Cara Menambahkan Meta Tag di WordPress

Cara Menambahkan Meta Tag di WordPress

Saat mesin pencari mengindeks situs web kamu, kamu pasti ingin mereka memahami lebih dalam. Dengan begitu, mereka dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menampilkan halaman ke browser.

Untungnya, kamu dapat mengatur informasi apa yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian dengan menambahkan meta tag ke situs web kamu.

Dengan meta tag, memungkinkan kamu untuk menampilkan konten ke browser klien, dan mendorong mereka untuk mengkliknya.

Dalam artikel ini, saya akan membahas apa itu meta tag dan mengapa penting untuk situs web. Beserta cara memasang meta tag dengan plugin dan tanpa plugin.

Apa itu Meta Tag

Meta tag adalah sebuah kode html yang menjelaskan konten halaman situs web. Dengan menggunakan meta tag ini kamu dapat memberi tahu mesin mencari tentang isi halaman, dan menyediakan konten yang akan ditampilkan di hasil penelusuran.

Mengapa Meta Tag Penting

Meta Tag saat ini sudah tidak sepenting dulu, karena mesin pencari seperti google sudah tidak lagi menggunakan meta tag sebagai penentu peringkat halaman.

Namun, ini tidak berarti kamu harus mengabaikannya. Lagi pula fungsi dari meta tag adalah memberikan deskripsi mengenai halaman yang akan di tampilkan di hasil pencarian, yang mana ini dapat meningkatkan Click-Through Rates (CTR) kamu.

Cara Memasang Meta Tag di WordPress Panduan Lengkap

Memasang meta tag di WordPress kamu dapat menggunakan dua metode yaitu, dengan menggunakan plugin dan tanpa plugin.

Untuk kamu yang baru menggunakan WordPress lebih baik menggunakan metode yang paling mudah seperti menggunakan plugin. Tetapi jika kamu sudah terbiasa menggunakan kode ikuti panduan di bawah.

Metode 1 : Menggunakan Plugin Yoast SEO

Ada banyak sekali plugin yang dapat kamu gunakan, tetapi saya akan menggunakan plugin Yoast SEO pada panduan ini. Berikut caranya:

  1. Untuk mulai menambahkan meta tag ke halaman, kamu harus mengunduh plugin Yoast SEO terlebih dahulu dan mengaktifkannya. Kamu bisa melihat panduan kami mengenai cara memasang plugin WordPress.
  2. Setelah plugin diaktifkan, buka Pages > All Pages atau Post > All Post. Tergantung konten apa yang akan kamu tambahkan meta tag. Kemudian scroll ke bawah sampai kamu melihat Yoast SEO.Plugin Yoast SEO
  3. Masukkan keyword ke bagian Focus keyphrase, kemudian masukkan Meta deskripsi kamu. Ini yang akan ditampilkan di hasil mesin mencari, dan harus berupa paragraf pendek yang menjelaskan konten halaman dan dapat menarik pengunjung untuk mengklik.Meta Description

Metode 2 : Tanpa Plugin

Meskipun Yoast SEO adalah cara termudah untuk menambahkan meta tag ke WordPress, tetapi menambahkan meta tag juga bisa dilakukan tanpa plugin.

Kamu dapat menambahkan kode html secara manual ke file header.php dari tema WordPress kamu. Berikut caranya:

  1. Untuk menambahkan meta tag di WordPress tanpa plugin, kamu harus membuka file header.php tema WordPress. Pada  area admin WordPress klik Appearance > Theme Editor.Buka Theme Editor
  2. Kemudian pada panel samping kamu pilih header.php.Buka File Header Tema
  3. Setelah file terbuka kamu cari tag <head>. Meta data harus ditempatkan di dalam tag tersebut.
  4. Selanjutnya, salin tag meta keyword berikut dan tempel di bawah <head>.
  5. Kemudian salin tag meta deskripsi, dan tempel di bawah baris sebelumnya.

    Kamu bisa mengganti kata yang di beri huruf tebal di atas sesuai dengan konten kamu. Keduanya harus dioptimalkan untuk konten situs web kamu secara keseluruhan.

Metode 3 : Gunakan Queri Tag Conditional

Jika kamu menginginkan deskripsi yang berbeda untuk menampilkan postingan tunggal dan tampilan beberapa postingan, kamu dapat melakukannya menggunakan kode berikut.

  1. Pada area admin WordPress kamu, buka Settings > General dan masukkan deskripsi meta kamu ke bagian Tagline.Masukkan deskripsi
  2. Kemudian, tambahkan conditional tag query di bawah ini ke file header.php tema WordPress kamu.

    Tag query di atas akan menampilkan judul postingan dalam tampilan post tunggal. Sebagai alternatif, nama dan deskripsi blog akan ditampilkan dalam beberapa postingan.

Penutup

Mengetahui cara memasang meta tag di WordPress cukup mudah bahkan untuk pemula. Kamu dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk dapat menggunakan meta tag secara dinamis untuk setiap postingan. Kamu juga dapat menambahkan meta tag secara manual ke file header.php tema WordPress. Jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

26 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *