar lainnya.

Dalam hal ini Facebook menggunakan tag Open Graph (og) tersebut untuk menampilkan gambar saat postingan di bagikan. Untuk mengatasinya banyak plugin populer yang secara otomatis menambahkan tag og ke situs agar mencegah kesalahan thumbnail tidak muncul contohnya saja Yoast SEO dan AIOSEO.

Tetapi ada juga alasan lain yang bisa menyebabkan gambar tidak muncul di Facebook yaitu adanya plugin caching, konflik CDN, atau memang tidak adanya meta tag open graph untuk thumbnail.

Sangat sulit mengetahui penyebabnya, karena memang tidak ada pesan khusus yang di tampilkan meskipun menggunakan alat debugging sekalipun.

Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa cara untuk memperbaiki kesalahan thumbnail blog tidak muncul di Facebook.

Mengatur Thumbnail Facebook dengan Plugin Yoast SEO

Seperti yang sudah kami katakan di atas, kamu dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk menampilkan thumbnail postingan di Facebook. Tidak hanya itu, plugin ini juga dapat membantu kamu mengoptimalkan konten untuk mesin pencari dan media sosial. Yoast SEO sendiri sudah memiliki 5 juta instalasi aktif.

Sekarang, cukup instal dan aktifkan plugin Yoast SEO. Setelah itu, kamu dapat mengatur thumbnail Facebook di postingan apa pun yang di inginkan.

Ketika mengedit atau menulis artikel, scroll ke bawah pada meta box Yoast SEO yang berada di bagian bawah post editor, kemudian klik tab Social. Di sini kamu akan melihat tombol untuk memilih gambar thumbnail Facebook.

Pilih gambar thumbnail facebook

Berikut adalah tampilan gambar thumbnail postingan blog di Facebook jika kamu sudah memasang dan mempublish artikelnya.

Tampilan postingan yang dibagikan ke facebook

Mengatur Thumbnail Facebook dengan Plugin AIOSEO

Plugin AIOSEO juga di lengkapi dengan fitur untuk menambahkan thumbnail Facebook pada setiap postingan atau single page.

Pada panduan ini, kami akan menggunakan versi gratis AIOSEO karena itu saja sudah cukup.

Pertama, kamu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin AIOSEO. Untuk panduan lebih lengkap, lihat artikel kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Setelah selesai mengaktifkan plugin, kamu dapat mengubah thumbnail Facebook ketika menulis postingan. Cukup gulir ke bawah di bagian meta box AIOSEO Settings, setelah itu kamu perlu mengklik tab Social.

Tambahkan thumbnail facebook AIOSEO

Kemudian gulir ke bawah sedikit untuk melihat dropdown “Image Source” tempat kamu dapat memilih thumbnail untuk Facebook. Misalnya, kamu memilih untuk menggunakan gambar unggulan, atau menggunakan custom image untuk di gunakan.

Pilih image source

Setelah selesai menambahkan thumbnail Facebook, simpan atau publish postingan dan sekarang masalah yang kamu hadapi sudah teratasi.

Berikut adalah tampilan postingan di Facebook:

Tampilan postingan di facebook

Catatan: Jika ini tidak berhasil, cobalah untuk mengosongkan cache website dan merefresh postingan di alat debugging Facebook berikut ini.

Menggunakan Facebook Debug Tool untuk Menghapus Cache

Jika kamu telah menambahkan thumbnail yang benar, tetapi Facebook masih tidak menampilkan thumbnail tersebut, maka cache bisa menjadi penyebabnya.

Pertama, kamu perlu memastikan bahwa sudah melakukan clear cache halaman di website.

Setelah itu, kamu harus mengatur ulang cache di Facebook menggunakan alat debug mereka.

Menggunakan Facebook debug tool adalah cara termudah untuk memecahkan masalah dengan Facebook thumbnail.

Cukup salin URL postingan blog WordPress dan tempelkan di alat debugger.

Facebook debug tool

Setelah itu kamu klik tombol Scrape Again / Kurangi Lagi, dan Facebook akan memperbarui thumbnail postingan. Terkadang, kamu perlu mengklik tombol Scrape Again beberapa kali.

Kami harap artikel ini membantu kamu menyelesaikan masalah Facebook yang tidak menampilkan thumbnail postingan di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

19 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *