Nulis Internet Cara Menambahkan Custom CSS di WordPress

Cara Menambahkan Custom CSS di WordPress

Cara Menambahkan Custom CSS di WordPress

Jika sedang mencari cara menambahkan kode CSS custom di WordPress, sekarang kamu berada di halaman yang tepat.

Ketika sedang membahas mengenai kode kebanyakan pemula kesulitan saat mereka harus menambahkan kode ke situs menggunakan FTP. Oleh karena itu kami akan membuat pembahasan kali ini menjadi sangat mudah untuk di ikuti bahkan untuk pemula sekalipun.

Pada artikel ini, kami akan membuat panduan tentang cara mudah menambahkan custom CSS di situs WordPress.

Menambahkan Kode CSS Custom di WordPress

Untuk menambahkan kode CSS custom di WordPress kamu dapat menggunakan berbagai cara tetapi kami akan membuat dua metode yang paling mudah untuk di terapkan. Langsung saja kita mulai panduannya.

Metode 1: Menambahkan Custom CSS Menggunakan Fitur Customize Tema

Sejak pembaruan WordPress versi 4.7, pengguna sekarang dapat menambahkan kode CSS custom langsung dari area admin WordPress. Cara ini sangat mudah, dan juga kamu dapat melihat pratinjaunya langsung.

Untuk dapat menambahkan kode CSS custom, kamu perlu pergi ke Appearance > Customize dari panel samping area admin.

Buka Customize Tema

Kemudian akan terbuka halaman kustomisasi tema WordPress yang di gunakan.

Pada tampilan sebelah kanan kamu bisa melihat pratinjau langsung situs, sedangkan di panel sebelah kiri akan ada beberapa menu kustomisasi. Klik pada Additional CSS yang berada di bawah sendiri.

Klik Additional CSS

Setelah itu akan muncul kolom kosong, pada bagian tersebut kamu bisa menambahkan kode CSS custom yang ingin di tambahkan ke situs WordPress.

Segera setelah kode CSS di tambahkan dan tidak ada kesalahan pada penulisan, kamu akan melihat perubahan di pratinjau sebelah kanan.

Tambahkan Kode CSS

Kamu dapat menambahkan kode CSS custom apa saja menggunakan kolom ini.

Jangan lupa untuk selalu mengklik tombol Publish warna biru di bagian atas untuk menyimpan perubahan.

Klik Tombol Publish

Catatan: Kode CSS yang di tambahkan hanya berlaku pada tema yang sedang aktif saat kamu menambahkan kode tersebut. Ketika ingin mengganti tema, maka kamu harus menyalin dan menempelkannya pada tema yang baru.

Metode 2: Menambahkan Custom CSS Menggunakan Plugin

Jika metode pertama memungkinkan kamu menambahkan kode CSS custom di tema yang aktif. Maka ketika merubah tema kode CSS tersebut perlu di salin ke tema yang baru.

Tapi, kalau tidak ingin itu terjadi kamu bisa menggunakan plugin sehingga code CSS akan tetap ada meskipun tema WordPress di ganti.

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Simple CSS. Setelah plugin berhasil di aktivasi kamu bisa membukanya melalui Appearance > Simple CSS dan pada kolom yang tersedia kamu bisa menambahkan kode CSS custom.

Buka Simple CSS

Ketika sudah selesai menambahkan kode CSS, jangan lupa untuk mengklik tombol Save CSS berwarna biru pada sudut kanan atas.

Penutup Menambahkan Kode CSS Custom di WordPress

Dari kedua cara di atas sangat mudah untuk di ikuti oleh pemula, karena tidak perlu menambahkan kode langsung ke file tema yang di gunakan.

Namun, seperti yang sudah kami jelaskan di atas, ketika menggunakan metode pertama kode CSS akan hilang ketika tema di ganti. Disisi lain jika terlalu banyak menggunakan plugin, itu bisa membuat beban pada server yang mengakibatkan loading situs menjadi lambat.

Jadi kamu bisa menyesuaikan metode mana yang dapat di gunakan untuk menambahkan kode CSS ke situs WordPress. Mungkin kamu juga berminat melihat artikel kami lainnya tantang cara mengubah tampilan arsip kategori WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

5 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *