Cara Menambahkan Gambar di Taksonomi WordPress

Menambahkan Gambar di Taksonomi WordPress

Apakah kamu ingin menambahkan gambar atau ikon di taksonomi WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Taksonomi adalah fitur bawaan untuk mengelompokkan berbagai hal di WordPress. Kategori dan tag adalah dua taksonomi default yang di sertakan dalam setiap blog WordPress.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan gambar di taksonomi WordPress. Dengan kata lain, kamu nanti dapat menambahkan sebuah gambar atau ikon untuk kategori, tag, dan custom taksonomi lainnya.

Mengapa Perlu Menambahkan Gambar di Taksonomi WordPress?

Dengan adanya custom post dan taksonomi memungkinkan WordPress menjadi CMS yang lengkap. Secara default, WordPress hadir hanya dengan kategori dan tag sebagai dua taksonomi yang dapat kamu gunakan untuk mengelompokkan postingan.

Jika ingin, kamu juga dapat membuat custom taksonomi sendiri dan mengaitkannya dengan jenis postingan apa pun di situs WordPress. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat semua konten yang di buat pada taksonomi tersebut.

Bahkan kamu juga dapat menambahkan gambar atau ikon unggulan ke setiap taksonomi.

Misalnya, setiap kategori di situs kamu dapat memiliki ikonnya sendiri yang nanti di tampilkan pada halaman arsip kategori, daftar kategori, dan lain sebagainya.

Sekarang, mari kita lihat cara menambahkan gambar ke taksonomi di WordPress.

Menambahkan Gambar di Taksonomi WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Taxonomy Images. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Setelah aktivasi, kamu perlu mengunjungi halaman Settings > Taxonomy Images untuk mulai mengonfigurasi plugin.

Pengaturan Taxonomy Images Plugin

Kamu akan melihat daftar semua taksonomi yang ada di situs WordPress kamu. Sekarang pilih taksonomi tempat kamu ingin mengaktifkan fitur gambar taksonomi dan di lanjutkan dengan mengklik tombol Save Changes.

Pada hasil screenshot di atas, kami mengaktifkan gambar taksonomi hanya untuk kategori.

Dan untuk mulai menambahkan gambar ke setiap kategori, kamu harus menuju halaman Posts > Categories.

Jika kamu juga mengaktifkan fitur gambar taksonomi untuk beberapa taksonomi lain, maka kamu harus mengunjungi masing-masing halaman taksonomi tersebut di admin area.

Pada halaman kategori, kamu akan melihat kolom baru berlabel “Image” di daftar kategori. Karena kamu belum menambahkan gambar apa pun ke kategori, ini hanya akan menampilkan gambar kosong default dengan tombol plus di bawahnya.

Menambahkan gambar ke taksonomi wordpress

Silahkan klik tombol Plus tersebut jika ingin menambahkan gambar. Setelah itu akan muncul popup media uploader default WordPress.

Kamu dapat memilih gambar dari media library WordPress atau mengunggah gambar baru. Setelah itu, lanjutkan dan ulangi proses yang sama untuk semua kategori yang kamu miliki.

Jika ingin menghapus gambar tersebut, kamu hanya perlu mengklik tombol Minus yang berada di samping tombol plus.

Menampilkan Gambar Taksonomi di Situs WordPress

Sekarang untuk menampilkan gambar taksonomi di situs WordPress, kamu perlu mengedit tema yang sedang aktif atau child theme jika kamu menggunakannya.

Pertama, kamu harus terhubung ke direktori situs WordPress menggunakan klien FTP.

Seteleh berhasil terhubung, kamu perlu menemukan template yang bertanggung jawab untuk menampilkan arsip taksonomi. Ini biasanya file dengan nama archive.php, category.php, tag.php, atau taxonomy.php.

Kamu perlu mengunduh file tersebut ke komputer dan membukannya dengan teks editor seperti Notepad atau TextEdit.

Selanjutnya, tempelkan kode berikut di mana kamu ingin menampilkan gambar taksonomi. Biasanya, pengguna lain menambahkannya sebelum judul atau tag the_archive_title().

Setelah menambahkan kode, kamu perlu menyimpan file dan mengunggahnya kembali ke website menggunakan FTP.

Kamu sekarang dapat mengunjungi halaman arsip taksonomi untuk melihat tampilan gambar taksonomi yang sudah di buat. Berikut adalah tampilan dari halaman arsip website demo kami.

Gambar taksonomi pada halaman arsip

Kamu juga dapat menggunakan custom CSS untuk menata gambar ini.

Pengguna tingkat lanjut dapat melihat lebih banyak contoh kode di halaman beranda plugin.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan gambar ke taksonomi di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

14 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *