Nulis Internet Cara Menambahkan Kode Header dan Footer di WordPress

Cara Menambahkan Kode Header dan Footer di WordPress

Cara Menambahkan Kode Header dan Footer di WordPress

Apakah kamu sedang melihat tutorial dan di minta untuk menambahkan cuplikan kode ke bagian header atau footer pada situs WordPress?

Seringkali kamu di minta untuk menambahkan kode header dan footer di WordPress ketika mencoba berintegrasi dengan layanan web seperti Google analytics, Facebook Pixel, Google Search Console, dll.

Secara default WordPress tidak menyediakan opsi untuk menyisipkan kode di header dan footer website. Untungnya ada solusi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan hal ini.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mudah menambahkan kode ke header dan footer di WordPress tanpa harus mengedit file.

Beberapa Cara Untuk Menambahkan Kode Header dan Footer

Ada tiga solusi berbeda yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan kode ke header dan footer situs WordPress, berikut di antaranya:

  1. Secara manual mengedit file header.php dan footer.php tema yang di gunakan.
  2. Dengan fitur insert kode header dan footer bawaan tema.
  3. Menggunakan plugin.

Opsi pertama tidak di sarankan, karena mengharuskan kamu untuk menambahkan kode ke header dan footer dengan mengedit file secara manual. Ini bisa menyebabkan situs tidak bisa di akses jika mengalami sedikit saja kesalahan. Juga nantinya semua kode yang di tambahkan akan hilang ketika kamu memperbarui tema.

Opsi kedua adalah menggunakan fitur insert bawaan tema. Saat ini beberapa tema WordPress premium sudah menawarkan opsi bawaan untuk menambahkan kode dan skrip dengan cepat ke bagian header dan footer situs.

Jika kamu menggunakan tema yang memiliki kontrol panel dan terdapat fitur insert kode, maka ini adalah solusi yang aman untuk kamu gunakan.

Tetapi jika tema yang kamu gunakan tidak memiliki fitur tersebut, maka kami sangat menyarankan kamu untuk menggunakan plugin. Sampai sekarang ini adalah cara termudah dan teraman untuk menambahkan kode header dan footer di WordPress dari pada menggunakan cara manual.

Salah satu plugin populer yang dapat kamu gunakan adalah Insert Headers and Footers. Plugin ini gratis dan dapat memudahkan pengguna untuk menambahkan kode.

Plugin inserts and footers

Berikut adalah beberapa manfaat ketika menggunakan plugin Insert Headers and Footers ini.

  1. Mudah, Cepat, dan Terorganisir : Ini memungkinkan kamu menambahkan kode ke header dan footer situs dengan mudah dan cepat. Membuatnya tetap teratur dengan memungkinkan kamu menyimpan semua kode footer dan header di satu tempat.
  2. Mencegah Kesalahan : Plugin ini juga dapat mencegah kesahalan yang mungkin terjadi jika kamu mengedit file tema secara manual.
  3. Update dan Ubah Tema Tanpa Khawatir : Nantinya plugin akan menyimpan kode header dan footer di tempat terpisah dari tema, sehingga kamu dapat memperbarui atau mengubah tema tanpa khawatir kode akan terhapus.

Sekarang, mari kira lihat bagaimana kamu dapat menambahkan kode di WordPress menggunakan plugin Insert Headers and Footers.

Menambahkan Kode ke Header dan Footer di Situs WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Insert Headers and Footers. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah di aktivasi, buka Settings > Insert Headers and Footers dari menu samping admin area. Kemudian kamu akan melihat tiga colom untuk menambah kode di bagian header, body, dan footer.

Halaman Insert Headers and Footers

Cara penggunaanya, kamu tinggal tempel kode di bagian yang ingin kamu pasang. Setelah selesai, jangan lupa mengklik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Plugin sekarang akan secara otomatis membuat kode di lokasi masing-masing di situs WordPress.

Kamu selalu dapat mengedit dan menghapus kode kapan saja.

Tapi kamu harus tetap memasang dan mengaktifkan plugin setiap saat. Menonaktifkan plugin akan menghentikan penambahkan semua kode yang sudah kamu buat.

Jika kamu tidak sengaja menghapus plugin, maka kode tersebut akan tersimpan dengan aman di database WordPress. Kamu cukup menginstal ulang plugin, dan kode akan muncul lagi.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan kode header dan footer di WordPress dengan mudah.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

81 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.