Nulis Internet Cara Memperbaiki Website WordPress Tidak Terbarui

Cara Memperbaiki Website WordPress Tidak Terbarui

Cara Memperbaiki Website WordPress Tidak Terbarui

Apakah anda mencoba untuk memperbaiki website WordPress yang tidak terbarui?

Seringkali pengguna yang baru melakukan migrasi ke WordPress tidak paham mengapa perubahan yang mereka buat pada situs tidak muncul ketika mengeceknya. Tentu ini merupakan masalah umum dan sangat mudah untuk diperbaiki.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara memperbaiki situs WordPress yang tidak segera terbarui setelah melakukan perubahan.

Alasan Mengapa Situs WordPress Tidak Segera Terbarui

Penyebab paling umum kenapa perubahan yang anda buat pada situs WordPress tidak segera muncul adalah karena adanya caching.

Secara default, banyak layanan hosting yang mengaktifkan sistem caching yang berfungsi untuk menyimpan salinan halaman sementara agar meningkatkan kecepatan pemuatan website sehingga mengurangi beban pada server.

Tetapi ini bisa juga karena anda sedang menggunakan plugin caching WordPress yang mungkin tidak dikonfigurasi dengan benar.

Masalah yang lainnya adalah browser menyimpan versi cache halaman di penyimpanan sementara. Jadi ketika anda melihat situs, itu memuat cache halaman yang sebelumnya pada saat belum terjadi perubahan.

Biasanya ketika anda membuat perubahan pada website, versi yang di cache itu kadaluwarsa, dan anda bisa langsung melihat perubahan tersebut. Namun, terkadang hal tersebut tidak terjadi karena kesalahan dalam mengonfigurasi plugin.

Karena itu, mari kita lihat beberapa cara memperbaiki masalah tersebut dengan mudah.

Metode 1. Hapus Cache Browser untuk Muat Ulang

Beberapa browser khususnya Google Chrome akan menampilkan salinan cache website alih-alih menampilkan yang baru.

Untuk mengatasi hal ini, anda hanya perlu menekan tombol CTRL + F5 (CMD + R di Mac) pada keyboard untuk memuat ulang halaman.

Perintah ini akan meminta browser untuk memuat ulang halaman dengan mengambil versi terbaru. Dalam kebanyakan kasus, ini berhasil memperbaiki masalah bagi banyak pengguna.

Namun, jika tidak berhasil setelah anda coba, maka langkah selanjutnya adalah mengosongkan cache browser. Pada browser Google Chrome, klik menu titik tiga di sudut kanan atas. Dari menu yang muncul, klik More Tools > Clear Browsing Data.

Hapus cache browser

Metode 2. Hapus Cache WordPress Untuk Website

Penyebab kedua dan kemungkinan besar dari masalah ini adalah plugin caching WordPress yang tidak dikonfigurasi dengan baik. Kebanyakan plugin caching saat ini membuat pengguna lebih mudah untuk menghapus cache hanya dengan beberapa klik saja.

1. WP Rocket

Jika anda menggunakan plugin WP Rocket pada website, cukup buka menu Settings > WP Rocket dan pada halaman tersebut klik tombol Clear Cache yang berada di sebelah kanan.

Hapus cache WP Rocket

2. WP Super Cache

Jika anda menggunakan plugin WP Super Cache, buka menu Settings > WP Super Cache dan klik tombol Delete Cache.

WP Super Cache hapus cache

3. SiteGround

SiteGround adalah perusahaan layanan hosting WordPress populer yang menawarkan sistem caching bawaannya sendiri.

Pengguna dapat mengelola cache SiteGround dengan menginstal dan mengaktifkan plugin SG Optimizer yang dapat di unduh secara gratis dari direktori plugin WordPress.

Setelah aktivasi, anda perlu mengklik tombol Purge SG Cache di toolbar admin WordPress.

Hapus cache SiteGround

Ini akan membersihkan cache SiteGround untuk website WordPress anda.

Kami harap artikel ini membantu anda memperbaiki masalah situs WordPress yang tidak segera terbarui. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

5 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.