Nulis Internet Cara Menambahkan Custom Kode di WordPress

Cara Menambahkan Custom Kode di WordPress

Cara Menambahkan Custom Kode di WordPress

Sangat sering sekali ketika kamu sedang membaca tutorial WordPress mungkin di minta untuk menambahkan cuplikan kode ke dalam file functions.php tema yang kamu gunakan.

Hal ini memang terdengar mudah, akan tetapi resiko yang di timbulkan ketika terjadi kesalahan itu bisa merusak website kamu dan membuatnya tidak dapat di akses.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mudah menambahkan custom kode di WordPress dengan aman.

Menambahkan Custom Kode di WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memasang custom kode di WordPress adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Code Snippets. Panduan lebih detail kamu dapat melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah plugin berhasil di aktivasi, akan ada menu baru di samping kiri area admin WordPress bernama Snippets. Klik menu tersebut untuk menampilkan semua daftar cuplikan custom kode yang telah di simpan sebelumnya.

Karena baru saja menginstal plugin, ini hanya berisi contoh dari cuplikan kode yang dapat kamu gunakan. Sekarang kamu bisa menghapus semuanya dan mulai membuat baru dengan mengklik tombol Add New untuk menambahkan cuplikan kode pertama kamu.

All Snippets

Kemudian akan terbuka halaman “Add New Snippet”.

Dari halaman ini kamu sudah bisa memasukkan custom kode. Tetapi yang harus di lakukan pertama kali adalah memberi judul pada custom kode. Terserah mau di isi apa saja, yang penting bisa membedakan jika nantinya sudah banyak cuplikan kode yang kamu buat.

Setelah itu kamu dapat menempelkan cuplikan kode ke dalam kolom Code.

Hapus WordPress Version

Pada gambar di atas, kami mencoba menambahkan cuplikan kode custom untuk menghapus nomor versi WordPress.

Di bagian bawah kolom code ada opsi yang dapat kamu gunakan untuk menjalankannya sebagai “Only run in administration area”, “Only run site front-end”, “Only run once” atau membiarkannya default sebagai “Run snippet everywhere”.

Selanjutnya kolom Description, dapat kamu gunakan untuk menambahkan deskripsi singkat mengenai custom kode yang kamu buat.

Tambahkan Deskripsi Singkat

Kamu bahkan juga dapat memberi tag ke custom kode, untuk membantu mengelompokkan kode berdasarkan topik dan fungsionalitas.

Setelah selesai, kamu bisa mengklik tombol Save Changes and Activate. Atau jika hanya ingin menyimpan saja tanpa langsung mengaktifkan kamu bisa mengklik tombol Save Changes.

Menangani Error Dalam Custom Kode

Biasanya, jika kamu membuat kesalahan dalam menambahkan custom kode di plugin atau file tema, itu bisa membuat situs tidak dapat di akses.

Ketika mengunjungi website, akan muncul syntax error atau 500 internal server error. Untuk dapat memperbaiki kesalahan tersebut, kamu harus menghapus kode yang sudah di masukkan sebelumnya secara manual menggunakan klien FTP atau melalui file manager di cPanel hosting.

Tetapi hal yang paling menarik ketika menggunakan plugin Code Snippets adalah ia akan secara otomatis mendeteksi kesalahan sintaks dan memunculkan peringatan yang meminta kamu untuk tidak panic. Kemudian kamu bisa menekan tombol kembali pada browser untuk memperbaiki cuplikan kode yang mengalami kesalahan.

Kode Snippets Error

Bisa dilihat dari informasi yang muncul, bahwasannya ini juga menunjukkan penyebab kesalahan, sehingga kamu dapat dengan mudah memperbaikinya.

Mengelola Cuplikan Custom Kode

Plugin Code Snippets memiliki tampilan yang mudah untuk digunakan dalam mengelola custom code di WordPress.

Kamu dapat menyimpan code tanpa mengaktifkannya pada website. Kamu juga dapat menonaktifkan cuplikan kode kapan saja. Bahkan cuplikan kode yang sudah di buat sebelumnya bisa kamu export secara massal atau individu.

Export Kode

Jika kamu memindahkan website ke server lain, kamu dapat dengan mudah mengimport cuplikan kode langsung menggunakan plugin Code Snippets ini melalui menu Snippets > Import.

Import Custom Code

Kamu bahkan bisa mengubah pengaturan plugin dengan mengujungi halaman Snippets > Settings.

Jika ingin mengubah tampilan kolom code, kamu bisa melakukannya dengan menggulir ke bagian bawah pada Code Editor dan memilih tema dari menu dropdown, kemudian melihat hasilnya pada Editor Preview. Setelah selesai jangan lupa untuk menekan tombol Save Changes.

Code Snippets Settings

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan custom code di WordPress dengan mudah. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara menambahkan custom CSS di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

4 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *