Nulis Internet Cara Menambahkan IndexNow di WordPress

Cara Menambahkan IndexNow di WordPress

Cara Menambahkan IndexNow di WordPress

Apakah anda belum tahu apa itu IndexNow, dan apakah anda perlu untuk menambahkan IndexNow di WordPress?

Jika anda belum mengetahui tentang IndexNow, ini adalah fitur baru yang dibuat oleh Microsoft untuk membantu mesin pencari dalam melakukan index yang jauh lebih cepat pada website. Tidak hanya itu, ini juga meningkatkan konten baru untuk ditemukan dan mempercepat hasil SEO pada situs anda.

Pada artikel ini, kami akan membagikan cara menambahkan IndexNow di WordPress untuk mempercepat index dan SEO.

Lebih Detail Tentang IndexNow

IndexNow adalah ping otomatis yang memungkinkan masin pencari untuk mengetahui ketika terdapat postingan atau halaman (URL) website yang telah ditambahkan, diperbarui, atau dihapus. Sehingga hal ini memungkinkan mesin pencari untuk dengan cepat memperbarui hasil pencarian dan SEO.

Ini merupakan inisiatif baru yang dibuat oleh Microsoft dan saat ini sudah digunakan oleh mesin pencari Bing dan Yandex. Bahkan untuk kedepannya Google juga akan menggunakan protokol IndexNow ini pada mesin pencari mereka.

Umumnya semua mesin pencari menggunakan sitemap XML untuk menemukan konten dan pembaruan. Namun, kekurangan dari ini adalah mesin pencari terkadang membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menemukan pembaruan konten. Hal ini terjadi karena mereka mengunjungi website secara acak.

Saat bot mesin pencari mengunjungi sitemap, bot tersebut mencoba mengujungi setiap tautan yang ditemukan di peta situs serta mengikuti setiap tautan yang ada di dalam setiap halaman. Ini sangat membutuhkan sumber daya yang cukup besar, maka dari itu protokol IndexNow bertujuan untuk mengatasi hal tersebut.

Daripada meminta bot mesin pencari untuk memindai halaman secara acak, protokol IndexNow memungkinkan website untuk melakukan ping ke mesin pencari untuk memberi tahu mereka ketika anda menerbitkan postingan baru atau memperbarui konten yang ada.

Dengan begini mereka dapat dengan cepat memperbarui hasil pencarian.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara menambahkan IndexNow di WordPress untuk mempercepat hasil SEO situs anda.

Cara Menambahkan IndexNow di WordPress Menggunakan AIOSEO

AIOSEO adalah plugin SEO WordPress yang cukup populer dan sudah digunakan lebih dari 3 juta situs web.

Dalam pembaruan terbaru, plugin ini sudah mendukung protokol IndexNow untuk situs berbasis WordPress.

All in One SEO

Pertama, anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin AIOSEO melalui direktori WordPress. Untuk detail lebih lanjut, anda bisa melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Agar bisa menggunakan fitur IndexNow anda memerlukan AIOSEO versi premium dan juga nantinya anda mendapatkan fitur SEO yang lebih canggih.

Setelah diaktifkan, anda harus membuka All in One SEO > Feature Manager dari menu dashboard WordPress untuk mengaktifkan fitur IndexNow.

Aktifkan fitur IndexNow AIOSEO

Setelah diaktifkan, IndexNow secara otomatis dikonfigurasi dan siap digunakan, anda tidak perlu melakukan tindakan apapun.

Pihak AIOSEO sudah menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk mengintegrasikan fitur ini, dan mereka membuat prosesnya menjadi sangat ramah pengguna bahkan untuk pemula. Mereka secara otomatis menghasilkan API Key IndexNow untuk website anda dan mengonfigurasinya untuk anda, sehingga anda tidak perlu melakukan apapun.

Sekarang cobalah untuk melihat hasilnya dengan mengunjungi halaman All in One SEO > General Settings dan beralih ke bagian Webmaster Tools. Pada halaman ini, anda akan melihat ikon IndexNow, dan jika anda mengkliknya, anda akan melihat API Key IndexNow yang sudah dikonfigurasi sebelumnya.

AIOSEO IndexNow WordPress

Cara Menambahkan IndexNow di WordPress Menggunakan Plugin IndexNow

Sementara plugin SEO WordPress lainnya telah mulai menambahkan dukungan IndexNow, tetapi sebagian besar belum memilikinya. Jika anda tidak ingin menggunakan plugin AIOSEO karena sudah menggunakan plugin SEO lainnya, maka anda dapat menggunakan opsi lain sebagai gantinya.

Pertama, anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin IndexNow yang dapat di unduh secara gratis di direktori WordPress.

Setelah di aktivasi, anda harus membuka Settings > IndexNow dari dashboard WordPress. Kemudian mengklik tombol Let’s Get Started dan itu akan secara otomatis menghasilkan kunci API dan mengonfigurasi semuanya.

Jika sudah, anda akan melihat layar dengan statistik IndexNow seperti successful URL submissions dan masih banyak lagi.

Plugin IndexNow oleh Microsoft

Itu saja, anda sudah berhasil menambahkan IndexNow ke WordPress.

Perlu kami tekankan bahwa protokol IndexNow ini tidak menggantikan peta situs. Anda masih harus memiliki peta situs XML dan jenis peta situs lainnya untuk membantu dalam meningkatkan peringkat SEO situs. Jadi anda harus menggunakan IndexNow bersamaan dengan peta situs untuk mendapatkan keunggulan yang lebih baik.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara menambahkan IndexNow di WordPress. Jika masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom dibawah.

13 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.