Cara Menambah Pengguna dan Penulis Baru di WordPress

Cara Menambah Pengguna dan Penulis Baru di WordPress

Apakah kamu sedang ingin menambahkan pengguna dan penulis baru ke blog WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

WordPress memang hadir dengan sistem yang powerfull dan lengkap, seperti contohnya adalah fitur manajemen pengguna. Menggunakan fitur ini, kamu dapat menambahkan pengguna baru dengan peran dan izin yang berbeda.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan pengguna dan penulis baru ke situs WordPress.

Menambahkan Pengguna atau Penulis Baru Secara Manual di WordPress

Jika kamu ingin menambahkan sedikit orang ke website WordPress, maka ini dapat di lakukan dengan sistem manajemen pengguna bawaan.

Sekarang, kamu harus membuka halaman Users > Add New di area admin WordPress. Kemudian, isi formulir yang ada untuk membuat pengguna baru.

Buka halaman users

Seperti yang terlihat pada formulir di atas, kamu harus mengisi nama pengguna terlebih dahulu. Nantinya pengguna dapat menggunakan ini atau alamat email yang terdaftar untuk login.

Catatan: Username yang sudah di buat tidak dapat di ubah, jadi pilih nama pengguna yang sesuai. Namun untuk detail lainnya masih bisa di ubah.

Selanjutnya, masukkan alamat email pengguna. Pastikan kamu menggunakan alamat email yang benar, karena nanti pengguna akan membutuhkannya untuk mengatur ulang kata sandi dan menerima pemberitahuan.

Setelah itu, kamu perlu memasukkan nama depan, nama belakang, dan URL website. Ini adalah bagian opsional, kamu dapat mengosongkannya. Nantinya pengguna dapat mengedit profil mereka sendiri untuk melengkapi.

Kemudian, kamu harus membuat kata sandi baru. Pastikan membuat kata sandi yang kuat dan aman. Atau kamu bisa memanfaatkan tombol “Generate password” untuk menciptakan kata sandi yang kuat secara otomatis.

Di bawah bagian Password, kamu akan melihat tulisan “Send User Notification” yang memiliki kotak dengan centang di sampingnya. Jika kamu membiarkan tercentang, maka pengguna akan menerima email yang memberi tahu mereka cara login. Dan terdapat tautan yang bisa di gunakan untuk mengatur kata sandi berbeda.

Opsi yang paling penting dan terakhir adalah memilih peran pengguna WordPress dari daftar dropdown.

Pilih peran pengguna

Sekarang kamu harus menentukan peran yang tepat, sesuai dengan tujuan apa kamu membuat pengguna baru. Misalnya, Author adalah peran pengguna yang bertujuan hanya untuk menulis artikel baru pada website.

Sampai disini, kami asumsikan kamu mengetahui peran yang ingin di berikan kepada pengguna. Setelah mengisi semuanya, klik tombol Add New User di bagian bawah layar.

Contoh form yang sudah di isi

Perlu kamu ketahui bahwa beberapa plugin akan membuat pengguna tambahan. Misalnya, WooCommerce menambahkan peran “Customer” dan “Shop manager” seperti yang kami miliki pada gambar di atas.

Mengelola Pengguna di WordPress

Sebagai administrator, kamu bisa menambahkan dan menghapus pengguna dari situs WordPress kapan saja. Setelah menambahkan pengguna baru, kamu juga dapat mengedit profile mereka kapan saja dan mengubah informasi yang ada di dalamnya termasuk kata sandi.

Caranya, cukup klik item Users di menu samping admin area WordPress. Kemudian kamu dapat mengedit atau menghapus pengguna yang terdaftar.

List pengguna wordpress

Seperti yang terlihat, kamu dapat mengedit profile dan kata sandi mereka, mengubah peran pengguna, dan banyak lagi. Kamu bahkan bisa mengedit pengguna secara massal untuk mengubah peran mereka.

Nantinya pengguna juga dapat mengedit profile mereka sendiri dengan membuka menu Users > Profile di dashboard WordPress. Pengeditan yang di dukung seperti menambahkan gambar profile dan mengubah detail pengguna, tetapi tidak memilik hak untuk mengubah peran.

Izinkan Siapapun Dapat Mendaftar ke Situs WordPress

Bagaimana caranya jika ingin membiarkan pengguna untuk mendaftar sendiri di situs kamu?

Jika kamu ingin menambahkan pengguna baru secara manual dalam jumlah yang cukup banyak, itu akan memakan waktu yang cukup lama. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika kamu membiarkan mereka membuat akun sendiri pada website.

Untuk mengonfigurasi situs WordPress agar pengguna lain bisa membuat akun mereka sendiri, caranya kamu harus membuka halaman Settings > General di admin area. Kemudian beri centang pada “Anyone can register”.

Beri tanda centang Anyone can register

Secara default pengguna baru akan di berikan peran “Subscriber”. Silahkan ubah peran yang kamu inginkan untuk pengguna yang mendaftar dari opsi dropdown.

Catatan: Kami merekomendasikan hanya mengizinkan pengguna yang mendaftar sebagai Subscriber atau Kontributor. Karena jika mengizinkan pengguna sebagai Author, nantinya mereka dapat mempublikasikan postingan tanpa persetujuan sebelumnya.

Setelah selesai, jangan lupa mengklik tombol Save Changes di bagian bawah untuk menyimpan perubahan.

Membuat Program Keanggotaan Berbayar di WordPress

Cara lain yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan pengguna baru ke website adalah dengan membuat program keanggotaan berbayar yang diikuti oleh pengguna.

Ini memungkinkan kamu untuk menjual konten khusus anggota seperti menambahkan konten premium dengan paywall, menjual kursus online, dan banyak lagi.

Untuk membuat semua itu, kami merekomendasikan menggunakan plugin MemberPress. Ini adalah plugin keanggotaan dan pembuatan kursus terbaik dengan semua fungsionalitas dan fleksibilitas yang kamu butuhkan.

Halaman memberpress

MemberPress juga memungkinkan kamu untuk mengunci postingan dan halaman tertentu di situs, sehingga nanti hanya pengguna terdaftar dan membayar yang dapat mengaksesnya.

Kamu juga mendapatkan akses ke tool canggih seperti laporan MemberPress untuk menunjukkan nilai rata-rata anggota lifetime, jumlah seluruh anggota, dan banyak lagi.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan pengguna dan penulis baru ke situs WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

20 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *