Nulis Internet Cara Menambahkan Kategori dan Tag di Halaman WordPress

Cara Menambahkan Kategori dan Tag di Halaman WordPress

Cara Menambahkan Kategori dan Tag di Halaman WordPress

Apakah anda ingin mengatur kategori dan tag untuk halaman WordPress, namun tidak tahu caranya?

Kategori dan tag membantu anda dalam mengelompokkan blog dan sehingga dapat memudahkan pengguna menemukan apa yang mereka cari. Tetapi kategori dan tag ini secara default hanya tersedia untuk postingan, bukannya untuk halaman.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan kategori dan tag di halaman WordPress.

Alasan Menambahkan Kategori dan Tag di Halaman WordPress

Kategori dan tag adalah taksonomi WordPress default yang hanya ada di postingan blog. Fungsi dari kategori sendiri adalah mengelompokkan konten yang luas, sedangkan tag membantu menjelaskan detail spesifik konten.

Secara default, kategori dan tag hanya terbatas pada postingan blog WordPress saja.

Ketika anda membuat halaman baru, anda akan melihat bahwa tidak ada opsi untuk menambahkan kategori dan tag ini ke halaman.

Tidak ada kategori dan tag pada halaman

Namun, anda mungkin ingin menambahkan kategori dan tag juga ke halaman WordPress. Ini dapat membantu anda untuk mengatur dan mengurutkan konten jika anda memiliki banyak halaman. Bahkan ini bisa meningkatkan navigasi situs dan membantu pengunjung menemukan halaman terkait dengan lebih mudah.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana anda dapat menambahkan kategori dan tag ke halaman situs WordPress.

Baca Juga : Cara Menghapus Category dari URL WordPress

Menambahkan Kategori dan Tag di Halaman WordPress

Cara termudah untuk menyiapkan kategori dan tag ke halaman WordPress adalah dengan menggunakan plugin Pages with category and tag. Ini adalah plugin gratis yang bekerja out of the box sehingga anda dapat menggunakan tanpa perlu mengonfigurasi tambahan.

Sekarang hal pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin tersebut.

Setelah diaktifkan, buka Pages > Add New dan anda akan melihat kategori dan tag postingan juga tersedia untuk halaman WordPress.

Kategori dan tag untuk halaman

Selanjutnya, anda dapat membuat kategori dan tag untuk halaman.

Untuk menambah kategori, buka Pages > Categories dari menu samping dasbor WordPress, lalu masukkan ‘Nama’ dan ‘Slug’ untuk kategori yang anda buat.

Tambahkan nama dan slug kategori baru

Setelah itu, anda dapat menggulir ke bawah dan memilih ‘Parent Category’ untuk kategori. Bahkan anda juga dapat menambahkan sedikit deskripsi untuk kategori yang anda buat.

Setelah anda memasukkan semuanya, cukup klik tombol Add New Category.

Masukkan kategori induk dan deskripsi

Anda kemudian dapat melihat kategori yang baru ditambahkan untuk halaman situs.

Baca Juga : Cara Mengganti Nama Kategori di WordPress

Jika anda ingin menghapus kategori, cukup klik kotak centang di sebelahnya dan pilih ‘Delete’ dari menu drop-down Bulk actions, kemudian klik tombol Apply.

Lihat kategori halaman anda

Selanjutnya, anda dapat menetapkan halaman WordPress ke kategori yang baru saja anda buat.

Untuk memulainya, cukup edit atau buat halaman baru. Dari konten editor WordPress, anda sekarang dapat memilih kategori yang relevan dari meta box sebelah kanan. Misalnya, kami akan membuat halaman ‘fitur yang ada di WordPress’ dan kami akan menandainya pada ketagori WordPress.

Pilih kategori dan masukkan tag

Demikian pula, anda dapat menambahkan tag untuk halaman WordPress di kolom ‘Tag’. Jika anda ingin menambahkan beberapa tag, cukup pisahkan menggunakan koma.

Misalnya, anda ingin menambahkan keyword dan frasa yang membantu dalam mengelompokkan konten. Pada panduan ini, kami menambahkan ‘Fitur’ dan ‘Website’ sebagai tag.

Setelah memilih kategori dan menambahkan tag, anda sudah bisa mengklik tombol Update atau Publish pada halaman WordPress tersebut.

Kami harap artikel ini membantu anda menambahkan kategori dan tag postingan ke halaman WordPress. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom dibawah.

7 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.