Nulis Internet Cara Menambahkan Website ke Google Search Console

Cara Menambahkan Website ke Google Search Console

Menambahkan Website ke Google Search Console

Hal yang paling penting dalam mengoptimalkan website untuk SEO adalah menambahkannya ke Google Search Console atau sebelumnya di kenal dengan Google Webmaster Tools.

Google Search Console menawarkan alat webmaster khusus untuk membantu para pemilik website memantau performa dan keberadaan di hasil pencarian Google.

Pada panduan ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan dan memverifikasi website WordPress di Google Search Console atau biasa di kenal sebagai Webmaster Tools.

Apa itu Google Search Console?

Sebelum kita mulai panduannya mari bahas sedikit apa itu Google Search Console (GSC).

Google Search Console adalah alat gratis yang di tawarkan oleh Google untuk membantu para webmaster atau pemilik website untuk memantau keberadaan website mereka di hasil pencarian Google.

Alat ini sangat membantu sekali, karena kamu bisa mengetahui peringkat pencarian dan memberi kamu informasi jika terjadi kesalahan, masalah keamanan, dan masalah pengindeksan yang dapat mempengaruhi kinerja pencarian website.

Jika ingin mendapatkan banyak traffic dan serius dalam menangani SEO, maka kamu perlu menambahkan website ke Google Webmaster sejak pertama kali di buat.

Sekarang, mari kita lihat cara menambahkan situs ke Google Search Console dengan beberapa langkah mudah.

Submit Website ke Google Search Console

Pertama, kamu perlu mengujungi website Google Search Console dan klik tombol Start Now.

Google Search Console

Selanjutnya, kamu bisa masuk menggunakan akun Google / Gmail yang biasanya di pakai.

Setelah berhasil masuk, kamu akan di minta untuk memasukkan URL website.

Kamu akan melihat dua metode untuk memverifikasi situs. Kami sarankan kamu memilih metode kanan yaitu “URL Prefix” karena lebih mudah memverifikasi domain nantinya.

Pilih URL Prefix

Perlu kamu ketahui bahwa Google menganggap HTTP dan HTTPS sebagai dua hal yang berbeda, begitu juga dengan WWW dan non-WWW.

Kamu harus memasukkan URL website dengan benar.

Atau jika kamu masih tidak yakin, ada cara yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui URL yang harus kamu masukkan. Caranya cukup masuk ke dashboard area admin WordPress dan kunjungi halaman Settings > General.

Lihat Tautan Website

Setelah selesai memasukkan alamat website yang benar di halaman input URL Google Webmaster, klik tombol Continue untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Sekarang, kamu akan di minta untuk memverifikasi kepemilikan website. Ada beberapa metode yang dapat kamu gunakan, tetapi kami akan menunjukkan metode HTML tag karena ini yang paling mudah.

GSC HTML Tag Verifications

Klik pada HTML tag untuk memperluas dan menampilkan kode meta tag, kamudian salin kode tersebut.

Sekarang, kamu perlu menambahkan meta tag ini ke website WordPress, sehingga nantinya Google dapat memverifikasi kepemilikan website.

Jika kamu melihat tutorial di situs lain, kebanyakan mereka menggunakan cara manual yaitu mengedit langsung file header.php tema dan menaruh kode tepat sebelum tag <body>.

Namun, kami tidak akan menyarankan kamu menggunakan metode ini. Karena jika kamu memperbarui tema, maka HTML tag yang kamu tempelkan ini akan hilang.

Sementara itu Google secara berkala memeriksa HTML tag dan akan menonaktifkan akses kamu ke data situs di search console jika tidak menemukan tag verifikasi.

Berikut adalah cara memasang HTML tag agar google selalu dapat memverifikasi kepemilikan website.

Pertama, kamu bisa menginstal dan mengaktifkan plugin All in One SEO atau Yoast SEO, tetapi pada panduan ini kami akan menggunakan plugin AIOSEO.

Setelah di aktivasi, buka All in One SEO > General Settings > Webmaster Tools dan klik Google Search Console.

Google Verifications AIOSEO

Kemudian tempelkan kode tag HTML yang kamu salin sebelumnya ke dalam kolom “Google Verification Code”.

Setelah selesai, jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan kamu.

Sekarang kamu bisa kembali ke halaman Google Search Console dan mengklik tombol Verify.

Klik Verify

Google Search Console sekarang akan mencari kode HTML tag di website kamu dan akan menampilkan pesan sukses.

Verifikasi Berhasil

Catatan: Jika kamu tidak melihat pesan sukses, maka coba clear cache website. Hal ini memastikan bahwa Google dapat mengambil versi terbaru website.

Sampai di sini, kamu telah berhasil menambahkan website ke Google Search Console. Sekarang kamu bisa mengklik Go To Property untuk mengunjungi dashboard Google Search Console.

Dashboard Google Search Console

Dari sini kamu dapat melihat laporan kinerja dan cakupan index website.

Tetapi sebelum kamu bisa melakukan hal tersebut, kamu harus memberi tahu Google lebih banyak tentang website yang kamu miliki. Hal ini bisa membantu Google lebih cepat dan efisien ketika sedang merayapi website.

Tambahkan Sitemap XML ke Google Search Console

Sitemap XML adalah file yang mencantumkan semua konten yang ada di website dalam format XML, sehingga memudahkan perayap Google menemukan dan mengindeks konten.

Kabar baiknya adalah jika kamu menginstal All in One SEO, plugin ini dapat membuat sitemap XML website secara otomatis.

Kamu bisa melihat sitemap dengan membuka All in One SEO > Sitemaps. Dari sini, kamu akan melihat bahwa peta situs sudah di aktifkan secara otomatis.

Sitemap AIOSEO

Sekarang kamu perlu mendapatkan tautan sitemap XML. Cukup klik tombol Open Sitemap, dan kamu akan melihat tautan sitemap XML di bilah url browser.

Sitemaps XML

Salin tautan yang ada di bilah alamat browser kamu.

Atau, kamu dapat langsung mengakses peta situs XML dengan menambahkan sitemap.xml di akhir domain website. Sebagai contoh akan terlihat seperti ini:

https://www.example.com/sitemap.xml

Sekarang kamu telah memiliki sitemap XML, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan ke Google Search Console.

Cukup beralih ke dashboard Google Search Console dan klik Sitemaps dari menu samping kiri.

Buka Menu Sitemaps

Setelah itu kamu perlu menambahkan sitemap.xml di kolom yang berada pada bagian “Add a new sitemap” dan klik tombol Submit.

Secara otomatis Google akan menambahkan URL sitemap ke Google Search Console dan dengan segera perayap akan memeriksanya. Jika sitemap berhasil di temukan nanti akan menunjukkan pesan “Success”.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan website WordPress ke Google Search Console atau GSC dengan mudah. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara mendapatkan uang dengan Google AdSense.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

68 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.