Nulis Internet Cara Menambahkan Tooltips di Postingan dan Halaman WordPress

Cara Menambahkan Tooltips di Postingan dan Halaman WordPress

Cara Menambahkan Tooltips di Postingan dan Halaman WordPress

Apakah anda ingin menambahkan tooltips di postingan dan halaman WordPress?

Tooltips merupakan informasi tambahan yang akan ditampilkan saat anda mengarahkan kursor ke kata tertentu yang ada pada postingan atau halaman. Hal ini juga akan berguna untuk memperjelas konten yang anda buat.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan tooltips WordPress di postingan dan halaman situs.

Alasan Menambahkan Tooltips di Postingan WordPress

Tooltips berguna untuk menampilkan informasi dalam kotak kecil mengambang yang muncul saat anda mengarahkan kursor ke area tertentu pada situs. Ini merupakan cara yang cukup bagus untuk anda gunakan, jika ingin menambahkan sedikit penjelasan pada konten yang anda buat.

Anda dapat menggunakan tooltips untuk menambahkan definisi kata, menyoroti fakta penting, dan memberikan sumber informasi. Hampir sama dengan catatan kaki, menggunakan tooltips juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu dalam membangun kepercayaan pengunjung.

Namun, tooltips tidak boleh digunakan untuk informasi penting. Postingan yang anda buat harus berisi semua yang dibutuhkan oleh pembaca bahkan jika mereka tidak membaca tooltips ini. Hal ini bertujuan agar memperjelas isi konten dan berjaga-jaga jika pengunjung tidak melihatnya.

Perlu anda ketahui juga, meskipun tooltips dibuat untuk mempermudah. Tetapi anda tidak boleh menggunakannya secara berlebihan.

Sekarang mari kita lihat bagaimana anda dapat menambahkan tooltips ini ke postingan dan halaman situs WordPress.

Cara Menambahkan Tooltips di Postingan dan Halaman WordPress

Pada panduan ini kami akan menggunakan bantuan plugin gratis yang bernama WordPress Tooltips. Yang perlu anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkannya. Untuk detail lebih lanjut, anda bisa melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah plugin di aktifkan, ada beberapa cara untuk menambahkan tooltips ke postingan dan halaman situs. Pertama adalah menambahkan tooltips secara otomatis ke kata kunci tertentu. Sedangkan yang kedua adalah menggunakan shortcode.

Menambahkan Tooltips ke Kata Kunci Secara Otomatis

Yang harus anda lakukan adalah membuka menu Tooltips > Add New untuk membuat tooltips baru. Anda harus memulai dengan menambahkan judul tooltips.

Judul ini adalah kata kunci, dan tooltips akan secara otomatis ditampilkan dimana kata kunci muncul di postingan atau halaman. Hal ini dapat menghemat waktu, karena anda tidak perlu menambahkan tooltips di lokasi berbeda secara manual.

Jika anda ingin kata lain juga menampilkan tooltips, anda dapat memasukannya juga di bagian sinonim pada meta box sebelah kanan. Saat anda ingin menambahkan beberapa sinonim, maka gunakan simbol ‘|’ untuk memisahkannya.

Tampilan editor tooltips

Sekarang dibagian konten, tambahkan tooltips yang anda inginkan. Sebuah tooltips mungkin berisi beberapa kata, atau bisa beberapa paragraf dan gambar jika dimungkinkan. Namun, ingatlah bahwa anda tidak boleh menulis full konten untuk tooltips, jadi buatlah sesingkat dan sejelas mungkin.

Setelah selesai, anda harus mengklik tombol Publish di sebelah kanan. Sekarang tooltips akan secara otomatis ditampilkan pada postingan atau halaman yang mengandung judul dan sinonim tooltips yang digunakan.

Tampilan tooltips

Menambahkan Tooltips Menggunakan Shortcode

Cara lain untuk menampilkan tooltips adalah dengan menambahkan kode pendek atau shortcode ke postingan dan halaman. Metode ini cocok untuk tooltips yang lebih pendek, atau bila anda ingin menampilkan tooltips sekali saja dan bukannya pada setiap kata kunci yang anda gunakan.

Untuk menambahkan kode pendek tooltips, pertama anda perlu membuat atau mengedit postingan atau halaman tempat anda ingin menambahkan tooltips. Kemudian anda harus menambahkan kode pendek ini di mana anda ingin menampilkan tooltips.

Sekarang anda cukup mengganti ‘KataKunciAnda’ dengan frasa atau kata yang ingin anda tambahkan tooltips ini, dan ganti juga ‘TooltipsKonten’ dengan teks yang ingin anda tampilkan di tooltips. Pastikan untuk menggunakan tanda kutip dalam kode pendek agar berfungsi dengan baik.

Tooltips kode pendek
Anda dapat membuka halaman untuk melihat tampilan tooltips yang sudah dibuat.

Berikut adalah tampilan dari tooltips yang kami buat menggunakan shotcode.

Tampilan tooltips dengan shortcode

Membangun Glosarium dari Tooltips

Tooltips adalah deskripsi kata kunci, mirip seperti yang ada pada kamus dan glosarium atau pada website Wikipedia. Saat anda terus menambahkan tooltips, itu hampir sama seperti anda membuat glosarium dasar.

Ini sebabnya mengapa plugin WordPress Tooltips memungkinkan anda untuk menampilkan glosarium tooltips di website. Hanya dengan menambahkan shortcode [glossary] ke postingan atau halaman dimana anda ingin menampilkan glosarium.

Menambahkan glossary tooltips

Setelah itu anda bisa mempublikasikan postingan atau halaman dan mengunjungi website untuk melihat tampilan glosarium.

Berikut adalah tampilan dari glosarium yang kami buat. Ini sudah termasuk tooltips yang kami tambahkan ke daftar tooltips plugin, tetapi tooltips yang dibuat menggunakan kode pendek tidak akan ditampilkan.

Glossary tooltips

Jika ingin menyesuaikan glosarium, anda dapat melakukannya dengan membuka halaman Tooltips > Glosarry Settings di dashboard admin. Disini anda akan menemukan sejumlah opsi yang dapat digunakan untuk menyesuaikan glosarium seperti bagaimana ditampilkan dan apa yang ingin disertakan.

Pengaturan glossary

Misalnya, anda dapat memilih apakah ingin menampilkan gambar dalam glosarium atau tidak dan anda dapat mencantumkan ID dari setiap tooltips yang tidak ingin disertakan.

Kami harap artikel ini membantu anda dalam mempelajari cara menambahkan tooltips ke postingan dan halaman WordPress. Mungkin anda juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang Struktur Permalink SEO Friendly untuk WordPress dan Cara Menggunakan Gambar WebP di WordPress.

Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

4 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.